2 Cara Mengatasi Play Store Xiaomi selalu Minta Jaringan Wifi saat Download

9/04/2017
Bagi smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, Play Store merupakan aplikasi yang cukup penting dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat mendownload berbagai macam jenis aplikasi gratis ataupun berbayar. Tidak bisa di pungkiri bahwa mereka yang menggunakan Android kemungkinan memiliki aplikasi Play Store.

Namun ada beberapa smartphone Android yang mengalami berbagai macam kesalahan ketika membuka Play Store diantaranya adalah ponsel Xiaomi, salah satu masalah yang paling sering terjadi pada para pengguna ponsel Xiaomi yaitu mereka tidak bisa mendownload aplikasi di toko aplikasi yang cukup populer ini.

Biasanya ini terjadi kepada para pengguna Xiaomi Redmi 3 dan Note 3 Pro yang menggunakan MIUI 8 biasanya pada saat kita mendownload salah satu aplikasi di Play Store proses download tidak berjalan seperti pada umumnya alias mentok dan muncul notifikasi Waiting for Wifi tepat di bagian proses download.

Notifikasi tersebut memberitahu kepada para pengguna supaya menggunakan jaringan Wifi untuk mengunduhnya tetapi ada juga beberapa orang yang sudah menggunakan wifi tetapi proses download masih saja mentok.

Tak jarang karena masalah kecil seperti ini mereka memutuskan untuk menjual ponsel kesayangannya, padahal untuk mengatasi ponsel Xiaomi yang tidak bisa download di Play Store itu cukup mudah lho.

Mengatasi Play Store Xiaomi yang Selalu Minta Jaringan Wifi

Ada beberapa cara yang bisa Kamu gunakan akan tetapi salah satu cara yang akan saya bagikan ini mungkin tidak bisa dijalankan di ponsel yang Kamu gunakan karena bisa saja ROM yang Kamu gunakan tidak sama dengan yang saya gunakan.

1. Mengatur Batas Ukuran Download menjadi Unlimited

Ini biasanya terjadi pada ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM lama karena secara default ukuran batas download di atur menjadi ukuran tertentu sehingga jika kita telah melewati batas tersebut otomatis kita tidak bisa melakukan download lagi entah itu di Playstore ataupun di browser.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu mengaturnya menjadi unilimted sehingga bisa kita gunakan tanpa batasan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi Unduhan di ponsel Xiaomi yang Kamu gunakan, setelah masuk ke aplikasi tersebut pilih ikon titik tiga (፧) di pojok kanan atas kemudian pilih Settings.

Cara Mengatasi Playstore Xiaomi selalu Minta Jaringan Wifi saat Download

2. Setelah masuk ke menu setting di sana terdapat beberapa opsi silahkan pilih Download size limit kemudian atur menjadi Unlimited, jika sudah pilih OK.

Cara Mengatasi Playstore Xiaomi selalu Minta Jaringan Wifi saat Download

Silahkan coba terlebih dahulu download aplikasi apa saja di Play Store seharusnya setelah melakukan pengaturan ini Kamu sudah bisa mengunduh aplikasi dengan lancar, akan tetapi jika masih mentok silahkan ikuti lagi cara kedua.

Ada beberapa ponsel Xiaomi yang tidak memiliki opsi Download size limit biasanya opsi ini hanya muncul pada ROM lama sedangkan pada ROM baru menu ini tidak akan muncul, bagi Kamu yang menggunakan ROM baru silahkan coba cara kedua.

2. Mengizinkan Aplikasi Tertentu menggunakan Data Seluler

Cara kedua ini kita memberikan izin kepada aplikasi Play Store supaya bisa menggunakan data seluler, tetapi cara ini juga tidak hanya bisa dilakukan pada aplikasi Play Store saja namun aplikasi lain yang tidak berjalan menggunakan data seluler juga bisa diatur menggunakan cara ini supaya aplikasi tersebut bisa berjalan tanpa jaringan Wifi. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi Keamanan di ponsel Xiaomi yang Kamu gunakan, kemudian pilih Batasi penggunaan data.

Cara Mengatasi Playstore Xiaomi selalu Minta Jaringan Wifi saat Download

2. Setelah itu akan muncul semua aplikasi yang terinstal di ponsel yang Kamu gunakan silahkan cari Google Play service kemudian centang semua pada bagian Seluler dan Wi-Fi lalu pindah ke bagian Sistem silahkan cari aplikasi Unduhan dan Play Store kemudian centang pada bagian data Seluler.

Cara Mengatasi Playstore Xiaomi selalu Minta Jaringan Wifi saat Download

Silahkan coba download aplikasi di Play Store biasanya cara kedua ini yang paling efektif, selain bisa untuk mengatasi Play Store yang selalu meminta jaringan Wifi cara ini juga bisa Kamu gunakan pada aplikasi yang terpasang di ponsel yang Kamu gunakan yang tidak bisa berjalan dengan data seluler.

Jika aplikasi Kamu sudah menggunakan melakukan cara yang kedua berarti Kamu mengizinkan aplikasi tersebut bisa digunakan pada jaringan seluler dan Wi-Fi.

Silahkan coba salah satu cara diatas jika masih belum bisa gunakan keduanya. Jika sudah berhasil jangan lupa tinggalkan komentar, cara yang mana yang berhasil mengatasi masalah ini yang Kamu gunakan?
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.