Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word, Mudah dan Gak Ribet

8/07/2017
Beberapa hari yang lalu ada salah seorang teman saya yang bekerja sebagai guru di sekolah madrasah merasa kesulitan untuk membuat tulisan huruf arab menggunakan aplikasi Microsoft Word memang untuk membuat tulisan arab kita perlu mengaktifkan beberapa fitur yang tersedia di Windows jika tidak diaktifkan maka kita tidak bisa menulisnya.

Secara default bahasa yang digunakan pada perangkat komputer termasuk software Microsoft Office menggunakan bahasa Inggris, jadi tidak heran jika banyak orang yang merasa kesulitan ketika ingin menulis dokumen menggunakan huruf arab.

Sebetulnya jika Anda hanya ingin memasukkan ayat Al-Qur'an Anda bisa mengcopy paste melalui situs online Al-Qur'an yang banyak tersedia di internet atau bisa juga menggunakan Add-ins, namun cara tersebut tidak bisa digunakan jika kita ingin membuat kalimat-kalimat bahasa arab contohnya percakapan dalam bahasa Arab atau ingin menulis hadits.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan panduannya mulai dari mengaktifkan beberapa fitur yang diperlukan hingga semua ketikan yang anda tulis berubah menjadi bahasa arab.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Saya akan membaginya menjadi beberapa bagian agar Anda tidak kebinguan pada saat mengikuti panduan ini. Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2013 dan Windows yang saya gunakan adalah Windows 8.1.

Apabila Microsoft Word yang anda gunakan berbeda dengan versi yang saya gunakan atau OS Windows yang digunakan berbeda, jangan khawatir karena caranya tidak jauh beda dan ini bisa dilakukan pada semua komputer hanya saja letak menunya berbeda pada masing-masing versi yang digunakan.

1. Mengaktifkan Keyboard Arab

Sebelum mengetik tulisan di Word Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu keyboard khusus bahasa Arab yang telah tersedia di komputer. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan awal Windows klik kanan di ikon Windows atau Start kemudian pilih Control Panel.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

2. Maka akan muncul dialog Control Panel pada bagian Clock, Language, and Region pilih Change input methods.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

3. Maka akan muncul bahasa yang telah diaktifkan biasanya terdapat bahasa Indonesia dan Inggris untuk menambahkan bahasa arab klik Add a language kemudian pilih Arabic lalu Open disana terdapat beberapa pilihan silahkan pilih Arabic (United Arab Emirates).

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Jika sudah ditambahkan maka akan muncul bahasa arab seperti gambar di atas. untuk pengguna Windows 7 dan 10 saya akan memberikan langkah-langkahnya secara singkat mulai dari awal.

Windows 7: pada tampilan awal Windows pilih Start pilih Control Panel pilih Clock, Language and Regional pilih Change Keyboard pilih tombol Add kemudian cari Arabic (Arab Saudi) pilih Keyboard terakhir pilih Arabic (101), pilih OK semua.

Windows 10: masuk ke pengaturan pilih Speech, region, date pilih Language pilih Add a language lalu tulis pada kolom pencarian Arabic (United Arab Emirates) apabila muncul pilih bahasa tersebut.

Apabila keyboard bahasa arab telah diaktifkan, terlebih dahulu kita harus menggantinya dari keyboard Inggris ke keyboar Arab yang telah dimasukkan tadi, caranya pada bagian taskbar yang terletak di pojok kanan bawah pilih ENG kemudian ubah menjadi Arabic.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

2. Mulai Menulis Huruf Arab di Microsoft Word

Pada langkah ini Anda sudah bisa mengetik huruf Arab menggunakan keyboard pada lembar kerja Microsoft Word. Tetapi yang jadi masalah apakah keyboard komputer yang Anda gunakan ada huruf-huruf Arab-nya, jika tidak ada tentu saja ini akan membuat kita bingung bukan?

Memang tidak semua keyboard komputer terdapat cetakan huruf Arab seperti alfabet. Tetapi Anda jangan khawatir karena kita bisa menggunakan bantuan On-Screen Keyboard. Begini cara mengaktifkannya.

1. Silahkan buka terlebih dahulu Micorosoft Word yang anda miliki kemudian klik Start Program atau ikon Windows yang terletak di pojok kiri bawah kemudian tulis pada kolom pencarian On-Screen Keyboard jika muncul pilih aplikasi tersebut, maka akan muncul keyboard seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Silahkan tulis huruf arab yang ingin anda tulis, apabila sudah hafal semua dengan letak masing-masing huruf sebetulnya anda juga bisa langsung menggunakan keyboard yang ada pada komputer. Tetapi jika masih belum hafal gunakan saja On-Screen Keyboard untuk mempermudah penulisan.

Namun ada yang masih kurang karena tulisan tersebut tidak memiliki harakat pada setiap hurufnya, bagaimana cara menambahkan harakat? silahkan simak pada bagian ke tiga.

3. Cara Menambahkan Harakat

Agar pemberian harakat berjalana dengan baik, pastikan jenis font yang anda gunakan adalah Arabic Typesetting, untuk mengubahnya silahkan blok huruf Arab yang telah anda buat kemudian pilih menu HOME lalu ubah jenis hurufnya menjadi Arabic Typesetting.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Karena kita menggunakan huruf Arab maka tulisan yang kita buat tidak dilengkapi dengan harakat alias Arab gundul, untuk menambahkan harakat anda bisa dengan menekan tombol Shift pada keyboard maka akan muncul beberapa harakat yang bisa anda gunakan, atau jika ingin lebih cepat Anda juga bisa menggunakan tombol shortcut dibawah ini.
  • Shift + ~ : Tasdid
  • Shift + S : Kasrah Tanwin
  • Shift + R : Dammah Tanwin
  • Shift + W : Fathah Tanwin
  • Shift + X : Sukun
  • Shift + A : Kasrah
  • Shift + E : Dammah
  • Shift + Q : Fathah

Itulah beberapa harakat yang bisa anda gunakan untuk melengkapi harakat pada masing-masing huruf, apabila dirasa masih belum lengkap Anda bisa membuatnya menggunakan symbol yang telah tersedia di Word

Caranya pilih menu INSERT pilih Symbol lalu pilih More Symbols... maka akan muncul dialog kumpulan symbol, ubah font menjadi Arabic Typesetting dan Subset menjadi Arabic pilih harakat yang ingin digunakan kemudian pilih Insert jika sudah close.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Pemberian harakat dilakukan setelah mengetik huruf, atau bisa juga dengan meletakkan kursor di depan huruf yang ingin diberi harakat.

Untuk memberikan harakat memang agak ribet karena kita perlu memberikan satu per satu harakat pada setiap huruf secara manual, tetapi jika anda sudah hafal shotcut keyboard harakat dan letak-letak huruf arab tentu saja akan lebih cepat.

4. Cara Membuat Angka Arab

Meskipun kita telah mengatur bahasa dan keyboard ke dalam bahasa Arab untuk menulis atau membuat angka Arab diperlukan pengaturan khusus karena disana tidak tersedia secara otomatis jika Anda menekan tombol angka pada keyboard maka yang muncul adalah angka biasa yang sering kita gunakan.

Oleh karena itu silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini, agar angka Arab yang kita butuhkan bisa muncul pada lembar kerja Microsoft Word.

1. Pada tampilan lembar kerja Microsoft Word pilih ikon panah kecil di pojok kiri atas alias tombol Costumize Quick Access Toolbar maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih More Commands.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

2. Scroll ke bawah nanti ada pengaturan Sho document content atur Numeral menjadi Context jika sudah pilih OK.

Cara Membuat Tulisan Huruf Arab di Microsoft Word

Silahkan tulis nomor yang ingin anda masukkan dengan cara menekan tombol nomor pada keyboard nanti secara otomatis akan muncul angka Arab.

Saya rasa langkah-langkah diatas sudah sangat jelas dan sudah sangat mudah untuk dipahami, agar tidak kebingungan ikuti langkah-langkah di atas sambil dipraktikkan.

Bagi Anda yang hanya ingin memasukkan ayat-ayat Al-Qur'an Anda tidak perlu ribet mengetik satu per satu huruf menggunakan cara ini karena ada cara yang lebih cepat dan lebih mudah, silahkan simak cara memasukkan ayat Al-Qur'an ke Word.

Demikian artikel kali ini semoga artikel kali ini bisa membantu Anda yang sedang kebingungan untuk membuat tulisan Arab di Microsoft Word. Terimakasih.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.