Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi dengan Mudah tanpa Ribet

9/29/2017
Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang menggunakan ponsel Xiaomi seringkali tidak memanfaatkan fitur yang ada pada ponsel tersebut salah satunya adalah aplikasi Mi Remote, mereka seringkali menganggap aplikasi tersebut hanya pajangan saja tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya.

Tapi nyatanya aplikasi Mi Remote bisa kita gunakan untuk mengontrol barang-barang elektronik bukan hanya TV saja di aplikasi ini juga tersedia pengaturan remot untuk barang elektronik lain seperti Mi TV/Mi Box, AC, Kipas, Box, A/V Receiver, DVD Player, Projektor (infokus), Set-top Box, dan Kamera.

Akan tetapi tidak semua ponsel Xiaomi bisa digunakan menjadi remote barang elektronik hanya ponsel yang dilengkapi dengan infra merah atau infrared saja yang bisa menggunakannya.

Dulu infra merah digunakan untuk mengirim file dari ponsel ke ponsel lain tetapi kini fitur ini sudah tertinggal karena sudah ada Bluetooth atau Wi-Fi Direct yang lebih efektif karena proses pengiriman file bisa lebih cepat dari infra merah.

Jadi tidak heran jika sebagian besar ponsel keluaran terbaru tidak menyediakan infra merah karena sudah ada yang lebih efektif, tetapi ada beberapa ponsel Xiaomi yang menyediakan fitur ini untuk mengontrol barang-barang elektronik diantaranya Xiaomi Redmi Note 4, Note 2, Redmi 4X, Redmi 4A, dan seri lainnya.

Dengan kehadiran fitur ini tentu saja pengguna Xiaomi tidak perlu ribet lagi menggunakan remote bawaan barang elektronik yang Anda gunakan apalagi jika Anda sering lupa menyimpan remote, bahkan Anda juga bisa menggunakan ponsel Xiaomi untuk mengontrol banyak barang elektronik misalnya TV dan AC atau dengan yang lainnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan membagikan panduan mengenai cara menggunakan aplikasi Mi Remote yang ada pada ponsel Xiaomi sampai dengan ponsel bisa digunakan untuk mengontrol barang elektronik.

Pada panduan kali ini Sipitek menggunakan Xiaomi Redmi 4X jika Anda menggunakan seri atau model yang berbeda tidak perlu khawatir karena caranya sama saja tetapi mungkin ada beberapa letak menu-nya saja yang berbeda.

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

Bagaimana Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi?

Sebelum mengikuti panduannya pastikan terlebih dahulu ponsel sudah terhubung ke internet karena untuk memuat beberapa merk barang elektronik dibutuhkan akses internet, jika Anda tidak terhubung ke internet biasanya beberapa merk barang elektronik tidak akan muncul di aplikasi Mi Remote.

Jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini...

1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Mi Remote di ponsel yang Anda gunakan, jika sudah pilih Tambah remote atau bisa juga dengan memilik ikon + di bagian pojok kiri atas kemudian akan tampil beberapa barang elektronik yang tersedia di sana silahkan pilih barang elektronik yang ingin dikontrol menggunakan ponsel Anda.

Sebagai contoh di sini saya memilih TV.

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

2. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih merk barang elektronik yang Anda gunakan silahkan pilih yang sesuai, sebagai contoh di sini saya memilih Polytron.

Selanjutnya akan tampil pertanyaan apakah barang elektronik yang ingin Anda kontrol dalam keadaan hidup atau mati silahkan pilih salah satu sesuai dengan kondisinya.

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

3. Apabila Anda memilih Mati akan muncul tombol power untuk menghidupkan, sedangkan apabila memilih Hidup akan muncul tombol mute untuk mengecilkan suara seperti pada gambar di bawah.

Silahkan arahkan ponsel ke barang elektronik yang ingin di kontrol kemudian tekan tombol mute yang ada pada aplikasi Mi Remote, setelah Anda menekan tombol tersebut akan muncul pertanyaan tepat di bagian bawah jika tombol bekerja silahkan pilih Ya jika tidak pilih Tidak.

Terus ulangi sampai tombol bekerja hingga bagian akhir Uji tombol.

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

4. Jika sudah maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah sebelah kiri, silahkan isi nama perangkat atau bisa juga dibiarkan kemudian pilih Berhasil dipasangkan. Maka akan tampil remote-nya seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

Selesai, kini ponsel Xiaomi yang Anda gunakan sudah bisa dijadikan sebagai remote...

Penutup

Sekarang tidak perlu lagi khawatir ketika remote hilang entah ke mana.

Dalam beberapa kasus biasanya pilihan barang elektronik seperti TV tidak tampil atau hilang pada aplikasi tersebut, cara mengatasinya silahkan hapus cache aplikasi Mi Remote kemudian ikuti langkah-langkah di atas.

Apabila masih mengalami kendala, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini semoga berhasil 😊 .
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Nadya
AUTHOR
3/08/2018 delete

Kalo ganti subtitle pake mi remote bisa gak?

Reply
avatar
Kang Rezot
AUTHOR
3/10/2018 delete

Subtittle di tv atau di mana mba?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/20/2018 delete

tidak bisa
di pake di polytron led bazoke

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.