Cara Praktis Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word

8/13/2017
Bagi Anda seorang mahasiswa atau pelajar mungkin pernah diberi tugas oleh guru pembimbing untuk membuat karya tulis seperti cerpen, cerita, atau puisi dengan jumlah kata yang telah ditentukan, hal ini bertujuan agar karya yang dihasilkan isinya lebih lengkap dan jelas.

Misalnya Anda ditugaskan untuk membuat karya ilmiah seperti makalah atau skripsi, jumlah kata pada karya yang Anda buat minimal harus berisi 5000 kata atau lebih, tentu saja Anda tidak mungkin menghitungnya satu per satu bukan? Selain membutuhkan banyak waktu kesalahan dalam menghitung jumlah kata pada karya yang Anda buat kemungkinan bisa terjadi.

Mungkin tidak banyak yang tau bahwa dalam aplikasi Microsoft Word tersedia fitur yang dapat menghitung jumlah kata secara akurat lho, tidak hanya jumlah kata saja tetapi jumlah karakter, paragraf, dan baris yang kita buat bisa dihitung menggunakan fitur ini secara akurat.

Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan caranya dengan lengkap agar Anda bisa memahaminya dengan jelas, pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila Anda menggunakan versi lama seperti 2007 dan 2010, atau versi terbaru 2016 tidak perlu khawatir karena caranya sama saja. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word

Pastikan Anda sudah membuat tulisan di lembar kerja Microsoft Word atau jika hanya ingin sekedar mengetes fitur ini silahkan buat tulisan apa saja sebanyak-banyaknya. Jika sudah ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan halaman kerja pilih tombol Words yang ada dibagian pojok kiri bawah atau Anda juga bisa menggunakan menu PREVIEW kemudian pilih Word Count.

Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Microsoft Word

2. Setelah itu maka akan muncul dialog Word Count disana terpampang tidak hanya jumlah kata saja.
  • Pages: jumlah halaman
  • Words: jumlah kata
  • Characters (no space): jumlah huruf atau karakter tanpa spasi (spasi tidak dihitung)
  • Characters (with space): jumlah huruf atau karakter dengan spasi (spasi dihitung)
  • Paragraphs: jumlah paragraf
  • Line: jumlah baris

Untuk bagian Include textboxes, footnotes and endnotes, apabila Anda mencentang bagian ini maka textboxes, footnotes dan endnotes yang ada pada lembar kerja akan dihitung jika tidak ingin bagian ini dihitung hilangkan centang pada bagian tersebut.

Cara diatas yaitu untuk menghitung seluruh bagian lembar kerja yang sedang Anda buka, jika Anda ingin menghitung kata pada paragraf tertentu saja blok terlebih dahulu paragraf yang ingin dihitung kemudian ikuti langkah pertama seperti diatas.

Dengan menggunakan cara yang cukup cepat ini Anda tidak perlu menghitung satu per satu lagi yang tentunya lebih ribet dan menyita banyak waktu. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.