Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi MIUI 7 dan 8 Tanpa Aplikasi

11/20/2017
Bagi Anda yang sering menyimpan data penting di ponsel Android mungkin pernah merasa khawatir ketika ponsel di pinjam oleh orang lain karena takut data penting tersebut diketahui oleh mereka.

Terkadang kita juga menjadi dilema ketika orang lain meminjam ponsel sering kali kita tidak merasa enak jika ponsel tersebut tidak diberikan namun jika kita memberikannya seringkali kita juga merasa khawatir orang tersebut membuka data-data penting yang telah Anda simpan di ponsel.

Misalnya saja ketika Anda melakukan percakapan yang bersifat pribadi melalui aplikasi pesan instan, tidak jarang mereka yang kepo seringkali sengaja membaca percakapan tersebut sehingga informasi yang bersifat pribadi juga bisa diketahui dengan mudah.

Masih mending kalau cuma dibaca, bagaimana jadinya jika dia mengumbarnya ke orang lain bahkan ke sosial media?

...Tentu ini bisa menjadi masalah besar bukan? apalagi jika informasi tersebut sangat sensitif.

Salah satu cara untuk melindungi privasi atau data penting yang Anda simpan di ponsel adalah dengan menguncinya menggunakan kata sandi ataupun pola, misalnya percakapan di sosial media atau aplikasi pesan instan.

Ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah namun efektif karena ketika orang lain membuka aplikasi yang berisi informasi pribadi Anda mereka akan dimintai terlebih dahulu kata sandi yang telah Anda terapkan, tentu saja jika mereka tidak tahu dengan kata sandi yang telah Anda terapkan mereka tidak akan bisa membukanya.

Sebetulnya ada banyak sekali aplikasi pengunci data privasi yang bisa Anda temukan secara gratis terutama untuk smartphone Android melalui Play Store.

Akan tetapi karena pentingnya privasi pengguna beberapa vendor smartphone sudah menyediakan fitur pengaman privasi beberapa diantaranya yaitu Xiaomi, Asus, Zenfone dan lainnya, sehingga Anda tidak perlu ribet mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Khusus untuk Anda pengguna ponsel Xiaomi mulai dari Xiaomi Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 3, Redmi 3S ataupun seri yang lainnya yang sudah menggunakan MIUI 7 atau 8 kali ini Sipitek akan membagikan panduannya untuk mengunci aplikasi-aplikasi yang berisi data penting.

Hampir semua aplikasi bisa Anda kunci tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga karena Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengunci aplikasi.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Pada panduan kali ini Sipitek menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4X yang sudah menggunakan MIUI versi 8. Apabila Anda menggunakan ponsel Xiaomi dengan seri dan versi MIUI yang berbeda, Anda tidak perlu khawatir karena caranya sama saja asalkan menggunakan MIUI 7 atau 8.

Karena fitur ini sangat jarang digunakan entah itu karena memang tidak diperlukan atau karena memang tidak tahu, mungkin Anda akan sedikit kesulitan menemukan fitur yang satu ini.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan membagikan panduannya secara lengkap disertai dengan gambar petunjuk agar Anda bisa lebih mudah mengikutinya.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Silahkan masuk ke pengaturan Keamanan kemudian scroll ke bagian bawah nanti di sana akan tampil opsi Kunci aplikasi seperti pada gambar di bawah sebelah kanan silahkan pilih opsi tersebut.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

2. Apabila Anda mengaktifkan kunci layar Anda akan dimintai memasukkan pola atau kata sandi kunci layar terlebih dahulu.

Setelah Anda masuk ke bagian Kunci Aplikasi seperti pada gambar di bawah sebelah kiri silahkan centang semua aplikasi yang ingin di kunci, jika sudah pilih tombol Setel sandi.

Silahkan masukkan pola atau kata sandi untuk mengamankan aplikasi yang telah Anda pilih sebanyak dua kali kemudian nanti akan muncul tombol Oke, silahkan pilih tombol tersebut.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Sampai di sini Anda sudah berhasil mengunci semua aplikasi yang Anda pilih, ketik orang lain membuka aplikasi yang Anda kunci nanti akan dimintai kata sandi atau pola terlebih dahulu sesuai dengan yang telah Anda tentukan.

Menghapus dan Menyesuaikan Pengaturan Kunci Aplikasi

Setelah kunci diterapkan mungkin nanti Anda akan berubah pikiran ingin menghapus kunci karena berbagai alasan, caranya cukup mudah Anda hanya tinggal masuk ke pengaturan Kunci aplikasi seperti pada langkah pertama di atas.

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman daftar aplikasi yang dikunci dan yang tidak, seperti pada gambar di bawah sebelah kiri.

Nah untuk menghapus kunci pada aplikasi tertentu Anda tinggal mematikan toggle berwarna biru agar menjadi warna abu-abu di bagian samping masing-masing aplikasi.

Jika Anda ingin menghapus kunci pada semua aplikasi Anda tidak perlu menghapusnya satu persatu, Anda bisa mematikannya di menu pengaturan.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Agar kunci aplikasi bisa bekerja sesuai dengan keinginan Anda perlu menyesuaikan beberapa pengaturan.

Silahkan masuk ke bagian Kunci aplikasi seperti pada langkah pertama di atas, nanti Anda akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar di atas sebelah kiri silahkan pilih ikon roda gigi di pojok kanan atas untuk masuk ke bagian Setelan.

Setelah masuk ke bagian Setelan seperti pada gambar di atas sebelah kanan akan muncul beberapa pengaturan yang perlu Anda sesuaikan.

...Mari kita ulas satu-persatu.

Kunci apl: untuk mematikan atau menghidupkan kunci di semua aplikasi yang telah Anda pilih.

Setelan penguncian: pada bagian ini tersedia tiga opsi, akan tetapi Sipitek lebih menyarankan Anda untuk memilih opsi "Saat perangkat terkunci atau keluar dari apl".

Dengan memilih opsi ini ketika ponsel mengunci layar atau Anda keluar dari aplikasi, kunci aplikasi otomatis aktif dengan sendirinya.

Ubah sandi: untuk mengubah sandi kunci aplikasi.

Buka dengan sidik jari: apabila Anda mengaktifkan opsi ini Anda tidak hanya bisa membuka aplikasi dengan sandi saja namun bisa juga menggunakan sidik jari.

Tampilkan pola: apabila Anda mengaktifkan opsi ini alur pola akan terlihat ketika Anda memasukkan kunci pola aplikasi.

Sembunyikan konten: jika Anda mengaktifkan bagian ini ketika ada pesan masuk atau aktivitas lain yang dapat membuat aplikasi memunculkan notifikasi, notifikasi tersebut tidak akan ditampilkan.

Misalnya Anda mengunci aplikasi WhatsApp, nah biasanya ketika ada pesan masuk secara otomatis WhatsApp akan menampilkan notifikasi pesan di bagian atas layar. Akan tetapi apabila Anda mengaktifkan fitur "Sembunyikan konten" notifikasi tersebut tidak akan ditampilkan.

Tambahkan Akun MI: jika Anda takut lupa dengan sandi pola yang telah di setel lebih baik aktifkan bagian ini, karena jika Anda lupa sandi aplikasi Anda bisa mengatur ulang dengan mudah.

...Silahkan sesuaikan setiap pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci aplikasi di Xiaomi MIUI 7 atau 8 dengan mudah tanpa aplikasi tambahan dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan di ponsel Xiaomi.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir aplikasi yang berisi informasi dan data privasi Anda diketahui oleh orang lain karena mereka tidak akan bisa membukanya jika tidak mengetahui pola atau kata sandi yang telah Anda terapkan.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.