Cara Praktis Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dengan ZArchiver

11/19/2017
Bagi Anda yang sering mengunduh file di internet tentu sudah tidak asing lagi dengan file dengan format .rar maupun .zip karena sebagian besar file yang beredar di internet memang memiliki format .rar atau .zip terutama jika Anda mengunduh file berukuran besar seperti game, aplikasi, atau file dokumen lainnya.

Jangan heran jika Anda sering menemukan file dengan kedua format tersebut karena kedua file ini memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan format file lainnya, akan tetapi yang paling sering digunakan yaitu file dengan format .rar.

Dengan menggunakan format RAR semua file yang ada di dalamnya bisa diperkecil sehingga pada saat orang lain mendownload file tersebut mereka bisa mendownloadnya dengan cepat, meskipun diperkecil file tidak akan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu banyak orang yang mengunggah file ke internet dengan mengubahnya terlebih dahulu ke dalam format RAR maupun ZIP. Akan tetapi untuk membuka file RAR maupun ZIP Anda perlu menggunakan aplikasi yang bisa mengeluarkan file di dalamnya, jika di komputer Anda bisa menggunakan WinRAR.

Sebetulnya ada juga beberapa smartphone Android yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengekstrak file RAR atau ZIP salah satunya adalah Xiaomi, dimana ketika pengguna memilih file tersebut nanti akan muncul sendiri opsi untuk mengekstrak file sehingga pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahn.

Akan tetapi tidak semua ponsel Android dilengkapi dengan fitur ekstrak file RAR ataupun ZIP, oleh karena itu agar Anda bisa membukanya Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Cara Ekstrak File RAR dan ZIP di Android

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengekstrak file jenis ini diantaranya aplikasi RAR yang dikembangkan oleh RARLAB, 7Zipper, Unzip File Extractor, Easy Unrar, ZArchiver dan yang lainnya.

Akan tetapi pada panduan kali ini Sipitek lebih memilih untuk menggunakan aplikasi ZArchiver karena aplikasi punya banyak fitur dan cukup mudah digunakan, sehingga meskipun Anda masih awam mungkin Anda akan bisa memahaminya dengan mudah.

Sebelum mengikut panduan kali ini silahkan download terlebih dahulu aplikasi ZArchiver di Play Store, lakukan instalasi sampai aplikasi terpasang dengan baik.

Jika sudah terpasang silahkan simak langkah-langkah untuk mengekstrak file RAR maupun ZIP di Android menggunakan aplikasi ZArchiver berikut ini:

1. Silahkan buka aplikasi ZArchive kemudian cari file RAR atau ZIP yang ingin di ekstrak sebagai contoh di sini saya ingin mengekstrak file RAR bernama File Sipitek.rar.

Silahkan pilih file yang ingin di ekstrak nanti akan muncul beberapa opsi seperti pada gambar di bawah sebelah kanan. Silahkan pilih opsi Ekstrak disini agar file yang dikeluarkan berada di folder yang sama dengan file .rar.

Namun jika Anda menginginkan file yang ada di dalamnya di masukkan ke folder tertentu pilih Ekstrak nanti Anda akan disuruh untuk menentukan lokasinya.


2. Karena saya memilih opsi Ekstrak di sini maka file yang ada di dalam file RAR tersebut akan muncul tepat di folder yang sama, bisa dilihat pada gambar di bawah.


Sampai di sini Anda sudah berhasil mengekstrak file RAR, jika Anda ingin mengekstrak file ZIP caranya sama saja seperti langkah-langkah di atas. Jadi mengekstrak itu hanya mengeluarkan file-file yang berada di file RAR maupun ZIP.

Hanya tiga langkah saja Anda sudah berhasil mengekstrak file. Itulah panduan mengenai cara ekstrak file RAR dan ZIP lewat Android menggunakan aplikasi ZArchiver, demikian artikel kali ini semoga membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.