Cara Mudah Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Microsoft Excel

8/11/2017
Pada saat kita membuat data dalam bentuk daftar misalnya seperti absensi seringkali lupa ada salah satu data yang belum kita masukkan padahal data yang berbentuk daftar itu sudah selesai dibuat atau ada tambahan data yang harus dimasukkan, apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini?

Apa yang Anda lakukan, membuat data dari awal lagi atau dengan cara cepat yaitu menyisipkan langsung diantara kolom atau baris yang berisi data? Bagi orang awam alias pemula yang baru belajar Microsoft Excel mungkin mereka akan rela membuatnya lagi dari awal tentu saja itu memerlukan banyak waktu apalagi jika data yang dibuat sangat banyak.

Bagi Anda yang sering menggunakan cara tersebut hanya untuk memasukkan satu data pada daftar yang telah dibuat mulai sekarang jangan menggunakan cara tersebut karena tidak efektif dan memerlukan banyak waktu ada cara yang lebih cepat jika Anda ingin menyisipkan kolom atau baris tidak perlu membuatnya dari awal.

Dengan menggunakan cara yang akan saya bagikan ini kolom atau baris yang Anda inginkan akan muncul ditempat tertentu sesuai dengan keinginan. Selain menambahkan kolom atau baris Anda juga bisa menghapus kolom atau baris sesuai keinginan tanpa merusak data yang telah dibuat tentunya Anda juga tidak perlu juga membuat data dari awal yang memerlukan banyak waktu.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

Maksudnya menghapus kolom atau baris seperti apa? Misalnya Anda memiliki data dalam bentuk daftar seperti absensi karyawan yang sudah jadi, tetapi ada salah seorang karyawan yang habis masa kerjanya kebetulan namanya ada di tengah-tengah daftar absensi, nah kita akan menghapus nama karyawan tersebut dalam daftar absensi tanpa merusak data lain sehingga Anda tidak perlu membuatnya dari awal.

Cara Menyisipkan Kolom dan Baris

Pada bagian ini kita akan belajar menambahkan atau menyisipkan sebuah baris atau kolom pada data yang telah kita buat. Sebelumnya Anda harus paham terlebih dahulu mana baris dan mana bagian kolom.

1. Menyisipkan Kolom

kolom tersusun secara menyamping dari samping kiri ke samping kanan bisa dilihat pada bagian atas lembar kerja dimulai dari huruf A dan seterusnya menggunakan abjad. bagaimana cara menambahkan kolom sebuah kolom pada lembar kerja excel? silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Misalnya saya memiliki data seperti gambar dibawah dimana saya ingin menyisipkan kolom tepat dibagian kiri kolom bonus. Caranya pilih sel yang berada di area kolom bonus kemudian pada menu HOME pilih Insert lalu pilih Insert Sheet Columns.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

2. Maka secara otomatis kolom Bonus dan Total akan bergeser satu kolom ke kanan, dan muncul kolom baru pada kolom E.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

Pastikan terlebih dahulu sebelum memilih Insert pilih sel yang letaknya berada di kolom yang ingin Anda tambahkan. Contohnya seperti diatas saya memilih kolom Bonus, sebetulnya Anda tidak perlu memilih kolom pada bagian paling atas saja yang terpenting sel yang Anda pilih berada pada kolom yang ingin ditambahkan.

2. Menyisipkan Baris

Baris adalah urutan sel dari atas ke bawah jika Anda lihat tepat dibagian sebelah kiri lembar kerja disana akan berurutan dimulai dari angka 1 dan seterusnya secara tersusun ke bawah. Bagaimana cara menambahkan baris? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Misalnya saya ingin menambahkan satu orang nama ke dalam data dibawah tepatnya di atas nama Budi atau bari ke 4 pilih salah satu sel yang berada di baris ke 4 kemudian pada menu HOME pilih Insert lalu pilih Insert Sheet Rows.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

2. Maka akan muncul baris baru tepat di bagian atas baris Budi, dimana baris budi dan data dibawahnya akan bergeser satu baris ke bawah.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

Sama seperti menambahkan kolom untuk menambahkan baris, langkah pertama pastikan Anda memilih baris yang berada dibaris Budi atau baris ke 4.

Selain terdapat menu untuk menambahkan baris dan kolom pada menu Insert juga ada pilihan lain yaitu Insert Cell dan Insert Sheet.

Insert Cell bisa Anda gunakan untuk menambahkan sel pada bagian sel tertentu, jika Anda memilih menu ini nanti akan dihadapkan beberapa pilihan yaitu:
  • Insert Cell Right: untuk membuat sel baru dan menggeser isi sel yang dipilih ke sel sebelah kanan.
  • Insert Cell Down: untuk membuat sel baru dan menggeser isi sel yang dipilih ke sel dibawahnya.
  • Entire Row: untuk menambahkan baris.
  • Entire Columns: untuk menambahkan kolom.

Sedangkan untuk Insert Sheet berfungsi untuk menambah lembar kerja atau halaman baru misalnya jika Anda memilih menu ini pada Sheet 1 maka secara otomatis akan muncul di Sheet 2, dan seterusnya.

Cara Menghapus Kolom dan Baris

Selanjutnya kita akan belajar menghapus kolom atau baris pada data yang telah dibuat pada lembar kerja Microsoft Excel.

1. Menghapus Kolom

1. Misalnya disini saya ingin menghapus kolom Bonus, silahkan Anda pilih salah satu sel yang berada di kolom Bonus tidak harus sel paling atas kemudian pada menu HOME pilih Delete lalu pilih Delete Sheet Columns.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

2. Maka secara otomatis kolom Bonus akan terhapus dan kolom total akan bergeser mengisi kolom yang terhapus, seperti gambar dibawah ini.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

2. Menghapus Baris

1. Misalnya pada kasus kali ini saya ingin menghapus nama Budi beserta data-datanya yang berada di baris ke 4. Caranya pilih sel yang berada di bari 4 kemudian pada menu HOME pilih Delete kemudian pilih Delete Sheet Rows.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

2. Jika sudah maka pada baris ke 4 yang berisi data Budi akan hilang sedangkan data dibawahnya akan naik secara otomatis menggantikan bari Budi. Seperti gambar dibawah.

Menyisipkan dan Menghapus Kolom atau Baris di Excel

Pada menu Delete juga tidak hanya tersedia pilihan untuk menghapus kolom dan baris saja tetapi juga ada pilihan Delete Cells dan Delete Sheet.

Delete Cells berfungsi untuk menghapus sel sel tertentu sesuai dengan sel yang Anda pilih, jika Anda menggunakan menu ini maka akan muncul beberapa pilihan yaitu:
  • Shift Cell Left: untuk menghapus sel yang dipilih kemudian data-data yang berada disamping kanannya akan bergeser ke sebelah kiri mengisi sel yang telah dihapus.
  • Shift Cell Up: untuk menghapus sel yang dipilih kemudian data-data yang berada di bawahnya akan bergeser ke atas mengisi sel yang telah dihapus.
  • Entire Rows: untuk menghapus baris.
  • Entire Columns: untuk menghapus kolom.

Sedangkan untuk Delete Sheet untuk menghapus Sheet yang sedang dibuka, apabila Anda menggunakan satu Sheet maka menu ini tidak bisa digunakan.

Bagaimana mudah bukan? Jadi jika Anda ingin menambah dan menghapus kolom atau baris pada lembar kerja Microsoft Excel Anda tidak perlu membuatnya dari awal lagi ya karena Anda bisa menggunakan cara ini yang lebih cepat dan efisien. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.