Cara Membuat Profil Pribadi menjadi Bisnis di Instagram

9/10/2017
Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto yang sangat populer di dunia tak terkecuali di Indonesia, bahkan penggunanya terus-menerus melonjak secara drastis setiap tahunnya. Oleh karena itu sekarang ini banyak para pebisnis yang sudah memanfaatkan Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan.

Banyak sekali fitur yang tersedia di Instagram yang dapat Anda gunakan untuk keperluan bisnis akan tetapi fitur ini hanya tersedia pada akun Instagram jenis profil bisnis fitur tersebut tidak tersedia pada akun pribadi.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis Anda harus mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis terlebih dahulu dan ini bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

Tersedia Tombol Kontak untuk Mempermudah Pembeli Menghubungi Anda

Yang paling membedakan antara profil bisnis dan pribadi yaitu pada profil bisnis akan tersedia tombol kontak dimana tombol kontak ini berisi Telepon, Email, dan Petunjuk Arah yang bisa Anda isi sesuai dengan informasi bisnis Anda.

Tetapi beberapa waktu yang lalu Instagram telah menghapus tombol kontak dan untuk informasi Telepon, Email, dan Petunjuk Arah di letakkan di bagian atas kolom kiriman atau foto akun Instagram yang telah Anda buat.

Apabila orang lain atau pelanggan Anda di Instagram menekan tombol Telepon mereka akan dialihkan ke aplikasi telepon pada ponsel mereka, begitu juga dengan Email mereka akan dialihkan ke aplikasi Email yang mereka gunakan.

Uniknya untuk tombol Petunjuk Arah orang yang menekan tombol ini akan dialihkan ke aplikasi Google Maps untuk melihat petunjuk arah dari lokasi mereka berada ke tempat lokasi bisnis atau alamat bisnis yang telah Anda masukkan pada fitur ini.

Tersedia fitur Wawasan untuk Menganalisis Kiriman

Selain itu profil bisnis juga tersedia fitur wawasan yang dapat digunakan untuk menganalisis sejauh mana ketertarikan orang lain di Instagram dengan kiriman yang Anda buat, jumlah klik ke tautan yang Anda sisipkan pada bagian deskripsi atau bio, dan informasi mengenai wawasan kiriman, fitur ini hanya bisa dilihat oleh Anda sebagai pemilik akun tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Dengan adanya fitur ini tentu saja bisa Anda jadikan sebagai ukuran untuk membuat kiriman atau cerita di Instagram yang banyak diminati oleh pengikut Anda di Instagram.

Misalnya jika kiriman Anda yang membahas mengenai kecantikan mendapatkan metrik yang cukup baik dalam fitur wawasan berarti kiriman tersebut disukai oleh pengikut Anda sehingga suatu saat Anda bisa membuat kirim serupa yang sudah terbukti banyak diminati.

Tidak hanya itu saja Anda juga bisa melihat demografi pengikut Anda secara akurat mulai dari usia, lokasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi metrik ini akan muncul jika pengikut Anda di Instagram mencapai 100 pengikut.

Ada Fitur Promosi untuk Mengiklankan Produk Anda

Yang tak kalah penting untuk pebisnis adalah promosi, nah pada profil bisnis Instagram telah disediakan fitur untuk promosi atau beriklan untuk menjangkau konsumen potensial yang memiliki minat terhadap produk Anda.

Misalnya apabila salah satu kiriman yang Anda buat menunjukkan metrik yang bagus dalam fitur wawasan Anda bisa mengiklankan kiriman tersebut untuk menjangkau lebih banyak lagi orang-orang di Instagram. Untuk fitur ini tidak bisa Anda gunakan secara gratis.

Sebetulnya masih banyak beberapa fitur lain yang tersedia pada profil bisnis, tetapi jika ingin mengetahui lebih lengkap silahkan Anda buat sendiri profil pribadi Instagram Anda menjadi bisnis untuk melihat secara lengkap fitur-fitur yang disediakan.

Bagaimana Cara Membuat Profil Bisnis di Instagram?

Sebelum membuat Akun bisnis ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan.

Pastikan Anda telah membuat fans page atau halaman Facebook mengenai bisnis Anda karena nantinya Instagram akan meminta Anda untuk menghubungkan halaman Facebook bisnis dengan akun Instagram yang ingin diubah menjadi profil bisnis.

Jika Anda ingin mengubah profil bukan untuk keperluan bisnis tetapi ingin mengubahnya menjadi bisnis Anda juga bisa membuatnya asalkan Anda telah membuat halaman Facebook.

Selanjutnya Anda harus memiliki Akun Instagram pribadi atau akun yang biasa digunakan orang pada umumnya.

Jika semuanya sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka akun Instagram yang ingin diubah menjadi akun bisnis kemudian masuk ke halaman profil lalu masuk ke halaman Opsi dengan cara memilih ikon titik tiga () di pojok kanan atas halaman.

Scroll ke bagian AKUN setelah itu silahkan pilih opsi Beralih ke Profil Bisnis maka akan muncul halaman ucapan selamat datang dan Anda akan diperkenalkan mengenai fitur-fitur profil bisnis secara singkat silahkan pilih Lanjutkan sampai selesai.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk menghubungkan ke akun Facebook silahkan pilih tombol Pilih Halaman kemudian Anda akan dialihkan ke halaman login Facebook silahkan login menggunakan akun Facebook yang memiliki halaman yang ingin di hubungkan, kemudian pilih Masuk.

Apabila sebelumnya Anda telah menghubungkan akun Instagram tersebut dengan akun Facebook, pada halaman Hubungkan ke Facebook seperti gambar dibawah sebelah kiri akan tampil halaman atau fans page Facebook yang Anda buat menggunakan akun Facebook yang telah di hubungkan, apabila sudah muncul silahkan loncat langsung menuju langkah ke 4.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

3. Pada langkah ini yaitu merupakan proses untuk menghubungkan akun Facebook yang sudah memiliki fans page dengan akun instagram yang ingin diubah menjadi profil bisnis, pilih Lanjutkan kemudian OK lalu OK.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

4. Selanjutnya akan tampil halaman-halaman yang telah Anda buat menggunakan akun Facebook tersebut silahkan pilih halaman yang ingin dihubungkan kemudian pilih tombol ikon panah (➜) di pojok kanan atas halaman.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman untuk mempersiapkan profil bisnis di sana terdapat kolom Email, Telepon, dan Alamat silahkan masukan sesuai dengan kontak bisnis Anda informasi ini akan terlihat oleh pengikut Anda di Instagram jika dirasa tidak perlu bisa dikosongkan jika sudah pilih ikon ceklis (✔) di sebelah kanan atas halaman.

Oh iya, ada beberapa orang yang kebingungan karena pada kolom nomor telepon biasanya akan muncul nomor kode negara lain misalnya (+1) nah untuk mengubahnya Anda tekan saja angka tersebut kemudian ubah menjadi kode telepon negara Indonesia (+62).

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

5. Apabila profil bisnis sudah di isi selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman profil dan muncul ucapan selamat datang seperti gambar dibawah sebelah kiri silahkan pilih Lanjutkan.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

Sampai disini Anda sudah berhasil mengubah profil pribadi menjadi bisnis tentu saja ada beberapa perubahan yang bisa Anda lihat pada halaman profil.

Perbedaan Tampilan Profil Pribadi dan Bisnis

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

Ini merupakan contoh sebelum dan sesuadah di ubah akun Instagram Sipitek. Perhatikan gambar sebelah kanan disana terdapat beberapa fitur yang muncul yang telah ditandai dengan garis merah.

Wawasan: ikon bagan yang terletak dibagian atas halaman itu merupakan tombol wawasan yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa kinerja kiriman ataupun profil Instagram Anda.

Promosikan: tombol untuk mempromosikan halaman secara berbayar.

Jenis Halaman Facebook: jenis atau kategori halaman Facebook akan tampil pada profil bisnis sebagai contoh profil sipitek disana terdapat kategori Situs Web Komputer & Internet, apabila Anda ingin mengubah bagian ini Anda harus mengubahnya di halaman Facebook yang dihubungkan.

Alamat: apabila Anda menambahkan alamat disana juga akan tampil alamat bisnis Anda.

Tombol Kontak (Telepon, Email, Petunjuk Arah): disana juga muncul tombol kontak Telepon, Email, dan Petunjuk Arah apabila Anda menambahkan informasi tersebut pada profil bisnis.

Itulah beberapa perbedaan tampilan yang bisa Anda lihat, apabila Anda menggunakan jenis profil bisnis Anda tidak dapat mengubah akun menjadi Privat alias di gembok karena fitur ini akan hilang jika Anda mengubahnya ke dalam profil bisnis.

Apakah saya bisa mengubah dari Akun Bisnis ke Pribadi?

Tentu saja bisa, tinggal masuk ke menu opsi nanti akan muncul pengaturan untuk beralih ke profil pribadi.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah profil pribadi menjadi bisnis. Cukup mudah bukan?

Apabila ingin melihat langsung contoh profil bisnis silahkan lihat langsung akun @Sipitekcom jangan lupa follow karena saya aktif membagikan informasi-informasi teknologi yang sangat menarik.

Semoga dengan mengubahnya jenis akun Anda menjadi bisnis bisa meningkatkan penjualan produk Anda. Terimakasih, semoga jualannya makin laris dan makin sukses 😊 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.