Cara Membuat Teks Drop Cap di Microsoft Word

8/12/2017
Drop Cap merupakan gaya penulisan yang digunakan untuk membuat huruf menjadi lebih besar daripada huruf yang lainnya huruf tersebut juga akan tampak lebih tebal huruf ini biasanya diletakkan di awal paragraf.

Jika Anda sering membaca koran, buku, atau majalah pasti sering menemukan penulisan semacam ini karena di sanalah gaya penulisan Drop Cap sering digunakan, dengan memberikan gaya penulisan seperti ini buku akan terlihat lebih rapi dan tidak membuat mata para pembaca bosan.

Oleh karena itu jika Anda ingin membuat buku atau majalah, penulisan Drop Cap bisa Anda sertakan agar hasilnya dapat dapat dibaca lebih nyaman oleh para pembaca. Sebetulnya cara membuat Drop Cap itu sangatlah mudah karena kita hanya butuh beberapa langkah saja Drop Cap pun sudah menempel pada lembar kerja Microsoft Word.

Selain untuk majalah, buku, dan koran Anda juga bisa menggunakan gaya penulisan ini untuk karya tulis seperti cerpen, puisi, atau yang lainnya. Bagi Anda yang belum tau cara membuatnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Membuat Teks Drop Cap di Microsoft Word

Cara Membuat Drop Cap di Microsoft Word

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila Anda menggunakan versi yang berbeda seperti 2007 atau 2010 silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda. Pastikan Anda telah membuat tulisan yang ingin diberi Drop Cap, agar kita lebih mudah untuk menerapkannya.

1. Letakkan kursor pada paragraf yang ingin diberikan gaya penulisan Drop Cap pada bagian INSERT pilih Drop Cap maka akan muncul beberapa pilihan yang paling sering digunakan yaitu Dropped.

Membuat Teks Drop Cap di Microsoft Word

Pada menu Drop Cap terdapat beberapa pilihan yaitu:
  • None: tanpa efek drop cap atau untuk menghilangkan efek drop cap.
  • Dropped: memberikan efek drop cap tetapi huruf yang diberi efek akan sejajar dengan paragraf dibawahnya. 
  • In Margin: memberikan efek drop cap tetapi huruf yang diberi efek akan berada di bagian margin alias menjorok ke sebelah kiri dan tidak sejajar dengan paragraf yang lain.

Jika Anda ingin mengaturnya lebih lanjut silahkan pilih Drop Cap Options disana Anda dapat mengatur jenis huruf, ukuran huruf, hingga jarak huruf drop cap dengan huruf selanjutnya. Silahkan disesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu Anda.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.