Cara Membuat Akun BBM Baru di Android Menggunakan Email dan Nomor HP

9/24/2017
Siapa sih yang tidak kenal dengan BBM alias BlackBerry Messenger? Sebagian besar terutama anak muda yang menggunakan ponsel berbasis Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pesan instan yang satu ini.

Meskipun masih kalah pamor dari aplikasi pesan instan lain seperti WhatsApp dan Line, para pengguna BBM di Indonesia rupanya masih setia dengan aplikasi pesan instan yang satu ini. Tidak heran jika mereka enggan untuk berpaling ke aplikasi lain mengingat fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi BBM terus-menerus diperbarui.

Saat ini BBM tidak hanya digunakan untuk melakukan percakapan atau telepon saja akan tetapi dengan beragam fitur yang ditambahkan salah satunya Anda juga bisa membaca berita, belanja online, menonton video, hingga bermain game.

Mungkin ini yang membedakan aplikasi pesan instan BBM dengan yang lainnya dimana aplikasi lain hanya bisa digunakan untuk chatting saja tetapi dengan BlackBerry Messenger Anda bisa menikmati berbagai macam fitur menarik yang telah disediakan.

Meskipun demikian masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat akun BBM atau BlackBerry ID terutama para pengguna ponsel berbasis Android atau IOS baru, sebetulnya untuk membuat akun BBM baru proses pendaftarannya tidak jauh beda dengan membuat akun media sosial atau aplikasi pesan instan yang lainnya akan tetapi tetap saja jika kita tidak tahu caranya maka akan menjadi terasa sulit dan kebingungan.

Nah jika Anda kebingungan dan takut salah pada saat membuat akun BBM sekarang tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan menjelaskannya secara lengkap disertai dengan gambar petunjuk supaya Anda dapat memahaminya dengan jelas dan tidak membuat bingung.

Pada artikel ini saya akan mengajarkan Anda membuat akun BBM hingga akun siap untuk digunakan dan Anda bisa langsung melakukan percakapan dengan teman Anda.

Membuat akun BBM

Bagaimana Cara Membuat Akun BBM?

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu menggunakan nomor HP ataupun dengan menggunakan email. Saya akan membahas dua-duanya silahkan Anda pilih salah satu cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan BBM terbaru yaitu versi terbaru yaitu versi 3.3.8.74 pembaruan pada September 2017. Apabila Anda menggunakan BBM versi lama silahkan diperbarui terlebih dahulu melalui Google Play Store agar langkah-langkahnya sama dengan yang saya tulis.

Tetapi jika dirasa tidak perlu Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan tampilan BBM yang Anda gunakan. Namun akan lebih baik lagi jika diperbarui terlebih dahulu supaya langkah-langkahnya sama dengan yang saya tulis.

Apabila sebelumnya pada aplikasi BBM yang Anda gunakan sudah ada akun BBM yang digunakan silahkan keluarkan akun BBM terlebih dahulu karena jika tidak dihapus atau dikeluarkan tombol pendaftaran tidak akan muncul.

1. Buat Akun Menggunakan Email

Cara yang pertama adalah menggunakan email entah itu email Gmail, Yahoo ataupun penyedia layanan email yang lainnya. Pastikan juga email tersebut aktif dan bisa Anda buka karena nantinya BBM akan mengirim kode verifikasi pendaftaran ke alamat email tersebut.

Pastikan juga sebelumnya email tersebut belum pernah didaftarkan akun BBM karena jika sudah didaftarkan Anda tidak bisa mendaftarkan kembali dengan email tersebut.

Apabila Anda belum memiliki email buat terlebih dahulu silahkan baca artikel yang telah saya tulis mengenai cara membuat email Gmail.

Tetapi apabila email sudah ada dan siap digunakan silahkan simak langkah-langkah pendaftaran akun BBM berikut ini...

1. Silahkan buka aplikasi BBM di ponsel yang Anda gunakan pada tampilan awalnya akan muncul dua tombol silahkan pilih tombol DAFTAR kemudian tepat pada bagian bawah tombol buat akun silahkan pilih Mendaftar dengan alamat email.

membuat akun BBM

2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran menggunakan email seperti gambar di bawah sebelah kiri, pada bagian atas terdapat tiga kolom yang perlu Anda isi yaitu nama, email, dan password silahkan isi sesuai keinginan.

Jangan lupa catat email dan password tersebut agar jika suatu saat Anda ingin login kembali menggunakan ponsel yang berbeda Anda tidak perlu membuatnya lagi.

Kemudian di bagian bawahnya terdapat kolom captcha silahkan masukkan kode captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut jika semuanya sudah lengkap silahkan pilih BUAT AKUN.

Selanjutnya akan tampil pemberitahuan bahwa email yang telah Anda masukkan akan menjadi BBM ID, silahkan pilih Ya.

membuat akun BBM

3. Setelah Anda menyetujui persetujuan BBM ID maka Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kode verifikasi. Kode tersebut di kirim ke alamat email yang telah Anda masukkan tadi.

Silakan buka email Anda kemudian buka email dari BBM kurang lebih isi emailnya seperti gambar di bawah ini, di sana terdapat kode verifikasi.

membuat akun BBM

4. Silahkan masukkan kode verifikasi yang ada pada email tersebut ke halaman verifikasi aplikasi BBM seperti gambar di bawah ini.

membuat akun BBM

5. Setelah kode verifikasi dimasukkan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halaman ulasan beberapa fitur BBM tunggu sampai muncul pemberitahuan Cari Teman seperti gambar di bawah ini, agar kontak di buku telepon Anda tidak ikut masuk ke aplikasi BBM lebih baik pilih LOMPATI saja kemudian pilih LEWATI.

membuat akun BBM

6. Jika sudah pilih LANJUTKAN kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pemberitahuan untuk menghidupkan pemberitahuan pesan baru BBM pilih Lanjutkan, apabila muncul lagi pemberitahuan pengoptimalan pengalaman pesan pilih saja Jangan perlihatkan pesan ini lagi.

membuat akun BBM

7. Selanjutnya akan muncul persetujuan mengenai akses BBM untuk mengakses file pada perangkat yang Anda gunakan silahkan pilih IZINKAN, apabila muncul lagi pemberitahuan Hamparan layar terdeteksi seperti gambar di bawah sebelah kanan tap tombol kembali pada ponsel Anda atau bisa juga tap pada bagian atas pop up pemberitahuan tersebut.

membuat akun BBM

Sampai di sini akun BBM sudah berhasil dibuat apabila Anda ingin menambahkan langsung foto profil BBM pada notifikasi Personalisasikan profil silahkan pilih Tambah dari Galeri kemudian pilih foto yang ingin dijadikan foto profil.

Selesai...

2. Buat Akun Menggunakan Nomor HP

Bagi Anda yang tidak memiliki email dan tidak mau ribet membuat email terlebih dahulu Anda bisa langsung membuatnya menggunakan nomor HP asalkan nomor tersebut sebelumnya belum pernah di daftarkan.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini...

1. Silahkan buka aplikasi BBM di ponsel yang Anda gunakan kemudian pada tampilan awal aplikasi BBM pilih DAFTAR selanjutnya Anda akan diarahkan langsung ke halaman pendaftaran nomor telepon seperti gambar di bawah sebelah kanan.

Silahkan isi nama sesuai keinginan atur negara menjadi Indonesia kemudian masukkan nomor HP yang ingin didaftarkan penulisan nomor HP tidak perlu diawali dengan angka nol "0" karena sudah ada +62.

Penulisan nomor HP yang benar yaitu contohnya seperti ini 85812345678, sedangkan penulisan yang salah contohnya seperti ini 085812345678 atau 62812345678.

Jika nomor HP sudah dimasukkan dengan benar kemudian masukkan password atau kata sandi minimal terdiri dari 6 karakter, lebih banyak lebih baik. Jika sudah pilih tombol BUAT AKUN berwarna biru.

membuat akun BBM

2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kode verifikasi dan BBM akan mengirim kode verifikasi ke nomor HP yang telah Anda masukkan melalui SMS, silahkan masukkan kode verifikasi ke halaman verifikasi BBM.

membuat akun BBM

Selanjutnya silahkan Anda ikuti seperti pada cara membuat akun menggunakan email yang telah saya bahas di atas, ikuti mulai dari langkah ke lima sampai dengan selesai karena langkah-langkah selanjutnya sama persis dengan yang ada pada langkah tersebut.

Kesimpulan

Silahkan pilih salah satu dari kedua cara di atas sesuai dengan kebutuhan Anda...

Lebih baik menggunakan email atau nomor HP?

Keduanya sama saja tergantung kebutuhan Anda, jika Anda tidak rutin membuka email lebih baik menggunakan nomor HP saja karena jika email tidak rutin dibuka biasanya akan lupa dan jika email lupa ketika Anda lupa password akun BBM ini akan menjadi sulit dikembalikan.

Sedangkan dengan menggunakan nomor HP kemungkinan akun BBM lupa kata sandi akan lebih sedikit meskipun lupa Anda akan lebih mudah mengembalikannya asalkan nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar merupakan nomor utama Anda yang selalu aktif.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun BBM baru melalui ponsel Android menggunakan email ataupun nomor HP. Demikian artikel kali ini, semoga berhasil 😊.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.