Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel dengan Cepat

8/16/2017
Bagi Anda yang bekerja sebagai guru terutama guru yang ditugaskan untuk mengelola rekap nilai raport mungkin pernah merasa kesulitan pada saat menghitung nilai rata-rata menggunakan aplikasi Microsoft Excel, padahal nilai rata-rata merupakan salah satu bagian yang sangat penting yang harus disertakan pada raport siswa.

Sebetulnya cara untuk menghitung nilai rata-rata di Microsoft Excel itu sama saja dengan menghitung manual seperti matematika, dimana rumus yang digunakan adalah menjumlahkan semua data kemudian dibagi dengan banyak data. Jika kita menghitungnya secara manual mungkin akan menyita banyak waktu apalagi jika data siswa yang dihitung sangat banyak.

Oleh karena itu seiring perkembangan zaman para guru tidak lagi menghitungnya secara manual mereka sudah beralih menggunakan cara yang lebih modern yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Excel, tentu sangat banyak keuntungan yang didapatkan selain dapat bekerja lebih cepat tetapi juga dapat memperkecil kemungkinan kesalahan dalam perhitungan.

Cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencari nilai rata-rata raport siswa saja tetapi juga bisa digunakan untuk mencari nilai rata-rata data apa saja seperti rata-rata gaji karyawan atau data keuangan yang lainnya.

Bagaimana Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Excel ?

Sebelum Anda mengikuti panduan kali ini ada baiknya buat terlebih dahulu data-data yang ingin dicari nilai rata-ratanya atau Anda juga bisa langsung mempraktikkannya langsung di data Excel yang telah Anda buat. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

Misalnya, pada gambar data diatas saya ingin menghitung nilai rata-rata setiap siswa dan nilai rata-rata masing-masing mata pelajaran, disini kita akan menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitungnnya.

1. Tempatkan kursor pada kolom nilai rata-rata tepatnya pada sel I2 kemudian tulis rumusnya yaitu =AVERAGE(C2:H2) kemudian tekan Enter maka akan muncul hasilnya. C2:H2 merupakan sel yang berisi nilai yang akan dihitung mulai dari sel C2 sampai H2.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

2. Untuk menghitung nilai rata-rata siswa yang lain Anda tidak perlu menggunakan rumus karena jika data siswa banyak tentu akan menyita banyak waktu, cukup dengan menggunakan auto fill caranya pilih sel nilai rata-rata yang telah diketahui kemudian pada sel tersebut tarik titik sebelah kanan bawah ke bagian bawah sampai siswa terakhir. Secara otomatis hasilnya akan muncul.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

3. Jika hasil dari perhitungan muncul dengan banyak angka desimal seperti gambar diatas ada delapan angka di belakang koma, agar yang muncul hanya dua angka saja Anda bisa mengaturnya.

Caranya blok semua nilai rata-rata yang ingin diubah angka desimalnya kemudian pilih Number Format (ikon panah) pada bagian Category pilih Number kemudian atur Decimal places menjadi angka 2 lalu OK.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

4. Selanjutnya kita akan menghitung nilai rata-rata setiap mata pelajaran sebetulnya cara yang digunakan hampir sama dengan cara diatas. Tempatkan kursor di sel C12 kemudian tulis rumus =AVERAGE(C2:C11) kemudian tekan Enter maka akan muncul hasilnya. C2:C11 adalah sel yang akan dihitung mulai dari sel C2 sampai sel C11.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

5. Agar lebih cepat kita tidak perlu menulis ulang rumus pada masing-masing mata pelajaran gunakan saja auto fill, caranya tempatkan kursor pada nilai rata-rata mata pelajaran pertama yang telah dihitung kemudian pada bagian pojok kanan bawah sel ada terdapat titik, tarik titik tersebut sampai ke kolom mata pelajaran terakhir.

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

Selesai, kurang lebih hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini...

Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel

Jika data yang dihitung sedikit mungkin tidak begitu terasa manfaatnya, tetapi jika cara ini diterapkan untuk menghitung data yang jumlahnya banyak tentu saja akan sangat membantu sekali. Biasanya setelah menghitung nilai rata-rata selanjutnya menentukan nilai tertinggi dan terendah pada masing-masing mata pelajaran, silahkan simak panduan mencari nilai tertinggi dan terendah beserta nama pemiliknya.

Cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencari nilai rata-rata raport saja tetapi juga bisa digunakan untuk keperluan lain salah satunya menghitung data keuangan perusahaan dagang atau data keuangan yang lainnya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.