2 Cara Menggunakan WhatsApp di PC dengan Mudah Tanpa Emulator

8/19/2017
Seperti yang telah kita ketahui awalnya aplikasi pesan instan WhatsApp hanya bisa digunakan di perangkat smartphone saja tetapi pada awal tahun 2015 lalu mereka menghadirkan fitur WhatsApp Web yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi WhatsApp di perangkat komputer, laptop, ataupun notebook tentu saja fitur ini sangat membantu para pengguna setia WhatsApp.

Pada awalnya browser yang di izinkan untuk mengakses WhatsApp Web juga sangat terbatas yaitu hanya bisa dijalankan pada Google Chrome saja tetapi kini fitur canggih ini bisa kita jalankan menggunakan browser apa saja mulai dari Mozila Firefox, Google Chrome, Opera, dan browser lainnya.

Dengan kehadiran fitur ini kita bisa lebih leluasa melakukan percakapan dengan orang lain terutama jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan berjualan tentu saja ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efektif, tetapi tidak bisa dipungkiri masih banyak para pengguna WhatsApp yang belum mengetahui cara menggunakan WhatsApp di PC entah itu komputer, laptop, ataupun notebook.

Tidak hanya itu saja tampilan WhatsApp Web yang lebih segar dan simpel membuat orang lebih nyaman untuk melakukan berbagai hal di WhatsApp, soal keamanan Anda tidak perlu khawatir karena situs tersebut sudah dilengkapi dengan protokol HTTPS.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC

Cara Menggunakan WhatsApp di PC, Laptop, atau Notebook

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan WhatsApp di perangkat komputer, yang pertama langsung melalui Web WhatsApp dan yang kedua Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp yang bisa di instal pada perangkat komputer tetapi tentu saja kita tidak perlu memasang emulator seperti Bluestack karena aplikasi ini bisa langsung dipasang tanpa bantuan software lain.

1. Melalui WhatsApp Web

Sebelum mengikuti cara ini periksa terlebih dahulu dan pastikan Anda telah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru karena jika Anda menggunakan versi lama pilihan WhatsApp Web tidak akan muncul pada pengaturan.

Silahkan Anda periksa terlebih dahulu jika sudah muncul pilihan tersebut Anda tidak perlu memperbaharui ke versi yang paling baru asalkan menu tersebut sudah tersedia pada perangkat smartphone yang Anda gunakan. Pastikan juga komputer dan perangkat smartphone yang Anda gunakan terhubung ke internet. Jika semuanya sudah siap silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka halaman resmi WhatsApp Web menggunakan browser Mozila Firefox, Google Chrome, atau Opera di komputer yang Anda gunakan. Apabila Anda tidak bisa mengakses Website tersebut update browser ke versi yang paling baru.

Jika sudah berhasil membuka halaman WhatsApp Web maka akan tampil halamannya seperti gambar dibawah ini, disana terdapat kode QR yang nantinya harus Anda Scan menggunakan HP.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC

2. Buka WhatsApp di smartphone yang Anda gunakan kemudian pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas ፧ lalu pilih WhatsApp Web. Maka Anda akan dialihkan ke kamera untuk memindai kode QR.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC

3. Apabila smartphone yang Anda gunakan sudah masuk ke kamera untuk memindai kode arahkan kamera tersebut ke kode QR yang ada pada browser komputer pada langkah pertama tadi.

4. Jika sudah berhasil maka tampilan WhatsApp Web yang Anda buka diperangkat komputer akan secara otomatis tampak seperti gambar dibawah ini, dimana semau percakapan dan kontak yang ada di aplikasi WhatsApp smartphone tampil di WhatsApp Web.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC

Sampai disini Anda sudah bisa melakukan berbagai macam aktivitas WhatsApp di perangkat komputer mulai dari mengirim pesan, gambar, file, dan sebagainya layaknya Anda menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone.

Jika Anda ingin keluar dari perangkat WhatsApp Web silahkan masuk ke menu pengaturan atau ikon titik tiga ፧ di smartphone kemudian pilih WhatsApp Web, nanti akan tampil komputer yang Anda gunakan atau komputer aktif pilih Keluar dari semua komputer.

2. Menggunakan Aplikasi WhatsApp untuk PC

Cara kedua Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp khusus untuk PC jadi aplikasi ini nantinya Anda instal di perangkat komputer tetapi kali ini kita tidak menggunakan Emulator Android seperti Bluestack atau yang lainnya.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi WhatsApp untuk PC ukuran file-nya sekitar 69 MB, jika sudah di unduh klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Run as administrator, ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai aplikasi berhasil di pasang pada perangkat komputer yang Anda gunakan.

Cara Menggunakan WhatsApp di PC

1. Jika aplikasi sudah terpasang dengan baik buka aplikasi tersebut kemudian tunggu hingga muncul kode QR.

2. Selanjutnya buka WhatsApp di smartphone Anda kemudian masuk ke pengaturan dengan cara menekan ikon titik tiga ፧ di sebelah kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web.

3. Setelah memilih WhatsApp Web Anda akan diarahkan ke kamera untuk memindai kode QR, silahkan arahkan kamera ke QR kode yang ada perangkat komputer.

4. Jika sudah berhasil maka secara otomatis percakapan dan kontak WhatsApp pada smartphone yang Anda gunakan akan tampil pada aplikasi WhatsApp di komputer.

Sebetulnya cara kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama, tetapi perbedaannya hanya kita perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi langsung pada komputer.

Kesimpulan

Perlu diketahui perangkat komputer dan HP yang Anda gunakan harus terhubung ke internet jika tidak maka cara ini tidak bisa Anda lakukan, artinya selama Anda menggunakan WhatssApp di komputer ponsel dan komputer yang Anda gunakan harus selalu terhubung ke internet. Jadi agar tidak menguras kuota gunakan saja Wifi atau jaringan yang Ada pada komputer Anda, cara ini juga tidak hanya bisa digunakan pada HP Android saja tetapi .

Dari kedua cara diatas mana yang paling baik untuk digunakan?

Tergantung dengan kebutuhan Anda sendiri jika Anda ingin menggunakannya dalam jangka panjang gunakan saja cara yang kedua menggunakan aplikasi WhatsApp langsung yang di instal pada perangkat komputer.

Tetapi jika tidak terlalu sering atau hanya sekedar coba-coba lebih baik gunakan WhatsApp Web atau cara yang pertama karena kita tidak perlu ribet melakukan instalasi, cukup dengan membuka halamannya saja percakapanpun sudah bisa Anda lakukan.

Bagi Anda yang tidak memiliki HP Android bisa menggunakan bantuan aplikasi emulator seperti Bluestack, karena dengan menggunakan emulator Anda tidak perlu menggunakan smartphone tidak hanya itu saja Anda juga bisa menjalankan berbagai macam jenis aplikasi Android di komputer lho mulai dari BBM, Line, hingga Game Android. Nah demikian artikel kali ini, semoga berhasil ya 😀 .
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.