Cara Membuat Akun Facebook Baru hingga Siap Pakai, Lengkap dengan Gambar Petunjuk

9/11/2017
Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook? Sebagian besar terutama kalangan anak muda Facebook mungkin sudah tidak asing lagi karena Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer di dunia tak terkecuali di Indonesia.

Meskipun media sosial milik Mark Zuckerberg ini begitu populer tetapi nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat akun facebook terutama bagi mereka yang memang masih awam di dunia maya.

Padahal untuk daftar menjadi salah satu pengguna Facebook baru itu sangatlah mudah bahkan Anda hanya butuh beberapa menit saja akun Facebook pun sudah siap digunakan.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda sudah memiliki akun Facebook diantaranya Anda dapat berkomunikasi melakukan percakapan dengan orang lain tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.

Selain itu di Facebook juga banyak grup-grup yang membahas berbagai macam topik yang cukup menarik sesuai minat Anda misalnya saja grup yang membahas tentang komputer ataupun mengenai informasi-informasi yang sedang hangat diperbincangkan.

Namun tentu saja apabila Facebook digunakan untuk keperluan negatif media sosial ini juga akan merugikan diri Anda sendiri oleh karena itu jika Anda sudah memiliki akun Facebook gunakanlah dengan bijak supaya tidak membahayakan diri Anda sendiri.

Pengguna Facebook setiap tahunnya terus-menerus mengalami peningkatan yang cukup drastis, beberapa bulan yang lalu Mark Zuckerberg mengumumkan melalui akun Facebook pribadinya bahwa pengguna Facebook sudah mencapai 2 miliar orang dan 1,3 miliar orang aktif membuka Facebook setiap harinya.

Menurut We Are Social Indonesia merupakan negara ke-4 yang paling aktif menggunakan Facebook ada 111 juta orang aktif di media sosial yang satu ini.

Tidak heran jika Facebook menjadi salah satu primadona tempat nongkrong di dunia maya terutama bagi kalangan anak muda mengingat fitur-fitur yang ada didalamnya terus-menerus dikembangkan sehingga membuat betah para penggunanya. Jadi tidak heran jika Anda pun tertarik untuk membuat akun Facebook.

Sebetulnya sudah banyak sekali tulisan yang membahas mengenai hal ini, akan tetapi sebagian besar yang sudah ada di internet merupakan cara yang sudah usang karena Facebook sudah mengalami perubahan dan langkah-langkahnya pun sudah mengalami perbedaan.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan panduannya secara lengkap mengenai langkah-langkah untuk mendaftar menjadi salah satu anggota Facebook hingga akun siap pakai panduan ini juga dilengkapi dengan gambar petunjuk agar Anda dapat dengan mudah mengikutinya, tentunya ini merupakan cara terbaru yang bisa Anda ikuti untuk membuat akun Facebook.

Buat Akun Facebook

Bagaimana Cara Membuat Akun Facebook Baru?

Facebook hanya mengizinkan mereka yang sudah berumur minimal 13 tahun akan tetapi jika usia Anda masih dibawah 13 tahun Anda bisa mengubah tahun lahir pada saat pendaftaran nanti supaya melebihi usia yang ditentukan akan tetapi resiko tetap ditanggung oleh Anda sendiri ya.

Sebelum melakukan pendaftaran pastikan Anda sudah memiliki akun Email dan nomor telepon/HP karena nantinya Anda akan disuruh untuk menyertakan persyaratan tersebut pada form pendaftaran.

Apabila Anda belum memiliki email silahkan baca panduan mengenai cara membuat email.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan komputer untuk mempraktikkannya, tetapi jika Anda menggunakan HP Anda bisa mengikutinya menggunakan browser agar tampilannya tidak jauh beda sehingga Anda tidak bingung mengikutinya.

Apabila semuanya sudah siap silahkan simak langkah-langkah untuk membuat akun Facebook berikut ini...

1. Silahkan buka halaman Facebook.com, nanti akan muncul halaman pendaftaran seperti gambar dibawah.

Buat Akun Facebook

Silahkan isi form pendaftaran sesuai dengan identitas Anda, supaya tidak bingung saya akan mengulas tentang cara mengisi form pendaftaran satu per satu...

Nama depan & Nama belakang

Silahkan isi sesuai dengan nama lengkap asli Anda jangan menggunakan nama samaran atau nama panggilan supaya jika terjadi masalah pada akun Facebook yang Anda buat Anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

Apabila nama Anda terdiri dari 3 kata isi nama depan dengan nama pada kata pertama dan nama belakang isi dengan dua kata terakhir. Contohnya seperti ini:
  • Nama depan: John
  • Nama belakang: Towor Leonardo

Apabila terdiri dari 4 kata isi nama depan dua kata dan nama belakang dua kata...

Nomor seluler atau email

Pada bagian ini Anda bisa menggunakan nomor HP atau bisa juga dengan email, tetapi saya sarankan Anda untuk menggunakan email karena pada saat Anda lupa password Anda bisa dengan mudah mengembalikannya.

Pastikan nomor HP atau email belum digunakan oleh akun Facebook manapun. Apabila menggunakan email masukkan kembali email yang sama pada form selanjutnya.

Kata sandi baru

Masukkan kata sandi sesuai dengan keinginan Anda pastikan kata sandi mudah diingat tapi sulit ditebak minimal terdiri dari enam angka, huruf, dan tanda baca. Jangan lupa catat supaya tidak lupa.

Tanggal Lahir

Masukkan tanggal lahir yang sesuai ini juga akan membantu Anda jika suatu saat mengalami masalah pada akun Facebook yang telah Anda buat, ini sering ditanyakan ketika Anda lupa kata sandi. Jangan khawatir, nantinya Anda juga bisa menyembunyikan tanggal lahir supaya tidak terlihat oleh orang lain.

Silahkan centang Perempuan atau Laki-laki sesuai dengan kondisi Anda.

Apabila semua form sudah di isi dengan lengkap dan sesuai dengan identitas Anda silahkan pilih tombol Buat Akun.

Konfirmasi Email

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengkonfirmasi email, Facebook akan mengirim kode konfirmasi ke email yang telah Anda masukkan pada halaman pendaftaran.

1. Silahkan pilih Masukkan Kode.

Buat Akun Facebook

2. Buka email Anda di tab baru browser nanti akan ada email masuk dari Facebook yang berisi kode konfirmasi seperti gambar dibawah, silahkan copy kode tersebut.

Buat Akun Facebook

3. Kemudian kembali ke Facebook lalu masukkan kode konfirmasi pada kolom yang telah disediakan jika sudah pilih Lanjutkan. Apabila berhasil nanti akan muncul pop up pemberitahuan "Akun Telah Dikonfirmasi".

Buat Akun Facebook

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman beranda Facebook, sampai disini Anda sudah berhasil membuat akun Facebook baru.

Tapi agar akun Anda lebih aman dan mudah dipulihkan ketika Anda lupa kata sandi, silahkan tambahkan nomor telepon.

Ini perlu dilakukan jika Anda daftar menggunakan email tetapi jika Anda menggunakan nomor HP Anda tidak perlu menambahkan nomor HP lagi karena Anda sudah menambahkannya pada saat melakukan pendaftaran.

Bagi Anda yang melakukan pendaftaran melalui nomor HP silahkan loncat ke panduan menambahkan foto profil, untuk Anda yang menggunakan Email lanjutkan ke tahap berikutnya.

Menambahkan Nomor HP (Telepon)

Menambahkan nomot telepon atau nomor HP ke akun Facebook Anda merupakan salah satu cara untuk memperkuat keamanan akun Facebook Anda.

Jadi saya sangat menyarankan Anda untuk menambahkan nomor telepon karena Anda juga akan lebih mudah mengembalikan akun Anda jika suatu saat Anda lupa kata sandi. Bagaimana caranya?

1. Silahkan buka halaman profil akun Facebook Anda, kemudian pilih bagian Tentang kemudian pada halaman tentang pilih bagian Info Kontak dan Dasar lalu pilih Tambahkan nomor ponsel.

buat akun facebook

2. Silahkan atur terlebih dahulu kode negara menjadi Indonesia (+62) kemudian masukkan nomor HP Anda, jika sudah pilih Simpan Perubahan.

buat akun facebook

3. Setelah itu Facebook akan mengirim kode ke nomor ponsel yang Anda masukkan melalui SMS, silahkan masukkan kode tersebut ke kolom kode konfirmasi kemudian pilih Konfirmasi.

buat akun facebook

4. Apabila muncul pesan seperti gambar dibawah, berarti Anda sudah berhasil menambahkan dan mengkonfirmasi nomor HP.

buat akun facebook

Selesai...

Pastikan nomor HP yang Anda gunakan merupakan nomor utama yang sering digunakan. Apabila suatu saat Anda ganti nomor ulangi cara diatas menggunakan nomor baru.

Supaya akun Facebook Anda rampung dan siap untuk digunakan tentu saja Anda perlu melakukan beberapa langkah lagi.

Yang paling penting tambahkan foto profil terlebih dahulu...

Menambahkan Foto Profil

Foto profil membantu orang lain mengenali diri Anda jadi gunakan foto profil Anda dengan foto terbaik yang Anda miliki, namun jika tidak punya foto profil khusus Anda bisa menggunakan foto yang ada terlebih dahulu. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada halaman awal Facebook atau beranda silahkan pilih tombol nama Anda tepat dibagian atas halaman Facebook di sebelah kiri tombol Beranda.

Buat Akun Facebook

2. Setelah masuk ke halaman profil pada bagian bawah foto profil akan muncul tombol Tambahkan Foto silahkan pilih tombol tersebut.

Buat Akun Facebook

3. Setelah memilih tombol tambahkan foto nanti akan muncul dua pilihan yaitu Unggah Foto dan Tambahkan bingkai, karena kita ingin menambahkan foto silahkan pilih Unggah foto .

Kemudian cari foto yang ingin ditambahkan di lokasi penyimpanan PC yang Anda gunakan kemudian pilih foto tersebut sebagai contoh disini saya memilih foto kucing, kemudian pilih Open.

Buat Akun Facebook

4. Tunggu beberapa saat sampai proses unggah selesai kemudian akan muncu pop up untuk menyesuaikan foto profil Anda, pada bagian yang paling atas Anda bisa menambahkan keterangan mengenai foto tersebut atau bisa juga dikosongkan.

Dibagian ini Anda juga bisa menyesuaikan letak foto agar tidak ada bagian foto yang terpotong silahkan geser foto ke sebelah kiri atau kanan untuk menyesuaikan kemudian pilih Lewati Pemotongan supaya tidak ada bagian foto yang terpotong.

Disana juga terdapat menu Sunting yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto, didalam opsi tersebut terdapat Efek atau Filter, Teks, dan Stiker yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi foto profil Anda. Jika dirasa foto profil sudah pas silahkan pilih Simpan.

Buat Akun Facebook

Sampai disini Anda sudah berhasil menambahkan foto profil...

Langkah selanjutnya adalah menambahkan foto sampul, supaya halaman profil Facebook Anda bisa terlihat lebih keren ketika dilihat oleh orang lain.

Menambahkan Foto Sampul

Supaya foto sampul terpasang dengan baik pastikan Anda memilih foto dengan ukuran persegi panjang supaya tidak ada bagian foto yang terpotong. Untuk menambahkan foto sampul silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman profil Facebook Anda tepat pada bagian atas foto profil terdapat tombol Tambahkan Foto Sampul silahkan pilih tombol tersebut kemudian pilih Unggah Foto...

Buat Akun Facebook

2. Cari foto yang ingin di unggah pada penyimpanan komputer yang Anda gunakan kemudian pilih Open. Tunggu proses upload hingga selesai kemudian sesuaikan foto sampul Anda dengan cara menyeretnya supaya pas, jika sudah pilih Simpan Perubahan.

Buat Akun Facebook

Sampai disini Anda sudah berhasil menambahkan foto sampul...

Langkah selanjutnya melengkapi informasi mengenai data diri Anda, supaya orang lain tau siapa diri Anda...

Menambahkan Informasi Data Diri

Informasi data diri ini berfungsi untuk memberitahu kepada pengguna Facebook yang lain mengenai identitas Anda, selain itu rekomendasi teman yang muncul di halaman Facebook biasanya akan otomatis menyesuaikan dengan identitas Anda.

Misalnya jika Anda mengisi data lokasi tempat tinggal maka rekomendasi teman yang muncul pada halaman Facebook adalah orang-orang yang sama dengan tempat tinggal Anda, begitu juga dengan informasi mengenai data yang lainnya.

Selain itu informasi data diri juga dapat membantu orang lain menemukan Anda di Facebook karena teman Anda yang mungkin menggunakan Facebook akan lebih yakin bahwa itu memang benar-benar Anda.

Tetapi apabila Anda tidak ingin informasi pada bagian tertentu diketahui oleh orang lain Anda bisa mengaturnya pada bagian privasi masing-masing informasi yang Anda masukkan. Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Silahkan masuk ke halaman Profil kemudian pilih bagian Tentang, disana akan muncul bagian-bagian yang perlu Anda lengkapi mulai dari Pekerjanaan dan Pendidikan hingga Peristiwa Penting.

Silahkan isi selengkap mungkin agar orang lain tau mengenai diri Anda...

Buat Akun Facebook

Apabila ada bagian yang dirasa tidak perlu di isi Anda bisa mengosongkan bagian tersebut...

Bagaimana Cara Mencari Teman?

Pada saat akun Facebook baru dibuat Anda tidak memiliki teman jadi Anda perlu menambahkan satu per satu teman Anda yang menggunakan Facebook. Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Silahkan tulis nama akun Facebook teman Anda dikolom pencarian secara lengkap agar hasilnya lebih akurat, nanti akan muncul akun teman Anda di bawah kolom pencarian silahkan pilih akun teman Anda.

Buat Akun Facebook

2. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman profil teman Anda, silahkan pilih tombol Tambahkan Teman.

Buat Akun Facebook

Permintaan pertemanan Anda akan dikirim ke akun Facebook teman Anda tunggu sampai teman Anda mengkonfirmasi permintaan pertemanan yang Anda kirim, karena jika teman Anda tidak mengkonfirmasi permintaan pertemanan yang Anda kirim Anda tidak akan berteman dengan teman Anda di Facebook.

Lanjut! Membuat Status

Anda bisa membagikan cerita yang menarik mengenai pengalaman Anda melalui status Facebook. Bagaimana cara membuatnya? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Masuk ke halaman profil Anda kemudian pada bagian "Apa yang Anda pikirkan sekarang?" tulis cerita yang ingin Anda bagikan, kemudian pilih Kirim.

Buat Akun Facebook

Pada kolom untuk membuat status juga terdapat opsi emoji yang bisa Anda gunakan agar cerita yang Anda buat bisa lebih menarik.

Tidak hanya itu saja pada bagian bawahnya juga terdapat beberapa menu yang bisa Anda gunakan diantaranya untuk menambahkan foto, menandai teman, menambahkan tempat singgah, dan lain sebagainya silahkan coba satu persatu.

Mengeluarkan Akun Facebook (Log Out)

Ini merupakan salah satu langkah yang sangat penting untuk mengamankan akun Facebook Anda jika Anda sering membuka Facebook pada perangkat komputer atau ponsel orang lain, atau bahkan pada komputer warnet Anda harus melakukan ini setiap kali selesai menggunakan Facebook.

Supaya akun Facebook Anda tidak disalahgunakan oleh orang lain Anda perlu mengeluarkannya, jika membuka Facebook di perangkat pribadi sih tidak masalah. Namun jika Anda membuka Facebook di perangkat orang lain Anda perlu mengeluarkannya. Bagaimana caranya?

1. Pada bagian atas halaman Facebook sebelah kanan pilih ikon panah (▼) yang mengarah ke bawah nanti akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih opsi Keluar.

Buat Akun Facebook

Secara otomatis akun Facebook Anda akan keluar dengan sendirinya dan tidak bisa digunakan oleh orang lain jika mereka tidak mengetahui email dan katas sandi akun Anda...

Cara Masuk ke Facebook (Log In)

Apabila Anda ingin masuk kembali ke akun Facebook yang telah Anda buat Anda perlu memasukkan Email atau Nomor HP dan kata sandi yang telah dibuat pada saat pendaftaran. Bagaimana caranya?

1. Silahkan buka halaman Facebook.com kemudian silahkan masukkan Email atau nomor HP pada saat pendaftaran kemudian isi juga Kata Sandi, jika semuanya sudah diisi dengan benar silahkan pilih tombol Masuk.

Buat Akun Facebook

Apabila Anda benar memasukkan email dan kata sandi Facebook maka Anda akan diarahkan secara otomatis ke halaman beranda Facebook.

Kesimpulan

Karena Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer di jagat maya tentunya sayang banget jika Anda belum memiliki akun Facebook.

Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk berbagai keperluan misalnya saja untuk berbisnis, silaturahmi, dan bisa juga bisa digunakan sebagai media untuk menambah wawasan melalui grup-grup yang ada di Facebook.

Akan tetapi Anda juga harus menggunakan Facebook secara bijak dan gunakan untuk keperluan positif karena sudah banyak contoh orang yang menggunakannya untuk hal-hal negatif dan mereka harus mendekam di jeruji besi.

Jadi lebih bijaklah dalam bersosmed...

Semoga dengan adanya panduan ini Anda tidak hanya tau cara membuat akun Facebook tetapi Anda juga memahami mengenai panduan dasar menggunakan Facebook yang telah saya tulis diatas. Terimakasih semoga bisa bermanfaat dan membantu 😊.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.