Cara Menghapus Akun Facebook Sendiri secara Permanen dan Sementara

9/25/2017
Siapa sih yang tidak kenal dengan media sosial milik Mark Zuckerberg? Mungkin hampir sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Facebook terutama bagi kaum muda yang suka berselancar di internet.

Tetapi sekarang ini tidak hanya kaum muda saja yang sering menggunakan Facebook mulai dari anak-anak hingga orang tuapun mereka aktif menggunakannya entah itu untuk digunakan sebagai media komunikasi atau percakapan dengan teman atau bisa juga sebagai media untuk berdagang.

Terlepas dari itu semua media sosial yang paling populer di Indonesia ini ternyata memiliki efek yang membuat penggunanya ketagihan sehingga tak jarang aktivitasnya di dunia nyata menjadi terganggu padahal tidak ada yang spesial tetapi entah kenapa seringkali membuat kita ingin membukanya terus-menerus tak kenal waktu.

Tidak hanya itu saja sudah banyak contoh hanya karena sering aktif di Facebook dan menggunakannya untuk keperluan negatif membuat hidup seseorang menjadi berantakan misalnya saja rumah tangga menjadi berantakan hanya karena media sosial yang satu ini.

Ya jika Anda tidak bijak dalam menggunakan media sosial apapun tidak hanya Facebook hal ini malah akan berdampak negatif terhadap kehidupan Anda. Padahal banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita dapatkan di Facebook.

Oleh karena itu banyak dari mereka yang rela menghapus akun Facebook entah itu secara permanen ataupun hanya sementara saja untuk menghindari dampak tersebut meskipun akun tersebut menyimpan banyak kenangan yang sayang untuk dilupakan.


Bagaimana Cara Menghapus Akun Facebook?

Facebook menyediakan dua pilih kepada para penggunanya yaitu menghapus akun secara permanen dan sementara.

Jika Anda belum yakin ingin menghapus akun Facebook sepenuhnya Anda bisa menggunakan fitur penghapusan akun untuk sementara karena dengan menggunakan pengaturan ini akun Anda bisa digunakan kembali kapan saja jika Anda membutuhkannya.

Namun jika Anda memang sudah berniat ingin menghapus Facebook dan tidak ingin membukanya kembali Anda bisa menghapusnya secara permanen, dengan menggunakan pengaturan ini Anda tidak akan bisa lagi mengembalikannya.

Kali ini saya akan menjelaskan kedua cara tersebut secara lengkap agar Anda dapat menghapus akun Facebook sesuai dengan keinginan Anda.

1. Hapus Akun untuk Sementara Waktu

Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya jika Anda menonaktifkan akun Facebook secara sementara atau untuk sementara waktu Anda bisa mengaktifkan kembali kapan saja jika Anda membutuhkannya.

Teman-teman Anda atau pengguna lain di Facebook tidak akan bisa menemukan Anda mereka juga tidak akan bisa melihat kronologi Anda.
...Sama halnya Anda tidak memiliki akun Facebook.

Akan tetapi ada beberapa informasi yang tetap bisa dilihat oleh orang lain misalnya saja pesan yang pernah Anda kirim sebelumnya, ini akan tetapi terlihat oleh orang lain yang pernah melakukan percakapan dengan Anda meskipun Anda menghapus akun untuk sementara waktu.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan perangkat komputer untuk mempraktikkannya tetapi apabila Anda menggunakan HP Android atau IOS Anda masih bisa mengikuti cara ini langsung melalui aplikasi Facebook ataupun browser yang ada pada ponsel Anda.

Meskipun ada sedikit perbedaan pada langkah-langkahnya tetapi saya rasa tidak akan membuat Anda bingung karena sudah saya lihat hampir sama caranya.

Silahkan login terlebih dahulu ke Facebook menggunakan akun yang ingin dinonaktifkan untuk sementara. Kemudian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan awal Facebook silahkan pilih ikon panah atau menu drop down (▽) di bagian atas halaman sebelah kanan setelah itu akan muncul beberapa opsi silahkan pilih opsi Pengaturan.


2. Setelah masuk ke menu pengaturan pilih bagian Umum yang berada di sebelah kiri atas halaman kemudian nanti akan muncul beberapa opsi pengaturan umum akun silahkan pilih Sunting pada bagian Kelola Akun.


3. Setelah memilih menu sunting akan muncul dua bagian yaitu Kontak Pewaris Anda dan Nonaktifkan akun Anda, silahkan pilih tombol Nonaktifkan akun Anda yang berada tepat di bagian atas tombol Tutup.


4. Selanjutnya Anda akan diarahkan terlebih dahulu ke halaman untuk memasukkan kata sandi silahkan masukkan kata sandi akun Anda kemudian pilih Lanjutkan.


5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman formulir untuk menonaktifkan akun, silahkan isi pada bagian Alasan untuk pergi centang Lainnya, jelaskan lebih lanjut kemudian tulis alasan Anda menonaktifkan akun tersebut atau Anda juga bisa mengikutinya seperti gambar di bawah.

Pada bagian Tolak email silahkan centang Menolak menerima email yang akan datang dari Facebook agar pemberitahuan di Facebook tidak masuk lagi ke email Anda. Jika sudah pilih Tutup.


6. Setelah itu akan muncul pop up persetujuan untuk menonaktifkan akun di sana juga dijelaskan bagaimana nasib akun Anda setelah di nonaktifkan, silahkan baca terlebih dahulu jika sudah yakin pilih Nonaktifkan Sekarang.


7. Apabila berhasil Anda akan diarahkan ke halaman login Facebook seperti gambar di bawah, tepat pada bagian login juga muncul pemberitahuan bahwa akun Anda telah dinonaktifkan.


Bagaimana jika saya ingin mengaktifkannya kembali? Anda tinggal login seperti biasa nanti secara otomatis akun Anda akan kembali dan teman-teman Anda bisa kembali melihat kronologi Anda...

2. Hapus Akun secara Permanen

Jika Anda ingin menghapus akun secara permanen dan akun tersebut tidak ingin dibuka lagi ini merupakan langkah yang tepat karena jika Anda menggunakan cara ini akun tidak dapat dibuka lagi setelah rentan waktu yang telah di tentukan oleh Facebook.

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa Anda benar-benar yakin ingin menghapus akun secara permanen, periksa terlebih dahulu catatan ataupun foto yang telah Anda unggah di Facebook jika dirasa ada berkas yang penting download terlebih dahulu pindahkan ke penyimpanan perangkat Anda.

Apabila Anda ingin menggunakan cara ini melalui ponsel saya sarankan menggunakan browser pada ponsel, karena untuk menghapusnya secara permanen Anda harus melalui link untuk menuju halaman penghapusan akun tidak melalui pengaturan akun Facebook.

Silahkan buka terlebih dahulu akun Facebook yang ingin dihapus melalui browser pada komputer atau ponsel yang Anda gunakan. Kemudian silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini...

1. Silahkan buka halaman penghapusan akun melalui link berikut https://www.facebook.com/help/delete_account Anda akan diarahkan ke halaman persetujuan penghapusan akun secara permanen seperti gambar di bawah, silahkan pilih tombol Hapus Akun Saya.


2. Selanjutnya akan muncul pop up formulir penghapusan akun selamanya silahkan masukkan kata sandi Facebook Anda terlebih dahulu kemudian masukkan kode captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, jika sudah pilih OK.


3. Setelah itu akan muncul lagi pop up pemberitahuan bahwa akun akan dihapus selamanya dalam waktu 14 hari setelah Anda memutuskan untuk menghapus akun, silahkan pilih OK.


Jika berhasil Anda akan diarahkan kembali ke halaman login Facebook...

Sampai di sini akun Anda masih belum benar-benar dihapus dari Facebook, tetapi akan benar-benar terhapus jika Anda tidak login kembali selama 14 hari setelah penghapusan akun.

Jika Anda ingin membatalkan penghapusan akun silahkan login kembali ke akun Anda nanti akan muncul tombol untuk membatalkan penghapusan akun. Namun jika sudah yakin biarkan saja jangan dibuka.

Apa Bedanya Menghapus Akun Sementara dengan Permanen?

Jika Anda menghapus akun untuk sementara waktu Anda bisa mengembalikannya kapan saja meskipun dalam waktu yang cukup lama.

Ini tidak sama antara mengabaikan akun dengan menghapus akun untuk sementara, jika Anda mengabaikan akun dan tidak digunakan lagi orang lain dapat melihat kronologi Anda di Facebook.

Sedangkan jika dilakukan penghapusan untuk sementara orang lain tidak akan bisa melihat akun Anda di Facebook kecuali pesan yang telah Anda kirim sebelumnya akan tetap terlihat oleh orang yang pernah melakukan percakapan dengan Anda.

Jika Anda memilih untuk melakukan penghapusan Akun secara permanen Anda tidak akan bisa lagi mengembalikan akun tersebut jika dalam waktu 14 hari setelah dilakukan penghapusan akun Anda tidak melakukan pembatalan penghapusan.

Bagaimana jika saya ingin menghapus akun orang lain? Selagi Anda tau email dan kata sandi akun orang tersebut Anda bisa menggunakan cara ini.

Itulah cara untuk menghapus akun Facebook secara permanen dan sementara silahkan pilih salah satu cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda merasakan dampak yang tidak baik terhadap kehidupan di dunia nyata tak ada salahnya untuk menghapus akun secara permanen sebelum dampak yang dirasakan lebih parah lagi.

Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan media sosial, jangan sampai kehidupan di dunia nyata terganggu oleh kehidupan dunia maya.

Selamat mencoba semoga berhasil 😊 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.