Cara Praktis Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4 di Microsoft Word

8/02/2017
Secara default aplikasi Microsoft Word hanya menyediakan beberapa ukuran kertas saja diantaranya ukuran kertas A3, A4, B5, Legal, dan ukuran lainnya. Namun untuk ukuran kertas F4 atau HVS tidak tersedia kita harus mengaturnya sendiri sesuai dengan ukuran kertas F4.

Banyak orang yang mengalami kegagalan pada saat proses pencetakan dokumen tulisan yang telah dibuat biasanya tulisan tidak tercetak semua pada bagian akhir halaman, hal ini terjadi karena seringkali mereka menggunakan ukuran Legal padahal kertas yang digunakan adalah F4 atau folio.

Ukuran kertas Legal dan F4 tidaklah sama, untuk ukuran Legal yang telah tersedia di Microsoft Word yaitu 21,59 cm x 35,56 cm sedangkan ukuran kertas F4 yaitu 21,5 cm x 33 cm jika diubah ke dalam satuan milimeter yaitu 215 mm x 330 mm atau jika diubah ke dalam satuan inci yaitu 8,46 inch x 12,99 inch.

Jadi tidak heran jika hasil cetak seringkali pada bagian tulisan paling bawah tidak terbawa karena selisihnya pun cukup jauh yaitu 2,54 cm.

Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4 di Microsoft Word

Jadi jika Anda ingin mencetak dokumen menggunakan kertas F4 atur terlebih dahulu ukuran kertasnya menjadi 21,5 cm x 33 cm jangan memilih ukuran kertas Legal.

Bagaimana Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word?

Karena ukuran tersebut tidak tersedia secara default kita perlu mengaturnya secara manual, kali ini saya akan membagikan cara mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Word yang nantinya bisa disimpan agar ketika Anda ingin menggunakannya kembali tidak perlu mengaturnya lagi.

Bagi Anda yang ingin mengubah ukuran kertas ada baiknya untuk mengatur ukuran kertas dilakukan sebelum mengetik dokumen karena jika dokumen sudah jadi kemudian kita ubah ukurannya, maka tulisan yang sudah ada juga akan mengalami perubahan bahkan tak jarang malah jadi berantakan.

Sebetulnya cara ini hampir sama dengan mengubah kertas di Excel. Silahkan buka aplikasi Microsoft Word yang anda miliki kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatur ukuran halaman kertas menjadi F4.

1. Pada tampilan awal lembar kerja pilih menu PAGE LAYOUT lalu pilih ikon panah Page Setup, maka akan muncul dialog pengaturan Page Setup pilih bagian Paper kemudian atur Paper size menjadi Costum size.

Ubah bagian Width menjadi 21,5 cm dan Height 33 cm sesuai dengan ukuran kertas F4, jika sudah pilih OK.

Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4 di Microsoft Word

2. Sampai disini ukuran kertas Anda sudah berubah menjadi ukuran F4.

Tetapi ada beberapa orang yang mengalami masalah pada menekat tombol OK muncul peringatan "The measurement must be between 0.1" and 22"" seperti gambar dibawah.

Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4 di Microsoft Word

Jika anda mengalami masalah seperti ini berarti ada kesalahan dalam memasukkan ukuran pada bagian Width dan Height, apabila pada akhir angka ukuran ada simbol kutip dua diatas (") alias tidak ada (cm) masukkan ukurannya dalam satuan inch yang sudah saya sebutkan diatas.

Agar lebih mudah lebih baik ubah saja satuan ukurannya dari inchi ke cm, silahkan baca cara mengubah inchi ke cm. Apabila sudah berhasil diubah ikuti langkah pertama diatas.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah ukuran halaman kertas menjadi F4 atau HVS selain bisa memasukkan ukuran kertas F4 anda juga bisa menggunakan cara diatas untuk memasukkan ukurannya sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.