Begini Cara Mengirim Lokasi lewat WhatsApp agar Orang Lain Tau Lokasi Kamu Berada

9/18/2017
Kehadiran fitur berbagi lokasi di WhatsApp sangat membantu kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari salah satunya adalah ketika Kamu ingin bertemu seseorang tetapi tidak tahu jalan menuju lokasi orang tersebut berada, tentu saja ini akan menjadi masalah apalagi jika Kamu ingin bertemu secepatnya.

Sebetulnya tanpa fitur share location google maps di WhatsApp kita juga bisa menemui seseorang dengan cara bertanya kepada orang-orang untuk menuju ke lokasi teman yang ingin Kamu temui, tetapi ini memerlukan waktu yang lama apalagi jika Kamu memang sama sekali belum tau tempat tersebut.

Fitur berbagi lokasi WhatsApp sebetulnya sudah lama tersedia akan tetapi banyak orang yang jarang menggunakan fitur ini entah karena tidak tau cara menggunakannya atau memang belum tau dengan kehadiran fitur yang satu ini.

Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi panduan kepada Kamu mengenai cara berbagi lokasi menggunakan WhatsApp, dengan menggunakan fitur ini Kamu tidak perlu khawatir lagi terpisah dengan rombongan karena fitu ini Kamu bisa lebih mudah menemukan teman yang ingin Kamu temui terutama jika lokasi teman Kamu memiliki rute yang cukup membingungkan.

Cara Kirim Lokasi melalui WhatsApp

Sebelumnya pastikan Kamu dan teman Kamu telah memasang WhatApp pada ponsel yang digunakan. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini...

1. Silahkan pilih kontak teman yang ingin Kamu kirim lokasi Kamu berada saat ini, kemudian pada halaman chatting pilih tombol klip atau attachment lalu akan muncul beberapa opsi silahkan pilih opsi Lokasi.

Cara Mengirim Lokasi lewat WhatsApp

2. Apabila sebelumnya Kamu belum mengaktifkan GPS ponsel maka akan muncul pemberitahuan GPS tidak aktif seperti gambar di bawah, silahkan pilih OKE kemudian aktifkan terlebih dahulu supaya lokasinya lebih akurat.

Cara Mengirim Lokasi lewat WhatsApp

3. Selanjutnya Kamu akan diarahkan ke halaman peta seperti gambar di bawah pada halaman tersebut juga terdapat tingkat keakuratan lokasi tunggu sampai angka atau nilainya mengecil sebagai contoh pada gambar di bawah adalah 3 meter, semakin kecil maka akan semakin akurat.

Di halaman ini juga akan tampil juga lokasi-lokasi populer di sekitar lokasi tempat Kamu berada, jika dirasa sudah sesuai silahkan pilih Kirim lokasi Anda saat ini.

Cara Mengirim Lokasi lewat WhatsApp

4. Setelah dikirim maka isi pesannya akan tampak seperti gambar di bawah yaitu berisi peta tempat Kamu berada.

Cara Mengirim Lokasi lewat WhatsApp

Apabila teman Kamu membuka pesan tersebut maka secara otomatis dia akan dialihkan ke aplikasi Google Maps jika teman Kamu menggunakan Android dan Apple Maps untuk pengguna iPhone.

Uniknya fitur ini juga memiliki kemampuan cross-platrom, artinya Kamu bisa menggunakan fitur ini ke smartphone yang memiliki sistem operasi yang berbeda dari smartphone yang Kamu gunakan. Misalnya dari Android ke iPhone atau sebaliknya.

Bagaimana mudah kan? Saya sendiri lebih sering menggunakan fitur ini daripada mengetik secara manual ketika teman saya menanyakan keberadaan saya karena saya bisa membalasnya lebih cepat dan teman sayapun bisa mengetahui lokasi saya berada secara akurat. Selamat mencoba 😊 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.