Begini Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

11/15/2017
Pada bulan Oktober lalu WhatsApp telah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah terkirim akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan untuk menghapus pesan yang sudah terkirim dalam jangka waktu 7 menit saja.

Jadi jika pesan yang terkirim sudah lebih dari 7 menit Anda tidak bisa menghapus pesan tersebut karena opsi delete for everyone tidak akan lagi ditampilkan di aplikasi WhatsAapp. Inilah salah satu kekurangan dari fitur baru WhatsApp, tidak seperti BBM pengguna dapat menghapus pesan yang sudah terkirim tanpa batasan waktu.

Tentu saja jika Anda salah mengirim pesan sensitif misalnya, ke orang lain dalam jangka waktu lebih dari 7 menit setelah pesan terkirim Anda tidak bisa menghapus pesan tersebut dan pesan Anda mungkin akan diketahui oleh penerima pesan.

Apakah bisa menghapus pesan WhatsApp yang sudah terkirim lebih dari 7 menit? Ternyata bisa, dengan memanfaatkan celah kecil Anda bisa mengakali batasan waktu 7 menit tersebut, cara ini juga sangat mudah dilakukan.

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Ada perlu melakukan beberapa pengaturan ponsel terlebih dahulu agar opsi menghapus pesan untuk semua orang bisa muncul kembali di WhatsApp, tenang saja caranya juga cukup mudah Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Cara ini bisa Anda terapkan di Android dan iPhone, namun pada panduan kali ini Sipitek menggunakan smartphone Android untuk mencobanya.

Bagaimana caranya? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Matikan koneksi internet

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan koneksi internet smartphone yang Anda gunakan entah itu data seluler maupun Wifi

Jika ingin lebih mudah Anda bisa mengaktifkan mode pesawat karena dengan mengaktifkan mode ini semua jaringan nantinya akan mati secara otomatis termasuk koneksi internet.

2. Tutup aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Jika Anda sedang menjalankan aplikasi WhatsApp silahkan tutup terlebih dahulu jendela aplikasinya, menutup di sini bukan berarti Anda menghapus (uninstall) aplikasi. Selain menutup melalui jendela aplikasi Anda juga bisa menggunakan opsi paksa berhenti (force close).

...Begini caranya:

Untuk pengguna Xiaomi silahkan masuk ke menu Setelan kemudian scroll ke bagian bawah pilih Aplikasi terinstal lalu cari dan pilih aplikasi WhatsApp nanti Anda akan diarahkan ke halaman info aplikasi seperti pada gambar di atas, silahkan pilih tombol Paksa behenti atau Force close.

Untuk pengguna Samsung silahkan masuk menu Pengaturan kemudian pilih Manajer Aplikasi, pilih bagian Download kemudian cari dan pilih aplikasi WhatsApp nanti Anda akan diarahkan ke halaman info aplikasi, silahkan pilih tombol Paksa berhenti atau Force close.

Jika Anda menggunakan smartphone selain Xiaomi dan Samsung silahkan menyesuaikan saja...

3. Ubah tanggal dan waktu smartphone

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Selanjutnya silahkan ubah tanggal smartphone menjadi hari kemarin atau dua hari sebelumnya setelah pesan terkirim. Sebagai contoh jika pesan terkirim tanggal 15 atur tanggal yang ada di smartphone menjadi tanggal 13 atau 14.

Silahkan masuk ke pengaturan tanggal apabila  Anda mengaktifkan fitur untuk mengatur tanggal dan waktu secara otomatis silahkan matikan terlebih dahulu kemudian ubah.

4. Buka WhatsApp kemudian hapus pesan

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi WhatsApp kemudian cari pesan yang ingin di hapus lalu tekan dan tahan pada pesan tersebut kemudian pilih opsi hapus atau ikon tong sampah yang berada di bagian atas halaman.

Nanti akan muncul opsi penghapusan pesan, dari yang tadinya opsi HAPUS UNTUK SEMUA ORANG atau DELETE FOR EVERYONE tidak ada sekarang menjadi muncul kembali. Silahkan pilih opsi tersebut untuk menghapus pesan yang terkirim.

5. Sesuaikan lagi tanggal dan waktu smartphone dengan benar

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Apabila pesan sudah dihapus silahkan atur lagi tanggal dan waktu agar sesuai. Silahkan masuk ke pengaturan tanggal dan waktu kemudian sesuaikan atau Anda juga bisa mengaktifkan fitur tanggal dan waktu otomatis agar bisa menyesuaikan dengan sendirinya.

6. Nyalakan kembali koneksi internet

Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Silahkan hubungkan kembali koneksi internet Anda, agar aplikasi WhatsApp bisa berjalan lagi dengan lancar.

Silahkan cek pesan yang telah Anda hapus, pesan yang Anda kirim juga tidak akan bisa lagi dilihat oleh penerima pesan tersebut akan tetapi isinya akan berubah menjadi "pesan ini telah dihapus".

Sebetulnya caran ini sangat mudah akan tetapi karena di sini Sipitek menjelaskannya secara gamblang supaya Anda tidak kebingungan, jadi kelihatannya rumit.

Singkatnya, ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:
  • Matikan koneksi internet (Mode Pesawat)
  • Tutup aplikasi WhatsApp.
  • Ubah tanggal dan waktu menjadi 1 atau 2 hari sebelum pesan terkirim.
  • Hapus pesan WhatsApp untuk semua orang.
  • Sesuaikan tanggal dengan benar.
  • Nyalakan kembali koneksi internet.

...Selesai

Penutup

Cara ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan percakapan antara dua orang saja namun Anda juga bisa menggunakannya cara ini untuk menghapus pesan di grup WhatsApp.

Sayangnya trik ini tidak bisa Anda gunakan melalui WhatsApp Web hanya bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone saja.

Sipitek telah mencoba cara ini menggunakan ponsel Android dan berhasil melakukan penghapusan pesan WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit.

Pada saat Anda menyesuaikan tanggal pastikan tanggal diatur menjadi dua hari sebelum pesan terkirim karena jika Anda mengaturnya lebih dari dua hari WhatsApp tidak akan bisa dibuka karena masalah tanggal.

Jangan lupa bookmark atau bagikan artikel ini agar ketika Anda membutuhkannya Anda bisa menemukannya dengan mudah. Selamat mencoba, semoga berhasil 😊 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.