10 Aplikasi Screenshot Android yang Dapat Digunakan tanpa Menekan Tombol

10/02/2017
Screenshot merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone, biasanya aktivitas ini dilakukan ketika pengguna ingin berbagi informasi akan tetapi malas untuk mengetik atau ingin memperlihatkan sesuatu yang dilihat pengguna dari sumber aslinya tanpa mengubahnya.

Hasil dari tangkapan layar akan menjadi gambar, misalnya ketika Kamu mencari artikel yang ada di internet dan Kamu menemukan apa yang teman-teman Kamu cari daripada menulis isi informasi yang ada pada halaman tersebut.

Tentu akan lebih efektif jika kita mengambilnya dengan cara menggunakan tangkapan layar yang berisi informasi pada halaman tersebut tentunya cara ini tidak menguras banyak waktu.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar alias Screenshot yaitu dengan menekan kombinasi tombol-tombol tertentu yang ada di ponsel dan bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk pengguna ponsel Android ada berbagai macam jenis aplikasi screenshot yang bisa Kamu temukan di Google Play Store akan tetapi hanya ada beberapa aplikasi saja yang dapat bekerja mengambil tangkapan layar tanpa menekan kombinasi tombol apapun yang ada pada ponsel Kamu.

Biasanya beberapa ponsel Android mengalami kerusakan di bagian tombol volume padahal tombol tersebut merupakan kombinasi untuk mengambil tangkapan layar.

Bagi Kamu yang ingin melakukan screenshot tapi tombol yang dibutuhkan untuk melakukan semua itu rusak kali ini Kamu tidak perlu khawatir karena ada aplikasi screenshot untuk pengguna Android yang dapat bekerja tanpa menekan tombol apapun.

Bahkan beberapa aplikasi yang akan saya ulas ini bisa melakukan screenshot hanya dengan mengguncangkan dan meniup ponsel saja.

Aplikasi Screenshot Android tanpa Tombol

Supaya Kamu bisa memilih aplikasi screenshot terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Kamu Sipitek akan memberikan ulasan mengenai masing-masing aplikasinya.

Alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi screenshot tanpa tombol ini terlebih dahulu Kamu simak semua ulasan masing-masing aplikasi karena setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jangan sampai pada saat aplikasi sudah di unduh akan tetapi Kamu kurang puas dengan fiturnya bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan, sayangkan kuota...

Oleh karena itu silahkan baca ulasannya terlebih dahulu kemudian download aplikasi screenshot terbaik menurut Kamu...

...Mari kita mulai

1. ScreenShot Easy

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Aplikasi screeshot pertama yang mampu bekerja tanpa menekan kombinasi tombol adalah Screenshot Easy, dengan menggunakan aplikasi ini Kamu bisa melakukan tangkapan layar dengan berbagai cara mulai dari menggoyangkan ponsel, melalui hamparan ikon, melalui ikon pemberitahuan, dan beberapa cara yang lainnya.

Tidak heran jika aplikasi yang memiliki ukuran kurang dari 5MB ini sudah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store. Meskipun ukurannya terbilang cukup kecil namun fitur yang dihadirkan cukup lengkap dan mudah digunakan.

Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri format gambar yang di inginkan, melalui halaman pengaturan tersedia dua format yang bisa Kamu gunakan yaitu JPG dan PNG.

Cara penggunaannyapun cukup mudah Kamu hanya tinggal menekan tombol mulai tangkapan kemudian masuk ke halaman yang ingin di screenshot lalu gunakan salah satu metode tangkapan layar yang tersedia.

Download Screenshot Easy di Google Play Store

2. Magic Swipe

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Sebetulnya aplikasi ini bukan merupakan aplikasi khusus untuk screenshot, meskipun demikian aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Kamu tanpa menekan tombol apapun yang ada di ponsel.

Caranya penggunaannya Kamu tinggal mengusap layar pada bagian pojok kanan atau kiri bawah nanti akan muncul beberapa fitur diantaranya adalah fitur screenshot.

Selain itu tersedia juga fitur untuk mempercepat kinerja Android (booster) dan informasi perangkat yang bisa Kamu lihat hanya dengan mengusap layar saja seperti suhu ponsel, penggunaan memory, baterai, dan informasi lainnya.

Download Magic Swipe di Google Play Store 

3. EasyTouch

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Untuk Kamu yang menggunakan ponsel Android dan ingin memunculkan tombol melayang Assistive Touch di layar seperti iPhone aplikasi EasyTouch bisa memenuhi keinginan Kamu.

Layaknya di iPhone tombol melayang yang dihadirkan aplikasi ini dapat Kamu gunakan untuk membuka aplikasi tertentu secara cepat.

Selain tersedia tombol pintas pilihan yang tersedia pada tombol Assistive Touch juga tersedia tombol pilihan untuk mengambil screenshot jadi Kamu tidak perlu menekan tombol fisik yang ada pada ponsel cukup dengan menekan tombol di layar saja tangkapan layar sudah jadi.

Tetapi sayangnya pada saat Sipitek mencoba aplikasi ini ada beberapa fitur yang tidak bekerja dengan baik mungkin karena ponsel yang Sipitek gunakan cocok untuk menjalankan aplikasi ini dengan baik.

Download EasyTouch di Google Play Store

4. Screenshot Touch

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Screenshot Touch merupakan aplikasi yang cukup ringan namun memiliki banyak fitur yang tersedia, aplikasi ini menyediakan dua cara untuk melakukan screenshot tanpa menekan tombol fisik yaitu dengan menekan tombol melayang yang ada di ponsel dan bisa juga dengan menggoyangkan ponsel.

Kamu juga dapat mengatur format gambar menjadi JPG atau PNG, jika hasil tangkapan layar ingin di kirim melalui pesan instan tidak perlu khawatir soal kuota karena Kamu bisa mengatur kualitas gambar sesuai keinginan supaya ukurannya menjadi lebih kecil.

Selain itu jika Kamu ingin melakukan screenshot panjang di halaman web Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara menekan ikon web yang berada di bagian atas kemudian tulis alamat situs yang ingin di screenshot setelah itu pilih tombol capture.

Tidak hanya itu saja selain bisa digunakan untuk screenshot aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam layar ponsel, aplikasi ini cocok buat Kamu yang suka membuat tutorial di Android nih.

Download Screenshot Touch di Google Play Store

5. Screenshot Ultimate

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Ini merupakan salah satu aplikasi Screenshot yang memiliki 16 metode yang bisa Kamu gunakan diantaranya adalah dengan mengguncangkan smartphone, menggunakan sensor jarak, bahkan Kamu bisa mengambil tangkapan layar hanya dengan tiupan yang diarahkan ke microphone ponsel Kamu.

Namun sayangnya aplikasi ini hanya bisa bekerja dengan baik pada smartphone Android yang sudah di root saja, meskipun bisa juga digunakan pada ponsel yang belum di root akan tetapi Kamu harus melakukan beberapa pengaturan yang cukup ribet terlebih dahulu.

Tidak heran jika di Google Play Store aplikasi ini mendapatkan ulasan dari pengguna yang cukup baik karena memang fitur yang disediakan cukup lengkap tidak hanya metode pengambilan tangkapan layar saja.

Download Screenshot Ultimate di Google Play Store

6. Screenshot Capture

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Aplikasi yang satu ini hadir dengan tampilan antarmuka yang lebih segar dan modern namun tetap ringan ketika digunakan.

Ada beberapa metode yang bisa Kamu gunakan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan aplikasi Screenshot Capture ini diantaranya adalah dengan cara menggoyangkan ponsel dan bisa juga melalui tombol melayang.

Selain itu tersedia juga fitur untuk mengedit gambar hasil screenshot yang Kamu ambil diantaranya fitur crop, filter, dan pensil untuk menutupi bagian tertentu pada gambar hasil screenshot.

Download Screenshot Capture di Google Play Store

7. Screenshot (Icondice)

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Jika dilihat dari namanya aplikasi ini cukup simpel mungkin akan membuat Kamu kesulitan menemukan aplikasi yang satu ini, aplikasi Screenshot ini dikembangkan oleh Icondice.

Tampilan antarmuka dengan latar belakang berwarna hitam membuat mata akan lebih nyaman melihatnya terlebih jika digunakan pada malam hari.

Aplikasi ini hanya menyediakan satu metode saja untuk mengambil tangkapan layar yaitu dengan menekan bagian sisi layar dalam beberapa detik saja secara otomatis mengambil tangkapan layar.

Meskipun hanya menyediakan satu metode saja aplikasi ini juga menyediakan tempat pengeditan gambar hasil screenshot diantaranya yaitu tersedia fitur untuk menambahkan teks, stiker, memutar gambar, dan lain sebagainya.

Download Screenshot di Google Play Store

8. Apowersoft Screenshot

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Meskipun hanya menyediakan satu metode saja yaitu menggunakan tombol melayang untuk mengambil tangkapan layar akan tetapi Apowersoft memiliki berbagai macam fitur menarik yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Diantaranya adalah penyimpanan awan alias cloud jika Kamu tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup Kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di cloud yang telah di sediakan pada aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mampu mengambil tangkapan layar satu halaman web penuh secara memanjang. Jika Kamu ingin mengedit hasil tangkapan layar Kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi ini diantaranya fitur untuk menambahkan teks, pensil, crop, dan efek sensor.

Download Apowersoft Screenshot di Playstore 

9.  Scroll Capture for Web

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Khusus buat Kamu yang ingin mengambil tangkapan layar di halaman web satu halaman penuh Kamu bisa menggunakan aplikasi Scroll Capture for Web karena aplikasi ini bisa bekerja tanpa menekan tombol fisik yang ada pada ponsel Kamu.

Caranya cukup copy paste saja alamat situs yang ingin di screenshot nanti akan muncul tombol screenshot di bagian tengah layar. Kamu juga bisa mengatur kualitas gambar hasil screenshot sendiri sesuai keinginan.

Download Scroll Capture for Web di Google Play Store

10. Screenshot - Screen Grabber

aplikasi screenshot android tanpa menekan tombol

Aplikasi screenshot yang ampu bekerja tanpa tombol fisik terakhir adalah Screen Grabber, aplikasi cukup mudah sekali untuk digunakan hanya dengan sekali ketuk saja secara otomatis aplikasi ini akan mengambil tangkapan layar.

Aplikasi ini sangat cocok bagi Kamu yang hanya ingin menangkap layar saja tidak dengan fitur editting lainnya.

Download Screen Grabber di Google Play Store

Penutup

Itulah beberapa aplikasi screenshot untuk Android yang bisa Kamu gunakan tanpa menggunakan bantuan tombol fisik di ponsel, bagi Kamu yang tidak bisa mengambil tangkapan layar karena tombol rusak sekarang tidak perlu khawatir karena beberapa aplikasi di atas bisa membantu permasalahan Kamu.

Silahkan pilih salah satu aplikasi yang menurut Kamu sesuai dengan kebutuhan Kamu sendiri.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.