Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video di Microsoft Office 2007 dan 2010

8/17/2017
Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi Microsoft Office PowerPoint merupakan software yang paling banyak digunakan untuk membuat presentasi padahal tidak hanya sofware ini saja yang bisa digunakan untuk membuat presentasi banyak sekali software yang bisa digunakan dan di unduh secara gratis namun PowerPoint tetap yang menjadi juara.

Fitur-fitur yang disajikan software ini memang sangat lengkap tidak seperti software presentasi lainnya tidak heran jika software ini menjadi salah satu yang paling populer, dengan menggunakan PowerPoint kita tidak hanya bisa menyajikan dalam bentuk slide saja tetapi kita juga bisa menambahkan video, dan gambar pendukung yang berfungsi untuk melengkapi data pembahasan.

Pada saat presentasi sedang berlangsung untuk memindahkan slide ke slide lain kita perlu menekan tombol tertentu pada keyboard jika tidak ditekan tentunya slide tersebut tidak akan berpindah atau bisa juga dengan mengatur waktu perpindahan secara otomatis setiap slide.

Tetapi ada beberapa orang yang memilih untuk mengubah presentasi tersebut menjadi video karena berbagai alasan entah itu bertujuan agar presentasi menjadi lebih menarik dan ada juga yang mengunggahnya ke tempat berbagi video seperti Youtube ataupun Facebook.

Namun ada kekurangannya jika Anda mengubah presentasi PowerPoint menjadi video tentu saja Anda harus mengatur timing yang tepat, karena jika tidak presentasi bisa berjalan terlalu cepat bisa juga terlalu lambat.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint menjadi Video

Untuk mengubah presentasi PPTX ke video ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, untuk pengguna Microsoft Office 2010 sampai versi yang paling baru Anda tidak perlu menggunakan bantuan software apapun karena untuk versi terbaru sudah ditambahkan fitur convert ke video.

Tetapi untuk pengguna Microsoft Office 2007 atau yang paling lama Anda harus menggunakan bantuan software karena pada versi lama tidak ada fitur yang dapat kita gunakan untuk mengkonversi menjadi file video.

1. Microsoft PowerPoint 2010 sampai Versi Terbaru

Periksa terlebih dahulu file PowerPoint yang ingin diubah apakah ada kesalahan atau tidak, agar Anda tidak perlu lagi mengulang dari awal karena jika sudah menjadi video kita tidak bisa mengeditnya.

Untuk mengantisipasi kesalahan Save terlebih dahulu file asli ke dalam PPTX baru kita lakukan perubahan, pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2013 selebihnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka file presentasi yang ingin diubah kemudian pilih menu FILE.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

2. Setelah masuk ke menu FILE maka akan muncul beberapa menu pilihan pilih Export untuk pengguna PowePoint 2010 pilih Save and Send lalu pilih Create a Video.

Selanjutnya ada beberapa pengaturan convert video pada kolom pertama (panah no.3) untuk mengatur kualitas gambar disana terdapat tiga pilihan yaitu Computer & HD Displays, Internet & DVD, dan Portable Device.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

Jika ingin video yang dihasilkan memiliki gambar yang bagus pilih Computer & HD Displays atau jika sekedar hanya ingin di share ke Youtube pilih saja Internet & DVD.

Selanjutnya pada kolom ke dua ada pengaturan narasi, disana terdapat empat pilihan jika ingin menambahkan narasi pilih Record Timings and Narrations nanti Anda akan diarahkan pada proses perekaman narasi secara langsung sebelum mengkonversi ke dalam video jika dirasa tidak perlu pilih Don't Use Recorded Timings and Narrations.

Pada bagian Seconds spent on each slide berfungsi untuk mengatur waktu perpindahan dari slide ke slide lain, sebagai contoh disini saya mengaturnya menjadi 10.00 jika dirasa sudah pilih Create Video.

3. Kemudian tentukan lokasi penyimpanan video hasilnya nanti masukkan nama kemudian pilih Save.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

4. Tunggu proses konversi hingga selesai bisa dilihat parameternya dibagian bawah lembar kerja PowerPoint, lama proses konversi tergantung kualitas yang Anda pilih dan banyak slide pada file tersebut semakin banyak tentu akan semakin lama tapi saya coba dengan 10 slide kurang lebih prosesnya 1 menit sudah selesai.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

5. Jika proses konversi telah selesai silahkan buka video tersebut menggunakan video player, sebagai contoh disini saya menggunakan aplikasi default bawaan Windows yaitu Windows Media Player.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

2. Microsoft PowerPoint 2007 sampai Versi Lama

Seperti yang telah saya sebutkan diatas untuk pengguna Microsoft PowerPoint 2007 atau versi yang paling lama tidak ada fitur convert ke video, oleh karena itu Anda harus menggunakan software tambahan.

Ada banyak sekali software yang bisa Anda gunakan, kali ini saya akan menggunakan software Movavi PowerPoint to Video Converter dengan memanfaatkan trial 7 untuk mendapatkan versi fullnya Anda bisa membeli seharga $29.95. Silahkan download terlebih dahulu kemudian lakukan instalasi seperti biasa. Jika sudah terpasang ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka software Movavi kemudian pada bagian Presentation files pilih Browse kemudian cari file PowerPoint yang ingin di convert. Untuk bagian Destination Folder yaitu lokasi penyimpanan hasilnya nanti. Selanjutnya pilih Next.

Cara Mengubah Presentasi PowerPoint Menjadi Video

2. Maka Anda akan diarahkan ke pengaturan Presentation settings dan Audio Settings pilih Next saja.

3. Pada pengaturan Convert Settings bagian profile pilih format video yang Anda diinginkan, kemudian pilih Convert!

4. Tunggu proses convert hingga selesai, jika sudah pilih Finish. Silahkan buka file hasil convert menggunakan video player.

Software ini juga bisa Anda gunakan untuk mengkonversi file PowerPoint 2010 atau versi yang paling baru.

Semua data yang terdapat pada file presentasi akan disatukan menjadi video mulai dari audio, gambar, transisi, animasi, dan data lainnya. Jadi sebelum melakukan konversi ada baiknya mengecek terlebih dahulu file yang ingin di convert, pastikan semuanya sudah sesuai. Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.