Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook dengan Mudah Via PC dan Android

8/09/2017
Facebook merupakan salah satu sosial media yang cukup populer di Indonesia tidak heran jika penggunanya datang dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua menggunakan sosial media ini untuk berbagai keperluan seperti berinteraksi dengan teman yang jauh hingga digunakan untuk berjualan.

Pada saat akun Facebook dibuat beberapa privasi yang tercantum pada halaman profil seperti daftar teman, informasi kontan, dan lain sebagainya, secara otomatis ini akan menjadi publik alias siapapun pengguna Facebook dapat melihat keterangan halaman profil yang Anda cantumkan oleh karena itu sebelum menggunakan Facebook ada baiknya memeriksa terlebih dahulu setelan privasi profil Anda.

Mengatur setelan privasi merupakan salah satu langkah yang sangat penting, karena selain memberikan manfaat Facebook juga seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak baik jika Anda tidak ingin daftar teman di akun Facebook diketahui orang lain Anda harus menyembunyikan daftar teman (friend list) dari akun Facebook yang Anda gunakan.

Beberapa orang memanfaatkan daftar teman untuk keperluan promosi jualan, biasanya mereka akan melihat pertemanan Anda kemudian menambahkan satu per satu teman yang Anda miliki agar akun yang mereka gunakan untuk berjualan mendapatkan pertemanan yang banyak sehingga kemungkinan untuk membeli produk yang dijualnya menjadi lebih tinggi.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

Tidak hanya itu saja, bagi Anda tidak mau daftar teman di akun Facebook di kepoin si mantan maka cara ini merupakan cara yang paling efektif. Lantas, bagaimana sih cara menyembunyikannya? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

Saya akan membaginya menjadi dua bagian yang pertama menyembunyikan melalui perangkat komputer bagian kedua melalui HP Android. Sebetulnya caranya sama saja tetapi supaya Anda tidak kebingungan oleh karena itu saya akan menjelaskannya satu per satu melalui perangkat yang berbeda.

1. Melalui Komputer (Laptop)

Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Facebook yang ingin disembunyikan daftar temannya, buka halaman profil kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pada halaman profil pilih tombol Teman untuk masuk ke daftar teman letaknya tepat berada dibawah foto sampul.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

2. Maka akan muncul semua akun yang berteman dengan akun Facebook yang kamu gunakan, kemudian pilih ikon pensil atau tombol kelola kemudian pilih Sunting Privasi.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

3. Maka akan muncul pop up untuk mengatur privasi, apabila ingin menyembunyikan Daftar Teman ubah pengaturannya menjadi Hanya saya. Pada bagian pengaturan ini Anda juga tidak hanya bisa menyembunyikan daftar teman saja tetapi orang yang Anda ikuti (mengikuti) dan orang yang mengikuti Anda (pengikut) juga bisa disembunyikan.

Disana terdapat empat pilihan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
  • Publik: siapapun pengguna Facebook dapat melihatnya.
  • Teman: hanya pengguna Facebook yang sudah berteman dengan Anda yang dapat melihatnya.
  • Hanya Saya: hanya Anda yang dapat melihatnya.
  • Khusus: untuk khusus Anda bisa menentukan siapa saja teman yang dapat melihatnya.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

4. Jika sudah pilih Selesai, silahkan cek apakah daftar teman sudah hilang. Untuk mengeceknya Anda tidak perlu menggunakan akun Facebook lain, caranya kembali ke halaman profil lalu pilih tombol ... yang berada di pojok kanan bawah foto sampul kemudian pilih Lihat Sebagai... Selanjutnya periksa apakah sudah hilang atau belum, jika sudah hilang berarti sudah berhasil.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

2. Melalui HP Android

Sebetulnya cara ini tidak hanya bisa digunakan di ponsel Android saja tetapi bisa juga digunakan di ponsel apapun asalkan ponsel yang digunakan bisa berselancar di internet.

Pastikan Anda membukanya melalui browser agar tampilannya sama, jangan menggunakan Facebook Lite atau aplikasi Facebook karena tampilannya akan berbeda, di sini saya menggunakan browser Google Chrome. Apabila sudah login ke Facebook menggunakan browser silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook

1. Masuk ke halaman profil akun Facebook Anda pada tepat dibagian atas tempat membuat status pilih tombol Teman.

2. Maka akan muncul daftar pertemanan Anda dan juga pengaturan privasinya, pilih tombol tersebut disini saya memilih Publik karena memang privasi pertemanan saya Publik kemudian pilih Lainnya.

3. Terakhir silahkan pilih Hanya saya.

Sampai disini daftar teman di akun Facebook yang Anda gunakan sudah disembunyikan. Sebetulnya langkah-langkah di komputer dan di ponsel itu sama saja hanya letaknya menunya yang berbeda-beda.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir daftar teman Anda di kepoin karena sudah kita sembunyikan dengan cara diatas. Demikian artikel kali ini semoga membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.