Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet ke Semua Operator

11/14/2017
Tidak bisa dipungkiri di zaman yang serba modern ini pesan singkat (SMS) perlahan sudah mulai ditinggalkan banyak orang yang sudah beralih menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, BBM, LINE dan aplikasi sejenisnya.

Akan tetapi SMS tidak bisa ditinggalkan begitu saja meskipun sudah banyak orang yang beralih menggunakan pesan instan namun SMS tetap akan dibutuhkan, karena ada hal lain yang tidak bisa dilakukan lewat aplikasi pesan instan.

Tidak semua orang yang menggunakan ponsel punya aplikasi pesan instan akan tetapi semua pengguna ponsel bisa dipastikan bisa melakukan percakapan melalui SMS.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menghubungi salah satu teman Anda yang tidak menggunakan aplikasi pesan instan tentu saja salah satu cara alternatif yang bisa Anda gunakan adalah mengirim SMS.

Namun karena semakin populernya aplikasi pesan instan banyak orang yang membeli paket data internet agar mereka bisa berinteraksi lewat aplikasi, sehingga pulsa utama seringkali tidak tersisa.

Adakalanya di saat Anda tidak memiliki pulsa SMS seringkali ada keperluan mendadak yang mengharuskan Anda untuk mengirim SMS ke teman atau kerabat, masih mending kalau di siang hari bagaimana jadinya jika hal itu menimpa Anda dimalam hari dimana penjual pulsa sudah tutup?

...Tentu akan menjadi masalah tambah runyam bukan?

Akan tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir karena kali ini Sipitek akan memberikan panduan mengenai cara mengirim SMS gratis secara online lewat internet tidak hanya ke operator seluler yang ada di Indonesia saja, namun Anda juga bisa mengirim ke semua operator yang ada di dunia.

Cara ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif ketika Anda ingin menghubungi orang yang sedang tidak aktif di aplikasi pesan instan, akan tetapi Anda tidak punya pulsa untuk menghubunginya melalui SMS.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

Bagaimana Cara SMS Gratis secara Online Lewat Internet?

Di sini kita akan menggunakan situs penyedia layanan SMS gratis, ada banyak sekali situs yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi saya hanya akan membagikan kepada Anda beberapa situs SMS gratis terbaik saja yang paling mudah digunakan dan proses pengiriman SMS-nya cukup cepat.

Beberapa situs yang akan saya ulas ini juga bisa Anda gunakan untuk mengirim SMS ke semua operator di seluruh dunia, jika Anda punya kerabat yang kerja di luar negeri dan ingin menghubunginya lewat SMS tapi Anda tidak memiliki pulsa SMS Anda bisa menggunakan situs tersebut.

Sipitek tidak hanya akan mengulas situsnya saja akan tetapi saya juga akan memberikan panduan kepada Anda untuk mengirim dan membaca pesan balasan dari orang yang Anda balasan SMS Anda melalui situs SMS gratis.

Ada baiknya sebelum Anda menggunakan situs-situs yang saya bagikan ini baca terlebih dahulu ulasan masing-masing situs yang saya tulis karena setiap situs punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada panduan kali ini Sipitek menggunakan perangkat komputer, namun Anda juga bisa menggunakannya melalui ponsel dengan menggunakan browser.

...Mari kita mulai.

1. SMSGratis.web.id - Indonesia

Ini merupakan salah satu situs SMS gratis favorit Sipitek karena proses pengirimannya cukup cepat sampai ke nomor yang dituju hanya menunggu beberapa detik saja SMS sudah sampai.

Selain itu di situs ini Anda juga bisa mengetahui apakah pesan yang Anda kirim sudah terkirim atau belum, hanya dengan memasukkan nomor tujuan saja sudah bisa diketahui. Begitu juga dengan SMS balasan.

Silahkan simak langkah-langkah berikut ini untuk cara penggunaannya:

1. Mengirim SMS

Silahkan buka situs penyedia layanan SMS gratis Indonesia nanti akan tampak tampilan situsnya seperti pada gambar di bawah.

Sebelum Anda mengirim SMS perhatikan pada bagian bawah terdapat beberapa operator yang sedang aktif dan bisa Anda gunakan ditandai dengan tulisan on berwarna merah. Sedangkan yang tidak aktif ditandai dengan tulisan off.

Sebagai contoh seperti pada gambar di bawah yang on yaitu Telkomsel dan Indosat, sedangkan yang off yaitu XL, Three dan Axis.

Apabila Anda ingin mengirim SMS ke nomor Indosat pastikan pada bagian operator yang tertera di situs tersebut on, karena jika off SMS yang Anda kirim tidak akan sampai.

Jika sudah silahkan tulis nomor HP dan isi SMS pada kolom yang telah disediakan kemudian pilih tombol KIRIM.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

2. Cek status SMS apakah sudah terkirim atau belum?

Setelah mengirim SMS tentu Anda harus memastikan apakah SMS sudah terkirim alias di terima oleh orang yang Anda tuju atau belum, cara ini juga berguna untuk mengetahui nomor yang Anda tulis tidak salah.

Caranya silahkan pilih tombol STATUS DELIVERY di bagian atas situs kemudian masukkan nomor HP yang telah Anda kirim pesan pada kolom NOMOR HP yang telah disediakan kemudian pilih tombol CEK.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

Selanjutnya nanti akan tampil SMS waktu diterima atau terkirim mulai dari tanggal hingga jam-nya.

3. Mengecek SMS balasan

Jika SMS sudah terkirim tentu Anda harus mengecek SMS balasan dari nomor tersebut apakah dibalas atau belum.

Anda harus mengecek secara manual karena situs itu tidak bekerja seperti Anda menggunakan HP yang bisa berdering ketika ada SMS masuk.

Caranya silahkan pilih tombol SMS BALASAN kemudian masukkan nomor HP si penerima SMS ke kolom NOMOR HP, kemudian pilih tombol CEK INBOX.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

Di sana akan muncul balasan SMS dari nomor yang Anda masukkan seperti gambar di atas, Anda juga bisa menghapusnya SMS tersebut jika SMS bersifat pribadi dengan cara memilih tombol del yang berwarna merah.

Selain situs smsgratis.web.id ada juga situs lain yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif ketika server SMS yang Anda tuju off diantaranya sms-online.web.id, kusms.com dan freesms4us.com. Situs-situs tersebut hanya bisa Anda gunakan untuk mengirim SMS ke nomor Indonesia saja.

2. Globfone.com - Seluruh Dunia

Ini merupakan salah satu situs penyedia layanan SMS gratis hampir ke semua operator seluler yang ada di dunia, bagi Anda yang memiliki saudara atau teman di luar negeri dan ingin menghubunginya lewat SMS tapi tidak memiliki pulsa Anda bisa memanfaatkan situs ini.

Memang tarif SMS dari Indonesia ke luar negeri lumayan mahal namun Anda bisa memanfaatkan situs ini secara gratis tanpa biaya sepeserpun.

Sayangnya situs ini tidak seperti situs sebelumnya, di Globfone Anda hanya bisa mengirim SMS saja tidak bisa mengecek status terkirim ataupun melihat balasan SMS.

Karena situs ini tidak menyediakan fitur untuk membalas SMS, lebih baik gunakan situs ini untuk menyuruh teman Anda untuk segera menelpon Anda untuk menjelaskan lebih lanjut pesan yang ingin Anda sampaikan.

Bagaimana cara menggunakannya? Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan buka halaman SMS gratis di situs Globefone nanti akan tampil halaman situsnya seperti pada gambar di bawah.

Di samping sebelah kanan silahkan pilih negara tujuan dimana tempat orang yang Anda tuju berada, kemudian masukkan nomor ponsel pada kolom dibawahnya. Jika sudah pilih Next.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

2. Selanjutnya kotak yang berada di samping kanan akan berubah menjadi seperti pada gambar di bawah sebelah kanan. Silahkan masukkan pesan Anda kemudian centang pada bagian Saya bukan robot, lalu pilih tombol Next.

Sampai disini SMS sudah mulai dikirim, tunggu sampai status terkirim 100%. Apabila muncul tulisan The message was successfully sent berwarna hijau berarti SMS Anda berhasil dikirim.

Cara Kirim SMS Gratis secara Online lewat Internet

Seperti yang telah Sipitek katakan di atas, situs ini tidak menyediakan fitur untuk membalas ataupun mengecek status SMS terkirim atau belum.

Akan tetapi berdasarkan percobaan yang saya lakukan situs ini mampu mengirim SMS dengan cepat hanya beberapa detik saja setelah parameter menunjukkan angka 100% SMS sudah sampai ke nomor tujuan.

Penutup

Itulah beberapa situs SMS gratis yang bisa Anda gunakan sepuasnya tanpa biaya sepeserpun.

Sipitek tidak menyarankan Anda menggunakan situs tersebut untuk mengirim pesan yang sensitif karena isi SMS Anda bisa saja diketahui oleh pemilik situs.

Apabila Anda ingin mengirim pesan sensitif atau yang bersifat pribadi lebih baik gunakan saja situs diatas hanya untuk menyuruh teman Anda menghubungi lewat telepon.

Silahkan bookmark atau bagikan artikel ini ke sosial media, agar ketika Anda membutuhkannya Anda bisa mencarinya dengan mudah. Selamat mencoba, semoga berhasil 😊 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.