Dalam dunia percetakan Epson memang dikenal selalu menghadirkan produk yang handal dan tangguh salah satunya adalah dalam produk printer.

Namun ada beberapa masalah yang seringkali terjadi pada perangkat printer yang seringkali kita gunakan terutama pada Epson seri L130, L220, L310, L360, ataupun L365.

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu printer tidak bisa mencetak seperti biasanya di mana lampu indikator tinta dan kertas berkedip-kedip secara bergantian.

Biasanya masalah ini juga disertai dengan munculnya pesan erorr Ink Pad Is At The End Of Its Service Live atau Ink Waste Is Full pada layar komputer yang terhubung dengan printer tersebut.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Notifikasi tersebut muncul karena printer mendeteksi bahwa tempat pembuangan printer sudah penuh.

Tetapi nyatanya meskipun tempat pembuangan printer tidak penuh atau bahkan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak penuh masalah ini akan tetap muncul.

Penyebabnya, karena printer mendeteksi hal tersebut dari jumlah atau aktivitas pencetakan yang pernah dilakukan oleh printer tersebut, bukan dari tempat pembuangan.

Tentunya, semakin sering printer di gunakan maka notifikasi tersebut juga akan semakin sering muncul di layar komputer.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika saat ini Anda sedang mengalami masalah tersebut, karena hal ini bisa kita atasi dengan mudah dengan menggunakan software resetter.

Software resetter ini bisa mengembalikan program yang ada di dalam printer menjadi seperti printer baru.

Karena semua aktifitas percetakan yang pernah dilakukan oleh printer tersebut akan di kembali ke awal, sehingga notifikasi eror mengenai tempat pembuangan tidak muncul kembai.

Bagaimana Cara Reset Printer Epson L130, L220, L310, L360, dan L365 ?

Di sini saya akan membagikan cara untuk mereset printer Epson L130, L220, L310, L360, dan L365 secara lengkap agar Anda bisa memahaminya dan mempraktikkannya secara langsung, cara ini sudah saya coba dan berhasil.

Perlu diketahui bahwa software resetter masing-masing printer tidaklah sama.

Jadi bagi Anda yang mengalami masalah pada printer yang tidak saya sebutkan diatas mungkin cara ini tidak akan berjalan dengan baik karena didalam software yang saya bagikan ini hanya tersedia untuk lima jenis printer saja.

Sebelum mengikuti panduannya, pastikan printer dan komputer sudah terpasang dengan baik.

Silahkan download terlebih dahulu software resetter-nya melalui tautan di bawah ini.

Resetter: Download Resetter Printer Epson L130, L220, L310, L360, L365
Password RAR: sipitek.com

Apabila sudah di download silahkan ekstrak file RAR-nya, kemudian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka file bernama Epson Adjustment.exe maka akan tampil software bernama AdjProg. Silahkan pilih Particular adjustment mode.

EPSON Adjustment Program

2. Selanjutnya pada bagian Model Name silahkan pilih model printer yang Anda gunakan di sana ada lima model printe yang bisa Anda pilih.

Kemudian pada bagian Port silahkan pilih port komputer yang terhubung dengan printer atau Anda juga bisa memilih Auto selection agar software mendeteksi sendiri port yang terhubung dengan printer.

Jika sudah pilih OK.

pilih tipe printer

3. Kemudian pada bagian Maintenance pilih Waste ink pad counter lalu pilih OK.

waste ink pad counter

4. Selanjutnya akan terbuka tampilan Waste ink pad counter silahkan centang bagian Main pad counter kemudian pilih tombol Check apabila muncul notifikasi pilih OK.

cek dan instalasi

Lalu centang kembali Main pad counter kemudian pilih Insitialize maka akan muncul persetujuan untuk memulai instalasi silahkan pilih OK untuk memulai.

Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.

Apabila sudah selesai maka akan muncul dialog perintah untuk mematikan printer silahkan pilih OK, silahkan pilih Finish kemudian keluar dari software resetter.

Silahkan restar printer atau bisa juga dengan matikan terlebih dahulu beberapa saat dengan cara menekan tombol power kemudian nyalakan kembali.

Sampai disini printer yang Anda gunakan sudah berhasil di reset silahkan coba gunakan untuk mencetak apakah sudah bisa berjalan kembali atau belum.

Cara ini juga telah saya coba dan berhasil, printer kembali berjalan normal seperti biasanya.

Tetapi apabila Anda mengalami kendala atau masalah silahkan tulis dikolom komentar nanti saya carikan solusinya.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mereset printer Epson L130, L220, L310, L360, atau L365, semoga membantu.