Cara Screenshot Panjang di Ponsel Xiaomi dengan Mudah tanpa Aplikasi

10/01/2017
Pada saat seseorang berselancar di internet dan menemukan artikel menarik yang mereka cari biasanya orang akan malas untuk mengetik isi artikel tersebut dan lebih memilih untuk melakukan tangkapan layar alias screenshoot, tidak heran jika hal ini lebih sering digunakan daripada ditulis ulang karena bisa lebih cepat, efektif, dan tidak memakan banyak waktu.

Tapi yang jadi masalah adalah ketika halaman artikel yang kita cari di internet berisi tulisan yang cukup panjang tidak jarang orang melakukan screenshot hingga berkali-kali agar semua bagian halaman bisa ikut tersimpan ke ponsel.

Bagi Kamu yang menggunakan HP atau ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI 8 entah itu di seri Redmi 3, Redmi 4, Redmi 4x, atau seri yang lainnya Kamu tidak perlu melakukan screenshot hingga berkali-kali.

Karena ponsel Xiaomi yang telah menggunakan MIUI 8 sudah dibekali dengan fitur long screenshot atau yang lebih akrab dengan sebutan screenshot panjang, seri Xiaomi apapun yang Kamu gunakan yang terpenting sudah menggunakan MIUI 8 atau yang lebih tinggi.

Untuk melakukan screenshot seperti pada umumnya Xiaomi memiliki beberapa metode yang bisa digunakan seperti yang telah saya bahas sebelumnya di artikel mengenai cara screenshot Xiaomi akan tetapi untuk bisa membuat screenshot panjang perlu trik khusus.

Nah bagi Kamu yang ingin membuat screenshot panjang tentu saja Kamu tidak perlu ribet lagi menggunakan aplikasi tambahan karena sudah ada fitur bawaan yang disediakan di ponsel Xiaomi...

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Bagaimana Cara Screenshot Panjang Xiaomi?

Cukup mudah sekali hampir sama dengan screenshot biasanya akan tetapi ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan sebelum menyimpan tangkapan layar di ponsel Kamu, pada panduan kali ini saya menggunakan Xiaomi Redmi 4X.

Jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka masu ke aplikasi atau halaman web yang ingin di screenshot kemudian lakukan screenshot seperti biasa dengan menekan tombol Volume bawah + Power atau bisa juga dengan metode lain yang lebih mudah sudah saya tulis di sini.

Apabila sudah di screenshot segera tekan thumbnail layar yang muncul di bagian pojok kanan atas.

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

2. Setelah itu akan muncul beberapa tombol di bagian bawah silahkan pilih tombol Gulir, secara otomatis layar akan bergulir kebagian bawah halaman dengan sendirinya atau Anda juga bisa menggulirnya secara manual, jika sudah pilih Selesai.

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

3. Kurang lebih hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah.

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

...Selesai, silahkan lihat hasilnya di galeri.

Sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di screenshot layar secara full. Apabila Kamu ingin menangkap layar halaman web gunakan browser bawaan ponsel terlebih dahulu jangan menggunakan browser pihak ketiga karena biasanya cara ini tidak bisa bekerja dengan baik.

Sudah saya coba menggunakan Google Chrome hasilnya malah jadi tidak full, sedangkan menggunakan browser bawaan semuanya berhasil di screenshot.

Itulah cara yang bisa Kamu gunakan untuk mengambil tangkapan layar alias screenshot panjang atau full di ponsel Xiaomi. Selamat mencoba, semoga berhasil 😊.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.