4 Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA Komputer, Laptop, dan Notebook

8/26/2017
VGA (Video Grapich Adapter) merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada komputer dimana komponen inilah yang menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke layar monitor menjadi tampilan grafis. Selain disebut VGA komponen ini juga biasa disebut sebagai kartu grafis (Graphic Card).

Untuk para penggila game (gamers) komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting karena dengan menggunakan VGA yang mumpuni tampilan grafis game akan menjadi lebih bagus terutama untuk game beresolusi tinggi (HD).

Namun jika Anda ingin mengganti VGA tentu saja Anda harus mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan ukuran layar monitor, power supply dan komponen lainnya yang digunakan pada komputer agar bisa berjalan dengan baik. Selain itu setiap game juga membutuhkan kapasitas VGA yang berbeda-beda semakin bagus grafis game yang dimainkan maka semakin tinggi pula VGA yang dibutuhkan.

Jika VGA yang Anda gunakan untuk bermain game tidak sesuai atau lebih rendah dengan kebutuhan game yang dimainkan biasanya pada saat game dimainkan akan menjadi putus-putus.

Oleh karena itu kita harus mengeceknya terlebih dahulu kapasitas VGA komputer yang kita pakai sebelum memainkan game. Namun masih ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk mengetahuinya, padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapasitas VGA komputer, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis dan kapasitas VGA pada laptop dan notebook.

Tentunya dengan menggunakan cara yang akan saya bagikan ini kita tidak perlu membongkar komputer karena kita akan melihatnya langsung hanya dalam beberapa langkah saja langsung menggunakan fitur yang tersedia di Windows atau pun dengan bantuan software tambahan.

Cara Mengetahui Kapasitas VGA Komputer, Laptop, dan Notebook

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kapasitas VGA komputer semuanya bisa Anda gunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Agar Anda tidak kebingungan silahkan pilih salah satu cara dibawah ini yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan.

1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPU-Z merupakan aplikasi pihak ke tiga yang bisa Anda gunakan untuk mengecek spesifikasi komputer secara lengkap, jadi dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa melihat jenis atau kapasitas VGA saja tetapi seluruh komponen komputer bisa Anda lihat.

Aplikasi ini juga dibagikan secara gratis oleh pengembangnya CPUID dan bisa berjalan disemua jenis Windows diantaranya adalah Windows XP, Vista, 7, 8, 10.

Silahkan download terlebih dahulu melalui situs resminya di CPUID.com. Di halaman tersebut terdapat dua jenis aplikasi yang bisa Anda download yang pertama portable alias tidak perlu di instal dalam format ZIP (ZIP • ENGLISH) dan ada juga yang di instal yaitu format .exe (SETUP • ENGLISH).

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

Silahkan pilih salah satu, kemudian buka aplikasinya. Maka akan tampak spesifikasi komputer Anda, seperti gambar dibawah ini saya menggunakan versi portable untuk melihat VGA masuk ke bagian Graphics.

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

2. Melalui DirectX Diagnostic Tools

Cara kedua ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita akan memanfaatkan fitur yang telah disediakan di Windows yaitu DirectX Diagnostic Tool. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini

1. Pada tampilan awal Windows atau desktop tekan tombol Win + Run kemudian pada fitur Run tulis dxdiag kemudian tekan Enter atau pilih OK, jika muncul dialog pilih saja OK.

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

2. Secara otomatis akan tampil DirectX Diagnostic Tool disana terdapat bagian System, Display, Sound, dan Input. Untuk melihat VGA pilih Display maka akan tampil jenis dan kapasitas VGA komputer yang Anda gunakan.

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

3. Melalui Screen Resolution

Untuk cara yang ketiga sama seperti cara kedua dimana kita memanfaatkan fitur yang telah tersedia di Windows, tetapi ada sedikit perbedaan langkah-langkahnya disini saya menggunakan Windows 8.1 untuk Anda yang menggunakan Windows versi lain silahkan menyesuaikan.

1. Pada tampilan awal Windows atau Desktop klik kanan kemudian pilih Screen resolution maka akan tampil tab Screen Resolution pilih Advance Settings maka akan muncul tab baru mengenai informasi VGA yang Anda gunakan seperti gambar dibawah

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

Untuk pengguna Windows XP klik kanan pada desktop kemudian pilih Properties pilih Advance, lihat pada bagian Advter disana akan terlihat spesifikasi VGA yang digunakan pada komputer Anda.

4. Melalui Device Manager

Cara ke empat juga tidak kalah mudah dengan cara yang sebelumnya tetapi dengan cara ini Anda hanya bisa melihat jenis VGA-nya saja tidak terlihat informasi secara lengkap. Namun degan cara ini Anda bisa mengetahui apakah driver VGA sudah di instal atau belum. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Klik kanan pada Start menu kemudian pilih Device Manager setelah itu lihat pada bagian Display adapters maka disana akan terlihat jenis VGA yang Anda gunakan, jika driver belum terpasang disana akan muncul tanda seru berwarna kuning.

Cara Mengetahui Jenis dan Kapasitas VGA

Untuk pengguna Windows XP caranya klik kanan pada My Computer kemudian pilih Manage, nanti Anda secara otomatis akan diarahkan ke Computer Management kurang lebih tampilannya sama dengan Device Manager pada Windows 8.

Silahkan pilih salah satu cara dari ke empat cara diatas yang menurut Anda paling mudah, jika dirasa VGA yang Anda gunakan masih belum mumpuni dan belum puas dengan yang sekarang digunakan Anda bisa membeli VGA yang lebih bagus lagi agar bisa menjalankan game beresolusi tinggi.

Jika Anda sudah mengetahui kapasitas VGA komputer Anda juga harus mempertimbangkan software atau game yang Anda mainkan tentunya harus sesuai dengan yang kebutuhan game atau software tersebut biasanya pada masing-masing software akan menampilkan System Requirements yang berbeda-beda semakin canggih maka semakin tinggi pula komponen komputer yang dibutuhkan.

Jangan memaksakan jika komputer yang Anda gunakan tidak sesuai dengan System Requirements karena bisa membuat perangkat komputer Anda cepat rusak, mainkanlah game yang sesuai dengan kemampuan komputer yang Anda gunakan.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.