Cara Menyimpan File di Google Drive agar Bisa di Download oleh Orang Lain

8/15/2017
Apakah Anda pernah mengalami kehilangan file penting entah itu terhapus ataupun hilang entah kemana, tentu hal ini sangat membuat kita jengkel bukan? Apalagi jika file yang hilang merupakan file penting yang sangat diperlukan misalnya surat-surat yang berkaitan dengan pekerjaan atau yang lainnya.

Ada baiknya file-file tersebut di simpan ditempat penyimpanan Cloud internet yang terjamin keamanannya supaya ketika file atau folder yang disimpan di penyimpanan perangkat komputer atau Android hilang Anda masih bisa menggunakan cadangan yang Ada di penyimpanan Cloud.

Ada banyak sekali penyimpanan Cloud di internet yang bisa Anda gunakan secara gratis, tetapi yang paling populer dan sering digunakan adalah Google Drive. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan produk dari Google yang satu ini tetapi tak bisa dipungkiri masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara menyimpan file di Google Drive.

Padahal banyak sekali keuntungan yang didapatkan salah satunya kemudahan dalam mengakses data. Misalnya Anda memiliki tugas kuliah, kemudian Anda upload file tersebut ke Google Drive maka file tersebut bisa di akses di mana saja dan kapan saja asalkan perangkat yang Anda gunakan memiliki akses internet.

Tidak hanya itu saja berbagai macam jenis file bisa Anda upload ke Google Drive mulai dari file dokumen seperti Microsoft Office, musik, foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya semua file yang ada saat ini bisa di upload ke Google Drive.

Tetapi satu akun Google hanya bisa menyimpan file sebesar 15GB saja jika Anda ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar Anda bisa membeli paket penyimpanan yang tersedia disana.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Bagaimana Cara Menyimpan File dan Folder di Google Drive ?

Caranya sang mudah sekali hampir sama dengan proses upload seperti pada umumnya pada panduan kali ini saya menggunakan perangkat komputer bagi Anda yang menggunakan Android bisa juga mengikuti cara ini dengan menggunakan browser.

Pastikan Anda telah memiliki Akun Google atau Gmail karena jika tidak Anda tidak akan bisa menggunakannya silahkan buat terlebih dahulu, jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Buka halaman Google Drive kemudian pilih Kunjungi Google Drive jika Anda belum login menggunakan akun Google maka Anda akan diarahkan ke halaman login silahkan login terlebih dahulu.

1. Cara Upload Folder

Untuk Anda yang ingin mengupload langsung folder di perangkat komputer atau Android yang berisi file bisa langsung memilih Upload Folder tidak perlu mengupload satu per satu file, tetapi pada beberapa kasus biasanya tombol Upload Folder tidak tampil, jika Anda mengalami masalah seperti ini gunakan browser Google Chrome yang sudah di update ke versi terbaru.

1. Jika sudah masuk ke halaman Google Drive pilih BARU kemudian pilih Upload Folder.

Cara Menyimpan File di Google Drive

2. Maka akan muncul dialog Browse for Folder, silahkan cari folder yang ingin di unggah sebagai contoh disini saya memilih folder Berkas kemudian pilih OK.

Cara Menyimpan File di Google Drive

3. Tunggu proses upload hingga selesai semakin besar ukurannya maka akan semakin lama pula prosesnya bisa dilihat disebelah pojok kanan bawah, jika sudah selesai maka akan muncul Folder yang Anda unggah pada bagian Folder, seperti gambar dibawah.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Sampai disini Anda sudah berhasil mengunggah folder ke Google Drive apabila ingin mengunggah folder lain Anda bisa mengulangi cara diatas mulai dari awal.

2. Cara Upload File

Sebetulnya caranya hampir sama dengan cara diatas, tetapi agar Anda tidak kebingungan akan saya jelaskan langkah-langkahnya. Disini kita bisa mengupload jenis file seperti file musik, foto, video, dokumen, secara langsung. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan awal Google Drive pilih BARU kemudian pilih Upload File.

Cara Menyimpan File di Google Drive

2. Kemudian cari dimana lokasi file yang ingin di unggah, misalnya disini saya ingin mengunggah gambar file gambar pilih kemudian Open. Sebetulnya Anda juga bisa mengunggah langsung lebih dari satu file blok saja semau file yang ingin diunggah kemudian Open.

Cara Menyimpan File di Google Drive

3. Tunggu proses upload hingga selesai, maka file yang Anda unggah akan muncul dibagian file.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Jika Anda perhatikan pada tampilan halaman Google Drive bagian Folder dan File akan terpisah dimana pada bagian atas untuk Folder sedangkan pada bagian bawah untuk berbagai macam jenis file.

Tentu saja hal ini juga dapat membuat Anda bingung jika file yang Anda unggah cukup banyak, tetapi ada cara yang dapat mempermudah yaitu memasukkan file ke dalam folder tertentu sesuai dengan kategori file.

Oleh karena itu silahkan simak panduan ketiga...

3. Cara Membuat Folder

Setelah Anda berhasil mengunggah file dan folder sekarang kita belajar membuat folder langsung di Google Drive, ini dapat mempermudah Anda untuk mencari file-file tertentu misalnya Anda punya berbagai macam jenis file dokumen yang telah di unggah ke Google Drive, kita bisa membuat folder didalam folder tersebut.

Misalnya kita membuat folder "Dokumen" didalam folder dokumen kita bisa membuat folder baru alias subfolder misalnya folder dokumen tugas dan kantor. Begini cara membuatnya...

1. Pada tampilan awal pilih BARU kemudian pilih Folder isi nama folder sesuai dengan keinginan kemudian pilih BUAT.

Cara Menyimpan File di Google Drive

2. Untuk menambahkan subfolder masuk ke folder yang ingin ditambahkan subfolder kemudian ikuti langkah pertama untuk membuat folder baru. Selesai...

Bagaimana jika saya ingin memindahkan file atau folder ke folder tertentu? Caranya klik kanan pada folder atau file kemudian pilih opsi Pindahkan ke... (Move to...) lalu pilih foldernya pilih PINDAHKAN.

Atau jika ingin lebih cepat bisa dengan cara drag file kemudian arahkan ke folder yang dituju, secara otomatis file akan berpindah ke folder tersebut.

Mengatur Hak Akses File dan Folder Google Drive

Setelah file sukses di upload mungkin akan muncul pertanyaan di benak Anda bagaimana caranya supaya file tersebut bisa diakses oleh teman Anda, kita perlu mengatur hak akses terlebih dahulu karena secara default file atau folder yang Anda unggah hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri.

1. Klik kanan pada file atau folder yang ingin dibagikan kemudian pilih Bagikan maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah, pilih tombol Lanjutan yang terletak di bagian pojok kanan bawah.

Cara Menyimpan File di Google Drive

2. Setelah itu akan muncul pengaturan berbagi tautan seperti gambar dibawah, berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan.

Aktif - Publik di Web: file tersebut dapat dilihat dan di download oleh orang lain di internet.
Aktif - Siapa saja yang memiliki tautan: file tersebut hanya dapat dilihat oleh orang yang memiliki link menuju file tersebut.
Nonaktif - Orang tertentu: hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat file tersebut.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Dari ketiga opsi diatas yang paling sering digunakan adalah "Aktif - Siapa saja yang memiliki tautan" dengan memilih opsi ini file tersebut bisa dilihat dan di unduh oleh orang yang memiliki link menuju file tersebut.

Anda juga bisa mengatur orang tersebut apakah hanya bisa melihat dan bisa mengunduh atau bisa juga melakukan pengeditan. Caranya pada bagian Akses: Siapa saja (tidak wajib masuk ke sistem) pilih salah satu opsi yang Anda inginkan jika orang orang tersebut di izinkan untuk mengedit pilih dapat mengedit.

Jika salah satu opsi telah ditentukan pilih Simpan.

3. Selanjutnya copy link tautan berbagi kemudian pilih Selesai. Link inilah yang nantinya Anda bagikan kepada teman Anda agar file tersebut bisa dibuka ataupun di download.

Cara Menyimpan File di Google Drive

4. Sampai disini Anda sudah selesai mengatur hak akses file.

Bagaimana jika saya ingin membagikan file atau folder tersebut ke orang-orang tertentu saja?

Ikuti langkah pertama seperti diatas, perhatikan langkah ke-2. Apabila Anda ingin membagikannya kepada orang-orang tertentu pilih Nonaktif - Orang tertentu lalu Simpan, pada langkah ketiga jangan mengcopy file tetapi pada bagian Undang orang tulisan semua alamat email orang yang ingin diundang.

Email orang yang diundang harus menggunakan email Gmail tidak boleh menggunakan email lain, jika sudah jangan lupa centang Beri tahu orang atau bisa juga sambil menambahkan pesan agar pemberitahuan undangan Anda masuk ke email orang-orang yang diundang, jika sudah pilih Kirim.

Jika proses pengiriman sudah selesai pilih Selesai.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan agar file yang ada di Google Drive Anda bisa didownload oleh orang lain, caranya mungkin agak sedikit ribet tetapi sedikit-sedikit nanti juga pasti paham sendiri.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu memecahkan masalah Anda, apabila masih merasa kebingungan silahkan tulis pertanyaan Anda dikolom komentar, nanti saya bantu 😀 .
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
6/13/2018 delete

Ternyata banyak sekali manfaat dari google Drive salasatunya biasa upload dan download oleh orang lain pada blog. Terima kasih banyak.

Reply
avatar

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.