Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghapus Akun dan Kontak

9/03/2017
Salah satu aplikasi pesan instan yang saat ini sedang naik daun adalah WhatsApp Messenger tidak heran jika para penggunanya betah menggunakan aplikasi yang satu ini mengingat banyak sekali fitur-fitur canggih yang dapat memanjakan penggunanya, bahkan tak jarang mereka yang seringkali melakukan percakapan melalui SMS kini berpindah menggunakan WhatsApp.

Tidak hanya untuk melakukan percakapan dengan keluarga ataupun teman sebaya tetapi banyak orang yang menggunakan aplikasi ini sebagai media pemasaran terutama mereka yang memiliki toko online tentu saja dengan menggunakan WhatsApp mereka akan menjadi lebih cepat menanggapi konsumen.

Tetapi karena berbagai alasan seringkali para pengguna WhatsApp terpaksa harus mengganti nomor yang sudah didaftarkan ke WhatsApp dengan nomor baru, entah itu karena nomor lamanya hilang atau karena alasan lain.

WhatsApp memang menyediakan fitur khusus untuk mengganti nomor lama menjadi nomor baru tanpa harus khawatir kontak Kamu hilang asalkan semua kontak yang ada di dalam smartphone yang Kamu gunakan disimpan di penyimpanan telepon.

Tetapi jika Kamu terlanjur menyimpan semua kontak di kartu SIM sebaiknya pindahkan terlebih dahulu ke penyimpanan telepon agar ketika Kamu menggunakan nomor baru semua kontak yang sudah ada tidak akan hilang.

Bagaimana jika saya ingin menggunakan nomor lama lagi?

Apabila Kamu berubah pikiran dan ingin menggunakan nomor HP yang lama Kamu bisa melakukan cara yang sama seperti mengganti nomor lama ke nomor baru seperti cara diabawah.

Bagaimana jika ada yang mengirim pesan atau panggilan ke nomor lama?

Apabila ada orang yang mengirim pesan ke nomor lama Kamu pesan dari orang tersebut tidak akan terkirim, begitu juga dengan panggilan yang dilakukan melalui WhatsApp.

Meskipun Kamu telah menggantinya pesan WhatsApp tidak akan secara otomatis dialihkan ke nomor baru jadi orang yang mengirim pesan harus mengirim pesan tersebut ke nomor baru yang Kamu gunakan.

Bagaimana dengan kontak yang di blokir?

Jika Kamu memiliki daftar blokir ketika Kamu mengganti nomor dengan yang baru daftar tersebut akan hilang jadi jika ingin memblokir seseorang Kamu harus memblokir ulang menggunakan nomor baru yang Kamu gunakan.

Akan tetapi orang-orang yang Kamu blokir tidak akan mengetahui jika Kamu telah mengganti nomor dengan yang baru selama orang-orang tersebut tidak ada di kontak telepon smartphone Kamu, meskipun Kamu tidak memblokir orang tersebut.

Bagaimana dengan grup WhatsApp?

Meskipun Kamu mengganti nomor, grup WhatsApp yang Kamu miliki tidak akan hilang karena nantinya semua grup WhatsApp yang Kamu ikuti akan otomatis mengirim pemberitahuan bahwa Kamu sudah mengganti nomor dari nomor lama ke nomor baru.

Begitu juga apabila Kamu menjabat sebagai admin di salah satu grup, Kamu tidak perlu khawatir keluar atau menghapus grup karena grup akan tetap ada dan Kamu tetap menjadi admin lagi secara otomatis.

Itulah beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh orang-orang yang ingin melakukan pergantian nomor di WhatsApp, yang terpenting jika Kamu menyimpan kontak WhatsApp di kartu memori pindahkan terlebih dahulu ke memori telepon agar tidak hilang.

Bagaimana Cara Mengganti Nomor WhatsApp ?

Untuk mengganti nomor WhatsApp caranya sangat mudah karena WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur khusus untuk mengganti nomor cara ini juga bisa Kamu lakukan di Android, Blackberry, IOS, ataupun Windows Phone, tetapi pada tutorial kali ini saya menggunakan Android.

Jika keputusan Kamu sudah matang ingin mengganti nomor WhatsApp silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp di ponsel Kamu kemudian pilih ikon titik tiga (፧) dipojok kanan atas maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Setelan (Settings) kemudian pada bagian setelan pilih Akun (Account). Setelah masuk ke pengaturan akun pilih Ganti nomor (Change number).


2. Setelah itu akan muncul pemberitahuan supaya nomor baru yang ingin digunakan bisa menerima SMS karena WhatsApp akan mengirim kode verifikasi ke nomor baru jika sudah siap pilih LANJUT (NEXT).

kemudian akan muncul dua kolom silahkan isi kolom yang atas dengan nomor lama dan kolom bawah isi dengan nomor baru penulisan nomornya seperti contoh dibawah, jika sudah pilih SELESAI (DONE).

Tidak lama WhatsApp akan mengirim 6 digit kode verifikasi ke nomor baru, silahkan masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi, nanti secara otomatis Kamu akan dialihkan ke tampilan awal WhatsApp.


Sampai disini Kamu sudah berhasil mengganti nomor lama WhatsApp dengan nomor baru, untuk memastikannya silahkan masuk ke profil akun WhatsApp Kamu apakah nomornya berubah menjadi nomor baru atau tidak, jika berubah berarti sudah berhasil.

Setelah sukses mengganti dengan nomor baru jangan lupa beritahu teman-teman Kamu agar mereka tidak mengirim pesan ke nomor lama karena jika mereka mengirim pesan ke nomor lama pesan tersebut tidak otomatis dialihkan ke nomor baru alias pesan tersebut tidak akan terkirim.

Kamu bisa memanfaatkan fitur broadcast atau siaran untuk mengirim pesan masal ke semua kontak WhatsApp. Itulah cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengganti nomor WhatsApp lama dengan nomor baru, semoga artikel ini bisa membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.