Cara Mengaktifkan Fingerprint Xiaomi Semua Seri dan Tipe

9/08/2017
Dahulu untuk mengamankan ponsel dari orang-orang yang ingin membuka ponsel kita biasanya dengan cara memasang kunci layar dengan menggunakan PIN tetapi kini salah satu fitur keamanan seperti itu sudah mulai ditinggalkan karena kurang aman dan tidak efektif apalagi.

Jika kita ingin membuka ponsel dalam waktu yang cepat tentunya jika kita menggunakan PIN kita harus memasukkan PIN terlebih dahulu, tetapi jika kita menggunakan sensor sidik jari alias fingerprint tentu saja akan lebih cepat karena kita hanya menempelkan jari yang telah direkam sebelumnya ke dalam sensor fingerprint secara otomatis kunci layar akan terbuka.

Soal keamanan tentunya sudah tidak bisa diragukan lagi karena fingerprint ini hanya bekerja jika kita menggunakan jari yang sudah di rekam sebelumnya, jadi jika ada orang lain yang mencoba membuka ponsel kita mereka tidak akan bisa membukanya kecuali menggunakan jari yang telah direkam sebelumnya atau jari kita.

Banyak ponsel Android keluaran terbaru yang sudah dilengkapi fitur canggih ini salah satunya yang paling laris adalah Xiaomi. Ada beberapa seri Xiaomi yang sudah ditanami dengan sensor ini terutama pada seri terbaru, bukan hanya soal sensor saja smartphone Xiaomi juga selalu menghadirkan smartphone yang ramah kantong namun memiliki spesifikasi yang gahar.

Berikut ini daftar ponsel Xiaomi yang sudah dilengkapi dengan sensor Fingerprint:
  • Redmi 4
  • Redmi 4 Prime
  • Redmi 4X Prime
  • Redmi Pro
  • Redmi Note 4
  • Redmi Note 4 Pro
  • Redmi 3X
  • Redmi 3S
  • Redmi 3S Prime
  • Redmi Note 3
  • Redmi Note 3 Pro
  • Mi Note 2
  • Mi Mix
  • Mi Max
  • Mi 4s 
  • Mi 5
  • Mi 5s Plus

Apabila Kamu membeli ponsel Xiaomi sensor fingerprint fitur sidik jari ini tidak aktif secara otomatis karena kita perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara mengaktifkan kunci layar menggunakan fingerprint.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Xiaomi

Cara Mengaktifkan Fingerprint Xiaomi

Pada tutorial kali ini Sipitek menggunakan Xiaomi Redmi 4X bagi Kamu yang menggunakan seri Xiaomi yang lain tidak perlu khawatir karena caranya tidak jauh beda hanya letak beberapa menunya saja yang ada sedikit perbedaan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka menu Setelan kemudian scroll ke bagian SISTEM & PERANGKAT pilih Kunci layar & sidik jari kemudian pilih Tambah sidik jari.


2. Nah selanjutnya apabila Kamu sebelumnya telah mengaktifkan kunci layar menggunakan Pola, PIN, atau Sandi Kamu akan diminta memasukkan tetapi jika belum silahkan pilih salah satu metode untuk mengunci layar, tenang saja ini hanya untuk mengantisipasi jika fingerprint tidak berfungsi.

Jika sudah nanti akan muncul gambar tangan dan ponsel silahkan tempelkan jari Kamu ke sensor sidik jari caranya angkat jari kemudian tempelkan lakukan berulang-ulang sampai gambar sidik jari pada tampilan smartphone penuh seperti gambar dibawah paling kanan.


3. Apabila sidik jari sudah berhasil di rekam maka akan muncul ceklis berwarna hijau seperti gambar dibawah paling kiri silahkan masukkan Nama sidik jari atau biarkan berisi nama yang sudah ada kemudian pilih Selesai.


Perhatikan pada bagian Setelan (gambar diatas sebelah kanan) disana terdapat beberapa menu yang bisa Kamu sesuaikan yaitu:
  • Tambah sidik jari: untuk menambahkan rekaman sidik jari yang lain misalnya sebelumnya Kamu menggunakan jari telunjuk sebelah kanan, nah Kamu bisa juga menambahkan rekaman sidik jari telunjuk tangan kiri batasnya hingga 5 rekaman.
  • Layar kunci: aktifkan jika ingin kunci layar menggunakan sidik jari.
  • Sandi privasi: untuk mengunci hal yang berkaitan dengan privasi menggunakan sidik jari.
  • Kunci aplikasi: untuk mengunci aplikasi dengan menggunakan sidik jari.

Sampai disini Kamu sudah berhasil mengaktifkan kunci layar menggunakan fingerprint silahkan coba kunci kemudian tempelkan jari yang telah direkam, maka secara otomatis kunci layar akan terbuka.

Agar sensor fingerprint bisa mendeteksi lebih cepat dan akurat lebih baik Kamu hanya menambahkan satu rekaman sidik jari saja.

Meskipun kunci layar sudah diaktifkan dengan menggunakan sidik jari tetap saja kunci layar untuk Pola, PIN, atau Sandi yang telah Kamu atur pada langkah ke dua diatas akan muncul menjadi kunci layar.

Ini tidak bisa dihilangkan karena untuk mengantisipasi jika sensor fingerprint tidak berfungsi sehingga Kamu bisa membukanya dengan cara yang telah Kamu atur pada langkah kedua.

Selain menggunakan jari tangan Kamu juga bisa menggunakan jari kaki lho 😂 , sudah mimin coba dan ternyata berhasil tapi ribet juga buka kuncinya kalau pakai jari kaki 😄 . Itulah panduan mengenai cara mengaktifkan sensor fingerprint di Xiaomi, semoga membantu.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Achmad Alfin
AUTHOR
3/22/2018 delete

Cara mematikan kunci pola bagaimana gan

Reply
avatar
Kang Rezot
AUTHOR
3/22/2018 delete

Ada di pengaturan gan,

Reply
avatar
luky-computer
AUTHOR
4/03/2018 delete

adik saya yang di sumatra minta di ajarin caranya aktifin fingerprint di xiaomi note 5a prime, padahal saya sendiri tidak tau karna ga punya hp dengan fitur tersebut, tapi akhirnya dapat teratasi dengan membaca tutorial ini. makasih banyak kang sangat membantu dan bermanfaat. semoga sukses selalu.

Reply
avatar
Kang Rezot
AUTHOR
4/05/2018 delete

Wah saya sangat senang bacanya. Sama-sama, Aminnn.

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.