Cara Mengcopy Tabel Excel ke Word Tanpa Terpotong

8/14/2017
Terkadang pada saat kita membuat data pada Microsoft Excel seringkali data tersebut kita butuhkan untuk dimasukkan ke dalam Microsoft Word, kedua aplikasi ini memang saling berkaitan satu sama lain namun memiliki fungsi yang berbeda-beda Excel biasanya digunakan untuk mengelola data keuangan sedangkan Word digunakan untuk keperluan surat-menyurat.

Pada saat kita membuat surat di Word seringkali kita membutuhkan data yang telah kita buat di Microsoft Excel namun pada saat data di copy dari Excel ke Word hasilnya malah jadi berantakan bahkan ada beberapa bagian tabel data yang sampai terpotong, biasanya ini terjadi karena kesalahan dalam pemilihan opsi paste.

Sebetulnya caranya sangatlah mudah sama seperti copy-paste biasanya, tetapi agar data tabel yang di copy dari Excel tidak terpotong Anda harus memilih opsi tertentu. Cara ini juga tidak hanya bisa dilakukan untuk mengcopy tabel saja tetapi semua data yang ada di excel entah itu berbentuk tabel ataupun statistik atau bagan bisa kita copy ke Word tanpa mengubah format penulisan dan tentunya bisa terpampang rapi di Word.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan caranya yang cukup mudah dan cara ini juga sering saya gunakan, pastikan Anda telah membuat tabel data di Excel karena saya akan langsung ke poin pentingnya saja.

Cara Copy Tabel Excel ke Word

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila Anda menggunakan versi lain jangan khawatir karena caranya sama saja, yang perlu diperhatikan adalah memilih opsi paste supaya tabel dapat berpindah dengan sempurna ke lembar kerja Word. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Copy terlebih dahulu data tabel di Excel yang ingin ditambahkan. Caranya blok tabel kemudian klik kanan lalu pilih Copy atau Anda juga bisa menekan Ctrl + C pada keyboard.

Cara Mengcopy Tabel Excel ke Word Tanpa Terpotong

2. Buka software Microsoft Word kemudian klik kanan pada lembar kerja maka akan muncul beberapa pilihan pada bagian Paste Option terdapat enam pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda pada bagian inilah banyak orang yang salah dalam memilihnya

Biasanya saya memilih opsi Picture karena tabel akan secara otomatis berubah menjadi gambar tidak hanya itu saja panjang dan lebar tabel akan menyesuaikan sendiri sesuai ukuran kertas.

Cara Mengcopy Tabel Excel ke Word Tanpa Terpotong

Berikut ini beberapa opsi yang ada pada menu Paste Options, beserta kegunaannya.
  • Keep Source Formatting: data akan di paste sesuai dengan format sumber, artinya semua format tabel di paste sesuai dengan format yang Anda atur di Excel mulai dari panjang dan lebar tabel hingga ukuran huruf dan warnanya. Jika Tabel yang Anda copy sangat banyak biasanya akan terpotong.
  • Use Destination Style: data akan di paste sesuai dengan tapi tidak semua gaya tabel di terapkan.
  • Link & Keep Source Formatting: data akan di paste sesuai dengan format tabel yang akan di terapkan jika Anda mengubah data di Excel maka tabel di Word secara otomatis berubah.
  • Picture: data akan di paste menjadi gambar.
  • Keep Text Only: hanya mempaste isi teks saja tidak dengan tabel.

Dari keenam menu diatas mana yang paling cocok untuk diterapkan? Jika Anda hanya sekedar mengcopy-paste saja pilih Picture karena tabel akan menjadi gambar selain itu panjang dan tinggi tabel juga akan menyesuaikan dengan sendirinya tidak akan terpotong.

Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan atau jika ingin lebih jelas Anda bisa mencobanya satu persatu untuk melihat perbedaan pada masing-masing pilihan. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.