Cara Download Subtitle Film Bahasa Indonesia di Subscence

10/25/2017
Bagi Anda penggemar film luar negeri subtitle tentu salah satu file yang sangat dibutuhkan karena tanpa subtitle Anda tidak akan tau alur cerita dan dialog yang terjadi pada film yang Anda tonton.

Contohnya adalah film barat sebagian besar film barat tentu menggunakan bahasa Inggris apalagi jika film tersebut Anda dapatkan dari situs tempat download film yang ada di internet karena biasanya ada beberapa situs yang tidak menyediakan subtitle pada masing-masing filmnya.

Kalau bahasa inggris sedikit banyak mungkin akan paham, bagaimana jadinya jika film yang Anda tonton adalah film drama Korea atau India (Bollywood)? Tentu akan semakin sulit dipahami karena lebih sedikit orang yang paham bahasa Korea ataupun India daripada bahasa Inggris.

Oleh karena itu jika Anda ingin memahami alur cerita dan dialog yang terjadi pada film yang ingin Anda tonton salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para penggemar film adalah dengan menggunakan bantuan subtitle.

Dengan menggunakan subtitle ketika ada percakapan yang terjadi pada film yang Anda tonton nanti akan muncul secara otomatis terjemahannya di bagian bawah layar perangkat Anda.

Tapi ada beberapa orang yang masih belum tau cara mendownload subtitle film bahasa Indonesia padahal ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan subtitle yang bisa Anda download secara gratis.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan panduan lengkap yang disertai dengan gambar petunjuk mengenai cara mendownload subtitle film supaya lebih mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Cara Download Subtitle Indonesia dengan Mudah tanpa Ribet

Sebetulnya ada banyak sekali situs yang menyediakan subtitle film, akan tetapi yang paling lengkap dan paling update adalah Subscence, situs ini juga salah satu penyedia subtitle film yang paling populer bagi para penggemar film karena hampir sebagian besar subtitle film ada di sini.

Anda juga bisa dengan mudah mendownload subtitle di situs Subscence karena situs ini memang tidak memiliki iklan yang mengganggu seperti situs lain.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan perangkat laptop PC apabila Anda menggunakan Smartphone Android Anda juga bisa mengikuti tutorial ini menggunakan browser favorit Anda.

Sudah siap untuk mendownload subtitle? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini...

1. Silahkan buka situs Subscence.com menggunakan browser kemudian tulis di kolom pencarian judul film yang ingin dicari subtitle-nya sebagai contoh di sini saya ingin mencari subtitle film X-Men Apocalypse (2016) lalu pilih tombol Subtitle Search atau bisa juga langsung menekan tombol Enter pada keyboard.

Cara Download Subtitle Film

2. Selanjutnya nanti akan muncul beberapa judul film yang mirip dengan judul film yang Anda cari, silahkan pilih judul film yang paling mirip dengan judul film yang Anda cari. Misalnya X-Men: Apocalypse (2016).

Cara Download Subtitle Film

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman subtitle film yang Anda cari di sana tersedia dalam berbagai macam bahasa termasuk Indonesia, silahkan scroll ke bagian bawah cari yang bahasa Indonesia.

Biasanya jika subtitle film yang Anda cari adalah film populer akan ada lebih dari satu subtitle yang tampil.

... terus bagaimana saya memilih subtitle yang tepat?

Silahkan cari yang sesuai dengan nama file film Anda apabila BluRay pilih yang BluRay umumnya memiliki resolusi 720p hingga 1080p.

Perhatikan juga pada bagian ikon yang berada di bagian samping kiri bahasa, Sipitek lebih menyarankan Anda untuk memilih ikon yang berwarna hijau karena menandakan bahwa subtitle tersebut memiliki rate yang bagus dan terjemahannya juga lebih akurat.

Jangan takut salah memilih subtitle karena ukuran file subtitle biasanya tidak lebih dari 1MB, jadi Anda bisa mendownload ulang yang lebih sesuai dengan cepat.

Cara Download Subtitle Film

4. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mendownload subtitle silahkan pilih tombol Download Indonesian Subtitle untuk memulai mendownload.

Di halaman ini Anda juga bisa melihat komentar dari orang-orang yang sudah menggunakan subtitle tersebut untuk melihatnya pilih tombol View Comments.

Cara Download Subtitle Film

Tunggu sampai proses download selesai.

Biasanya proses download tidak akan berlangsung lama karena sebagian besar ukuran file subtitle cukup kecil tidak lebih dari 1MB.

Apabila Anda hanya ingin mendownload subtitle saja sampai di sini juga sudah selesai, akan tetapi ada beberapa langkah lagi untuk menyesuaikan supaya subtitle bisa tampil ketika film diputar.

Caranya cukup mudah...

Anda hanya tinggal memindahkan file subtitle ke folder tempat file film, contohnya apabila file film Anda berada di folder "A" silahkan simpan file subtitle di folder "A". Kemudian samakan nama file subtitle dengan nama file film agar subtitle bisa muncul secara otomatis pada saat film diputar.

Untuk lebih lengkapnya nanti Sipitek akan membuat lagi tutorial untuk menampilkan subtitle. Demikian artikel mengenai cara download subtitle ini, selamat mencoba.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.