3 Cara Jitu Menghilangkan Iklan di Android yang Tiba-tiba Muncul

9/07/2017
Iklan merupakan salah satu hal yang sangat menjengkelkan ketika kita berselancar di internet. Bagaimana tidak, pada saat kita sedang asik-asiknya membaca sebuah artikel tiba-tiba iklan muncul di layar HP bahkan yang lebih parahnya lagi iklan tersebut tidak bisa kita keluarkan.

Tentu saja ini membuat kita menjadi jengkel apalagi jika kita sedang membaca artikel yang memang sedang dibutuhkan informasinya tentu saja mau tidak mau kita harus keluar dari situs tersebut, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan iklan di perangkat Android yang mereka gunakan.

Tidak hanya iklan yang ada di situs atau website saja, ada beberapa aplikasi Android yang seringkali menampilkan iklan secara tiba-tiba ini jauh lebih parah jika dibandingkan dengan iklan yang ada di website karena iklan seperti ini bisa muncul di mana saja dan kapan saja meskipun aplikasi tersebut tidak Kamu jalankan.

Misalnya saja pada saat kita sedang menulis pesan singkat atau bermain game, tentu saja ini akan sangat mengganggu apalagi jika kita sedang bermain game bisa-bisa semua misi yang telah diselesaikan pada saat itu hilang entah ke mana dan Kamu harus mengulang kembali dari awal.

Sebetulnya iklan yang seperti itu sangat dilarang oleh penyedia layanan periklanan karena selain mengganggu para pengguna ini juga akan membuat rugi pemasang iklan. Tetapi banyak pengembang situs maupun aplikasi yang sengaja memasang iklan secara berlebihan karena ingin mendapatkan keuntungan lebih.

Tidak hanya itu saja ada juga iklan yang mengarahkan pengguna secara otomatis membuka tab baru pada browser biasanya iklan seperti banyak menyimpan virus yang mengancam kesehatan smarphotne Kamu.

Jika Kamu sering mencari informasi di internet pasti Kamu pernah membuka halaman web tiba-tiba dialihkan ke tab baru secara otomatis kemudian muncul notifikasi bahwa ponsel yang Kamu gunakan terserang virus dan Kamu disuruh untuk mengunduh sebuah aplikasi, padahal nyatanya ponsel yang Kamu gunakan baik-baik saja.

Tidak jarang mereka mempercayai peringatan tersebut dan membuat khawatir sehingga mereka memutuskan untuk mendownload aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Android?

Kali ini Kamu tidak perlu khawatir dengan iklan yang muncul di Android yang kamu gunakan karena saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Kamu gunakan entah itu iklan yang ada di browser ataupun di aplikasi yang telah Kamu pasang.

Cara ini juga bisa Kamu gunakan di HP Android yang sudah di root ataupun yang belum di root.

1. Matikan Fitur Javascript dan Pop-up Browser

Iklan yang ada di situs web biasanya menggunakan kode Javascript, nah supaya iklan tersebut tidak berjalan Kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut pada browser, hampir sebagian besar browser biasanya menyediakan fitur untuk menonaktifkan Javacript dan Pop-up.

Tetapi pada tutorial kali ini saya menggunakan browser Google Chrome, jika Kamu menggunakan browser lain silahkan menyesuaikan saja.

Cara ini bisa Kamu gunakan pada Android yang sudah di root ataupun yang belum di root dan kita bisa melakukannya tanpa aplikasi karena kita akan memanfaatkan pengaturan yang telah di sediakan pada browser.

Pastikan Kamu sudah memasang browser Google Chrome jika belum silahkan download terlebih dahulu di Play Store. Jika sudah silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka Google Chrome kemudian pilih ikon titik tiga () dipojok kanan atas kemudian pilih Setelan setelah masuk ke setelan pilih Setelan situs lalu pilih Javascript.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

2. Kemudian matikan fitur Javascript seperti contoh gambar dibawa, disana akan tampil menu untuk menambah pengecualian situs ini berfungsi agar kode Javascript pada situs yang Kamu tambahkan bisa berjalan dengan baik tetapi jika dirasa tidak perlu abaikan saja.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Sampai disini iklan di situ tidak akan tampil lagi, tetapi jika Kamu ingin memblokir iklan yang membuka tab secara otomatis silahkan masuk ke Setelan situs kemudian pilih menu Pop-up kemudian matikan fitur tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Sampai disini iklan yang ada di situs web maupun iklan yang membuka tab secara otomatis tidak akan tampil pada browser yang Kamu gunakan.

Tetapi cara ini memiliki kekurangan karena semua kode Javascript di situs yang Kamu kunjungi tidak akan berjalan dengan baik mungkin ada beberapa situs yang Kamu buka tampilannya menjadi berantakan, tapi jika digunakan untuk membaca berbagai informasi di internet saja cara ini merupakan yang paling mudah.

2. Gunakan Adblock Browser

Sama halnya dengan cara diatas dimana dengan menggunakan aplikasi Adblock Browser iklan yang ada di halaman situs web tidak akan tampil, ini sangat cocok bagi Kamu yang tidak mau ribet melakukan beberapa pengaturan.

Setelah sukses menghadirkan aplikasi pemblokir iklan untuk PC kini aplikasi handal ini hadir untuk perangkat Android, aplikasi Adblock Browser dapat berjalan pada perangkat Android yang sudah di root ataupun yang belum di root. Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Silahkan donwload terlebih dahulu aplikasi Adblock Browser for Android di Play Store.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

2. Apabila sudah terpasang dengan baik silahkan buka aplikasi tersebut kemudian masuk ke meun Settings lalu pilih Ad blocking kemudian centang bagian Allow Some non-intrusive advertising.

Sampai disini Kamu sudah terbebas dari iklan yang tampil di situs web dan Kamu bisa berselancar di internet dengan nyaman.

Kedua cara diatas hanya memblokir iklan yang ada di situs web yang Kamu buka menggunakan browser saja sedangkan iklan yang muncul terus menerus dan secara tiba-tiba masih tetap akan muncul, nah untuk masalah seperti ini silahkan simak cara ke tiga.

3. Gunakan Malwarebytes untuk Menghilangkan Iklan yang Tiba-tiba Muncul

Ini merupakan iklan yang paling menjengkelkan dari pada iklan yang tampil di situs web karena meskipun kita tidak melakukan apa-apa iklan seringkali muncul tiba-tiba menutupi layar Android yang Kamu gunakan.

Biasanya hal ini terjadi karena Kamu sering memasang aplikasi dari sumber lain selain Play Store karena biasanya aplikasi-aplikasi tersebut telah ditanami virus Adware oleh pembuatnya untuk mencari keuntungan, bahkan yang lebih parahnya lagi iklan bisa terus-menerus muncul tanpa henti.

Sebetulnya Kamu bisa juga langsung menghapus aplikasi tersebut akan tetapi seringkali pengguna tidak tau aplikasi mana yang menjadi sarang virus tersebut.

Nah dengan menggunakan Malwarebytes secara otomatis virus tersebut akan ditemukan dan bisa dibasmi. Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Silahkan download terlebih dahulu Malwarebytes di Play Store.

2. Setelah terpasang dengan baik silahkan buka aplikasinya, apabila ponsel yang Kamu gunakan memang terkena virus nantinya aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis tampilan layar akan menjadi berwarna merah, silahkan pilih Fix Now kemudian pilih Run full scan.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

3. Selanjutnya Malwarebytes akan mencari berbagai macam jenis virus yang bersarang di ponsel Kamu tunggu sampai selesai, jika sudah pilih Fix All.

Sampai disini semau virus yang bersarang di ponsel Kamu sudah dibersihkan, canggihnya aplikasi ini tidak hanya menghapus virus iklan (Adware) saja tetapi juga akan mendeteksi virus lain seperti ransomware, spyware dan malware yang cukup berbahaya, aplikasi ini juga bisa berjalan pada Android yang sudah di root ataupun belum.

Kesimpulan

Itulah tiga cara yang menurut Sipitek paling ampuh untuk menghilangkan iklan di Android. Cara pertama dan kedua lebih tepatnya digunakan untuk menghilangkan iklan di situs web ketika Kamu berselancar di internet dan iklan yang membuka tab baru pada browser secara otomatis.

Tetapi ada baiknya cara tersebut digunakan pada situs-situs yang memang memasang iklan secara berlebihan untuk situs yang memasang iklan yang tidak mengganggu saya rasa Kamu tidak perlu ribet mengaktifkannya.

Tetapi untuk cara yang ketiga bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul menutupi layar smartphone Kamu, biasanya itu terjadi karena ulah virus dari aplikasi yang bandel yang telah Kamu pasang.

Oleh karena itu jika Kamu ingin mengunduh aplikasi gunakan saja Play Store yang sangat aman dan terpercaya. Tetapi jika Kamu ingin mengunduh aplikasi dalam file mentah (.apk) kamu bisa mengunduhnya di apk4fun.com atau apkpure.com karena Sipitek juga sering mengunduh aplikasi di situ dan ponsel yang Sipitek gunakan juga aman-aman saja.

Selamat berselancar di internet dengan aman dan nyaman 😊 , demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.