Cara Membuat Siaran Langsung di Instagram dengan Mudah tanpa Ribet

8/31/2017
Kehadiran fitur siaran langsung atau live streaming di Instagram membuat para penggunanya semakin bebas untuk merekam berbagai aktivitas secara langsung karena dengan adanya fitur ini kita bisa merekam secara live berbagai kisah menarik dan menyajikannya kepada para pengikut yang kita miliki di Instagram.

Awalnya fitur ini memang hanya tersedia di beberapa negara barat saja tetapi pada awal tahun 2017 lalu Instagram secara bertahap mulai menyediakan untuk beberapa pengguna dan sekarang fitur ini sudah bisa digunakan oleh para pengguna Instagram di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Fitur live streaming yang dihadirkan memang tidak jauh beda dengan beberapa aplikasi lain seperti Facebook live ataupun Bigo Live tetapi tentu saja masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sayangnya untuk saat ini fitur siaran langsung Instagram tidak bisa menyimpan video hasil siaran langsung yang telah kita buat seperti Facebook Live, karena jika kita melakukan siaran langsung di Facebook video hasil siaran langsung yang kita buat secara otomatis akan tersimpan di akun Facebook yang kita gunakan layaknya membuat status Facebook video tersebut akan muncul di kronologi.

Tetapi beda ceritanya kalau di Instagram video yang kita buat secara otomatis akan hilang dalam waktu 24 jam setelah Kamu melakukan siaran langsung, tetapi baru-baru ini Instagram telah menyediakan fitur yang dapat Kamu gunakan untuk menyimpan video ke penyimpanan perangkat smartphone meskipun tidak muncul di timeline tentu saja fitur ini sangat membantu mengabadikan momen siaran langsung yang telah Kamu buat.

Selain itu Kamu juga tidak bisa melakukan siaran langsung secara terus menerus karena Instagram hanya mengizinkan penggunanya melakukan siaran langsung selama 60 menit saja, namun jika dirasa waktu tersebut kurang tentunya Kamu bisa membuatnya lagi video siaran langsung yang baru.

Tidak menutup kemungkinan beberapa fitur yang dirasa kurang efektif mungkin akan dibenahi lagi untuk memanjakan penggunanya. Meskipun demikian Kamu juga harus mencoba sensasi live di Instagram karena banyak sekali fitur-fitur yang tak dimiliki oleh aplikasi lain.

Cara Membuat Siaran Langsung di Instagram

Bagaimana Cara Melakukan Siaran Langsung (Live) di Instagram?

Sebetulnya caranya sama saja dengan aplikasi live pada umumnya, tetapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu aplikasi Instagram yang Kamu gunakan di smartphone Android atau IOS telah diperbarui ke versi yang terbaru karena hanya Instagram versi 10.0 ke atas yang sudah disediakan fitur siaran langsung.

Jika Instagram yang Kamu gunakan masih dibawah versi 10.0 tentu saja fitur live ini tidak akan muncul, oleh karena itu silahkan perbarui terlebih dahulu jika sudah silahkan simak langkah-langkah untuk melakukan siaran langsung di Instagram berikut ini.

1. Silahkan masuk terlebih dahulu menggunakan akun Instagram yang Kamu miliki melalui aplikasi Instagram di smartphone, jika sudah masuk pilih ikon kamera yang berada di pojok kiri untuk masuk ke fitur siaran langsung atau bisa juga dengan cara swipe layar ke kanan.

cara siaran langsung di instagram

2. Selanjutnya Kamu akan masuk ke pengaturan kamera seperti gambar dibawah pilih tombol LANGSUNG kemudian pilih Mulai Siaran Langsung, sebelum memulai live Instagram akan memeriksa koneksi internet terlebih dahulu pastikan koneksi internet yang Kamu gunakan stabil, lalu akan muncul hitungan mundur dari 3 sampai 1 hingga muncul tulisan "Sekarang Anda melakukan siaran langsung".

cara siaran langsung di instagram

3. Jika tampilannya sudah tampak seperti gambar dibawah ada ikon LANGSUNG (LIVE) itu artinya Kamu sedang melakukan siaran langsung silahkan bagikan momen menarik kepada para pengikut Kamu di Instagram.

cara siaran langsung di instagram

Semua pengikut yang Kamu miliki di Instagram secara otomatis akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa Kamu sedang melakukan Siaran Langsung.

Selanjutnya Kamu bisa melihat jumlah penonton di bagian tulisan LANGSUNG atau LIVE di pojok kanan atas atau Kamu juga bisa melihat lama waktu siaran langsung dengan cara menekan tombol LANGSUNG atau LIVE.

Selain itu disana juga terdapat kolom komentar yang bisa Kamu gunakan untuk membalas komentar orang yang sedang menyaksikan, jika tidak ingin dikomentari oleh orang-orang yang melihat Kamu bisa menekan ikon titik tiga ( ፧ ) dipojok kanan bawah kemudian pilih matikan komentar.

Cara Mengakhiri Siaran Langsung (Live) Instagram

Apabila Kamu ingin mengakhiri siaran langsung caranya juga sangat mudah, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Silahkan pilih tombol Selesai kemudian pilih Akhiri Video Siaran Langsung selanjutnya perhatikan pada gambar ketiga.

cara siaran langsung di instagram

Pada gambar diatas paling kanan terdapat beberapa pilihan disana terdapat tombol Simpan fungsinya yaitu untuk menyimpan video siaran langsung ke memory smartphone yang Kamu gunakan. Kemudian dibagian bawahnya terdapat ikon berwarna biru.

Apabila ikon tersebut dimatikan maka video siaran langsung yang telah Kamu buat tidak akan tampil di timeline alias dihapus, tetapi jika Kamu nyalakan berwarna biru maka tampil di timeline selama 24 jam lalu pilih Hapus jika ingin di hapus atau pilih Bagikan jika ingin dibagikan.

Bagaimana mudah bukan? Silahkan gunakan fitur siaran langsung ini untuk keperluan positif misalnya berbagi hal yang unik di sela-sela aktivitas atau bisa juga menghibur orang lain dengan kemampuan yang Kamu miliki.

Jika video siaran langsung yang Kamu buat menghibur dan disukai banyak orang tentu saja ini juga menjadi salah satu cara untuk menambah followers Instagram Kamu. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.