Cara Praktis Membuat Format Mata Uang Rupiah (Rp) di Microsoft Excel

8/11/2017
Apabila Anda menggunakan Microsoft Excel untuk keperluan mencatat atau menghitung data keuangan tentu saja membuat format uang menjadi format rupiah (Rp) mata uang Indonesia ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pencatatan data keuangan.

Secara default Microsoft Office akan menggunakan format mata uang dolar ($) tidak otomatis menjadi rupiah (Rp) untuk itu Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Meskipun terdengar sepele mengatur format uang menjadi sangat penting karena apabila kita menggunakan rumus yang berhubungan dengan sel berisi format uang hasil dari rumus tersebut seringkali tidak bekerja dengan baik alias eror.

Apalagi jika kita menulis nominal uang dalam jumlah yang banyak misalnya jutaan rupiah, dengan menggunakan fitur format uang yang tersedia di Excel kita tidak perlu menambahkan pemisah titik (.) setiap tiga angka karena secara otomatis tanda pemisah akan muncul dengan sendirinya.

Bagi Anda yang baru belajar Excel mungkin akan merasa kesulitan dalam mengaturnya, tetapi jangan khawatir karena disini saya akan membagikan tutorialnya secara lengkap agar mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Membuat Format Mata Uang Rupiah di Excel

Cara Membuat Format Mata Uang Rupiah di Excel

Sebelum memulai pastikan Anda telah membuat data yang berisi uang atau Anda bisa membuat halaman baru sebagai latihan agar tidak merusak data yang sudah jadi ketika mengalami kegagalan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Misalnya disini saya membuat tabel yang berisi data gaji karyawan di mana format penulisannya masih belum lengkap tidak ada Rp atau pun tanda pemisah. Nah untuk mengubahnya blok semua sel yang berisi nominal uang kemudian klik kanan pada bagian yang telah di blok kemudian pilih Format Cells...

Membuat Format Mata Uang Rupiah di Excel

2. Setelah itu maka akan muncul dialog Format Cells pada bagian Number pilih Currency atau Accounting kemudian ubah Symbol menjadi Rp Indonesia jika sudah pilih OK.

Membuat Format Mata Uang Rupiah di Excel

Jika sudah maka akan berubah secara otomatis penulisannya menjadi rupiah. Lalu apa perbedaan antara Currency dengan Accounting?

Membuat Format Mata Uang Rupiah di Excel

Perhatikan gambar diatas, apabila Anda menggunakan Currency maka tulisan mata uang pada sel tidak rata tetapi mengikuti tulisan nominal yang telah Anda buat simbol Rp akan berada tepa di samping digit pertama, sedangkan jika Anda menggunakan Accounting maka simbol Rp akan berada dibagian kiri sel dan nominal berada dibagian kanan sel.

Perhatikan tanda pemisah angka ribuan dan desimal gambar diatas, apabila belum dilakukan pengaturan sesuai aturan penulisan di Indonesia maka akan tampak seperti gambar diatas yaitu menggunakan aturan penulisan mata uang luar negeri dimana tanda pemisah ribuan yaitu menggunakan koma (,), apabila Anda ingin mengubahnya sesuai aturan penulisan di Indonesia silahkan simak cara mengubah tanda koma menjadi titik.

Jadi perbedaannya hanya pada bagian letak simbolnya saja, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.