Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil atau Sebaliknya di Excel

8/06/2017
Seringkali pada saat membuat data di Excel kita lupa tidak memperhatikan kapitalisasi kata-kata yang telah dibuat padahal data tersebut sangatlah banyak sehingga tidak mungkin membuatnya dari awal, jika kita membuatnya di Microsoft Word kita akan lebih mudah mengatur huruf besar atau kapital ke huruf kecil atau sebaliknya karena di Word ada fitur khusus yang dapat kita gunakan.

Berbeda dengan Word, di Microsoft Excel tidak tersedia menu yang dapat mengubah kapitalisasi huruf, namun kita bisa mengubahnya menggunakan rumus khusus untuk menyesuaikan kapitalisasinya. Ada tiga rumus yang bisa anda gunakan, diantaranya adalah dapat mengubah huruf kapital menjadi kecil semua atau dari huruf kecil menjadi kapital semua.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila Anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010 atau yang terbaru 2016, jangan khawatir karena caranya sama saja dengan versi yang saya gunakan. Mari kita mulai

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf di Microsoft Excel

Ada tiga rumus yang bisa anda gunakan dimana masing-masing rumus memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam mengatur kapitalisasi huruf yang ingin diubah, antara lain:
  • UPPER: untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital atau besar semua.
  • LOWER: untuk mengubah huruf menjadi huruf kecil semua.
  • PROPER: untuk mengubah huruf pada awal kata menjadi huruf besar.

Supaya tidak bingung saya akan membaginya menjadi tiga bagian, kita mulai dari yang pertama.

1. Mengubah Huruf Kecil menjadi Huruf Kapital

Untuk merubahnya kita akan menggunakan rumus UPPER silahkan simak langka-langkahnya berikut ini.

1. Buat data seperti gambar dibawah, misalnya saya ingin mengubah nama aldi maldini menjadi huruf besar semua. Tulis rumus =UPPER(A2) pada sel B2 kemudian enter maka namanya akan muncul menjadi huruf kapital semua.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

2. Untuk nama-nama selanjutnya anda tidak perlu menulis rumus satu per satu, klik sel ALDI MALDINI kemudian arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah sel maka akan muncul tanda plus + atau fill handle kemudian tarik ke bawah sesuai dengan data pada kolom nama maka akan otomatis berubah dengan sendirinya.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

2. Mengubah Huruf Kapital menjadi Huruf Kecil

Sebetulnya caranya sama saja seperti cara pertama Anda hanya mengubah rumusnya saja menjadi LOWER, tetapi agar dapat mudah dipahami saya akan menjelaskannya mulai dari awal.

1. Untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil tulis rumus =LOWER(A2) pada sel B2 seperti gambar dibawah kemudian enter.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

2. Maka hasilnya akan berubah menjadi huruf kecil, tarik fill handle sesuai dengan sel daftar nama. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

3. Mengubah Huruf Awal Kata menjadi Besar

Bagian terakhir kita akan mengubah huruf pada awal kata menjadi besar yaitu menggunakan rumus PROPER, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Misalnya saya akan mengubah daftar nama dari yang tadinya huruf kapital semua menjadi huruf kapital hanya pada awal kata saja, tulis rumus =PROPER(A2) pada sel B2 kemudian enter.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

2. Maka akan muncul nama dengan dengan diawali huruf kapital pada setiap katanya, tarif fill handle sesuai dengan sell nama yang ingin diubah. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara Merubah Huruf Kapital menjadi Kecil

Itulah tiga rumus yang bisa anda gunakan untuk mengubah kapitalisasi huruf pada lembar kerja Microsoft Excel, apabila anda ingin memindahkan hasilnya pada kolom tertentu tinggal copy saja kemudian paste pada kolom yang telah ditentukan.

Sebetulnya banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil atau sebaliknya salah satunya adalah memindahkan data dari Excel ke Word terlebih dahulu kemudian ubah kapitalisasinya jika sudah sesuai maka pindahkan lagi ke Excel atau anda juga bisa menggunakan rumus yang telah saya jelaskan diatas. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.