Cara Praktis Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik di Microsoft Excel

8/12/2017
Jika Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung uang dalam nominal yang banyak mungkin Anda pernah mengalami masalah eror pada saat menggunakan rumus untuk menghitung sel yang berisi uang, hal ini biasanya disebabkan karena pengaturan operator pemisah yang tidak sesuai dengan aturan penulisan di Indonesia dengan pengaturan yang ada di Excel.

Misalnya jika kita menulis pecahan uang 15.500 (lima belas ribu lima ratus), jika Anda menulisnya seperti itu Excel akan membaca tanda titik menjadi koma. Jadi bukan lima belas ribu lima ratus tetapi lima belas koma lima ratus.

Seperti yang telah kita ketahui aturan penulisan di luar negeri untuk memisahkan angka ribuan itu menggunakan koma (,) contohnya pada penulisan mata uang dolar $ 90,500 (sembilan puluh ribu lima ratus ) bukan (sembilan puluh koma lima ratus ribu).

Oleh karena itu kita perlu mengubah pengaturan operator atau tanda koma desimal menjadi titik agar sesuai dengan aturan penulisan di Indonesia agar rumus yang kita masukkan nanti tidak mengalami eror, cara ini juga dapat membantu Anda dalam membuat format uang karena mereka akan secara otomatis berubah.

Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik di Microsoft Excel

Cara Mengubah Tanda Koma menjadi Titik

Silahkan buka aplikasi Excel di komputer Anda, disini saya menggunakan Microsoft Excel 2013 apabila Anda menggunakan versi yang lama seperti 2007 atau yang terbaru 2016 silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda.

1. Pada tampilan awal lembar kerja Excel pilih menu FILE kemudian pilih Options, untuk pengguna Excel 2007 pilih Office Button lalu pilih Excel Options. Maka akan muncul dialog pengaturan Excel seperti gambar dibawah.

2. Pilih Advanced kemudian pada pilihan editing options hilangkan centang pada Use system separators, ubah Decimal separator menjadi (,) koma terus bagian Thousand separator ubah menjadi (.) titik jika sudah pilih OK.

Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik di Microsoft Excel

Untuk mengetesnya Anda bisa membuat format uang menggunakan fitur yang tersedia di Excel nanti akan terlihat perubahannya dimana tanda pemisah ribuan menjadi titik (.) sedangkan pemisah desimal menjadi (,). Contohnya seperti gambar dibawah ini, perhatikan tanda pemisahnya.

Mengubah Tanda Koma Menjadi Titik di Microsoft Excel

Apabila Anda sudah melakukan pengaturan seperti diatas bukan hanya sebagai tanda pemisah format uang saja tetapi ini berlaku pada penulisan angka apapun, Excel secara otomatis akan mengartikan tanda titik (.) sebagai pemisah angka ribuah dan tanda koma (,) pemisah angka desimal. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.