2 Cara Logout Akun Gmail di Aplikasi Android dengan Mudah

9/22/2017
Gmail merupakan salah satu penyedia layanan surat elektronik atau Email yang paling populer di antara layanan surel yang lainnya, tidak heran jika layanan milik perusahaan raksasa Google ini menjadi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia entah itu untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.

Banyak fitur-fitur canggih yang disediakan pada Gmail untuk membuat nyaman para penggunanya, akan tetapi tidak sedikit pula pengguna aplikasi Gmail di perangkat Android yang merasa kebingungan ketika mereka ingin mengeluarkan atau logout dari akunnya.

Memang secara default aplikasi Gmail tidak menyediakan tombol logout seperti pada aplikasi media sosial lainnya tetapi meskipun begitu Anda tetap bisa mengeluarkan akun melalui menu pengaturan ponsel.

Bagi para pengguna ponsel Android Gmail merupakan aplikasi yang cukup penting mengingat kita bisa mengirim surel dengan mudah di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi tersebut seperti untuk melamar kerja ataupun mengirim surat kepada teman.

Seperti yang telah kita ketahui satu akun Gmail bisa digunakan untuk semua layanan Google seperti Google Play Store, Google Play Game, Google Drive, Youtube dan layanan Google yang lainnya. Jadi Anda tidak perlu ribet membuat banyak email.

Begitu juga jika akun dikeluarkan dari perangkat Android yang sedang Kamu gunakan, misalnya Kamu mengeluarkan atau menghapus akun Gmail maka akun Google yang ada pada aplikasi lain seperti Google Play Store juga akan ikut terhapus.

Biasanya aktivitas penghapusan akun Gmail dilakukan ketika ponsel akan dijual tentu saja ini langkah yang sangat penting apalagi jika di akun Anda banyak terdapat berkas penting.

cara logout gmail di Android

Cara Lougout Gmail di Android

Ada beberapa cara yang bisa Kamu gunakan akan tetapi kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah dan paling cepat, yaitu melalui pengaturan ponsel dan bisa juga mengeluarkannya melalui situs pengaturan akun Google.

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Kamu yang mencari tombol keluar di aplikasi Android tombol ini tidak akan ketemu karena Gmail sendiri memang tidak menyediakan tombol khusus keluar dari akun. Oleh karena itu Kamu harus mengeluarkannya melalui pengaturan ponsel yang Kamu gunakan.

Pada panduan kali ini saya menggunakan ponsel Xiaomi jika Kamu menggunakan ponsel Android yang lain seperti Samsung, Lenovo, Vivo, Oppo atau yang lainnya silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda yang terpenting sistem operasi yang digunakan adalah Android.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini...

cara logout gmail di Android

1. Langkah pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan ponsel, pada bagian akun pilih Akun lain.

2. Maka akan muncul beberapa akun yang disimpan pada ponsel yang Kamu gunakan seperti BBM, WhatsApp, dan Google atau Gmail. Silahkan pilih akun Google.

3. Kemudian pilih Email yang ingin di hapus lalu pilih tombol Lainnya kemudian pilih Hapus Akun.

4. Selesai.

Untuk pengguna ponsel Samsung mungkin ada sedikit perbedaan, silahkan pilih Pengaturan pilih bagian Akun, pada bagian akun akan tampil akun-akun yang lain seperti WhatsApp, BBM, Google, dan yang lainnya.

Silahkan pilih Google kemudian pilih email yang ingin dihapus dari ponsel, terakhir pilih Hapus Akun.

2. Melalui Halaman Pengaturan Akun Google

Bagi Kamu yang kebingungan menggunakan cara di atas cara kedua ini mungkin akan membantu karena caranya sama saja meskipun Kamu menggunakan ponsel yang berbeda karena cara ini kita akan mengeluarkannya langsung melalui halaman pengaturan akun Google.

Cara ini juga cocok bagi Kamu yang lupa mengeluarkan akun Google ketika ponsel sudah berpindah tangan karena kita tidak perlu lagi menggunakan ponsel tersebut Kamu bisa mengikuti cara ini melalui perangkat ponsel lain ataupun melalu perangkat komputer.

Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman pengaturan akun Google melalui link berikut https://myaccount.google.com/device-activity. Kemudian scrol ke bawah pada bagian Aktivitas & notifikasi perangkat silahkan pilih tombol MASUK apabila Kamu sebelumnya belum masuk ke akun Kamu.

cara logout gmail di Android

2. Setelah itu Kamu akan diarahkan ke halaman log in silahkan masuk menggunakan akun yang ingin dikeluarkan.

cara logout gmail di Android

3. Setelah itu Kamu akan diarahkan ke halaman daftar perangkat yang pernah Kamu gunakan dalam 28 hari terakhir menggunakan akun tersebut. Silahkan pilih perangkat yang ingin diputuskan sambungannya supaya ketika ada orang lain yang menggunakan akun Kamu di perangkat tersebut akun akan otomatis keluar.

cara logout gmail di Android

4. Sebagai contoh di sini saya akan mengeluarkan akun dari ponsel Xiaomi maka akan muncul Browser dan Lokasi terakhir kali akun tersebut digunakan untuk memantau aktivitas akun Kamu, pada bagian Akses akun silahkan pilih HAPUS.

cara logout gmail di Android

Setelah dilakukan penghapusan maka semua aplikasi layanan Google seperti Google Play Store, Youtube, Gmail, atau yang lainnya juga ikut keluar.

Cara ini hanya menghapus akun dari perangkat saja atau dengan kata lain jika suatu saat Kamu ingin menggunakannya kembali akun tersebut masih bisa digunakan.

Itulah dua cara yang bisa Kamu gunakan untuk mengeluarkan atau logout dari aplikasi Gmail di Android, jadi Kamu tidak perlu khawatir lagi akun digunakan oleh orang lain. Selamat mencoba, semoga berhasil 😊.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.