Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah di Microsoft Excel beserta Nama Pemiliknya

8/16/2017
Pada rekap nilai raport siswa setelah menemukan nilai rata-rata biasanya guru akan mencari nilai tertinggi dan terendah hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan setiap siswa pada mata pelajaran apakah siswa memiliki nilai tinggi begitu juga dengan nilai terendah.

Dengan adanya kedua nilai tersebut setiap guru masing-masing mata pelajaran dapat memperhatikan siswa yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan terendah mulai dari cara belajar hingga tingkah lakunya pada saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.

Hal ini juga dapat menjadi ukuran untuk para orang tua siswa, misalnya jika siswa memiliki nilai yang bagus pada mata pelajaran komputer tentu saja mereka mungkin akan mempertimbangkan kemampuannya dalam bidang tersebut.

Tetapi masih ada beberapa guru yang belum mengetahui cara mencari nilai tertinggi dan terendah di Microsoft Excel, sebetulnya caranya sangat mudah sekali, kita akan menggunakan bantuan rumus MAX dan MIN.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah di Excel

Pastikan Anda telah membuat datanya terlebih dahulu atau jika ingin lebih mudah dipahami Anda bisa membuat data baru sesuai dengan data yang akan saya hitung, disini saya akan menghitung nilai tertinggi pada masing-masing mata pelajaran.

Cara ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk mencari nilai tertinggi dan terendah pada raport saja tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk menghitung barang dagangan atau menghitung data keuangan.

Agar lebih mudah dipahami saya akan membaginya menjadi dua bagian, yang pertama mencari nilai tertinggi dan kedua mencari nilai terendah.

1. Mencari Nilai Tertinggi

Untuk mencari nilai tertinggi kita akan menggunakan fungdi atau rumus MAX. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Perhatikan gambar dibawah, disini saya ingin menghitung nilai tertinggi pada pelajaran matematika. Caranya pada baris C13 atau baris Nilai Tertinggi tulis rumus =MAX(C2:C11) kemudian Enter. C2:C11 adalah data yang ingin dicari nilai tertingginya mulai dari sel C2 sampai dengan sel C10.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

2. Jika sudah memasukkan rumus maka secara otomatis akan muncul nilai paling tinggi pada mata pelajaran Matematika, untuk menghitung nilai tertinggi pada mata pelajaran yang lainnya tidak perlu menulis ulang karena akan menyita banyak waktu.

Gunakan saja auto fill, caranya pilih sel nilai yang telah diketahui nilai tertingginya kemudian tarik titik yang berada dikanan bawah sel ke samping hingga mata pelajaran terakhir, nanti secara otomatis akan muncul nilainya.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

2. Mencari Nilai Tertinggi

Untuk mencari nilai tertinggi caranya sama saja seperti diatas tetapi rumus yang kita gunakan adalah rumus MIN. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilih sel yang berada di baris Nilai terendah dan di kolom Matematika tepatnya pada sel C14 kemudian tulis rumus =MIN(C2:C11) lalu Enter maka akan muncul nilainya.


2. Seperti biasa gunakan auto fill untuk mempercepat pekerjaan, pilih sel C14 kemudian tarik titik dibagian bawah sebelah kanan sel ke samping sampai ke sel akhir mata pelajaran.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Bagaimana Mencari Pemilik Nilai Tertinggi dan Terendah ?

Untuk mencari pemilik nilai tertinggi dan terendah pada masing-masing mata pelajaran kita akan menggunakan rumus INDEX dan MATCH, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilih sel pada baris Pemilik Nilai Tertinggi pada mata pelajaran Matematika tepatnya di sel C15 kemudian tulis rumus =INDEX($B$2:$B$11;MATCH(MAX(C2:C11);C2:C11;0);1) kemudian tekan Enter. Kemudian gunakan auto fill untuk menentukan mata pelajaran yang lainnya.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

2. Untuk mencari Pemilik Nilai Terendah pilih sel yang berada di baris Nilai Terendah tepatnya di sel C16 kemudian rumusnya hampir sama seperti diatas hanya saja di ganti menjadi MIN karena kita akan mencari nama pemilik nilai terendah, jadi seperti ini =INDEX($B$2:$B$11;MATCH(MIN(C2:C11);C2:C11;0);1) jika sudah tekan Enter. Gunakan auto fill untuk mencari pemilik nilai terendah pada mata pelajaran yang lainnya.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Jika semuanya sudah selesai kurang lebih seperti gambar dibawah ini hasilnya.

Cara Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Untuk mencari pemilik nilai memang agak sedikit rumit karena kita menggunakan tiga rumus sekaligus, meskipun demikian rumus tersebut akan sangat membantu jika kita mencari nama pemilik pada data yang banyak.

Apabila ada pertanyaan atau masih kebingungan dengan cara kerja pada pencarian nama pemilik nilai tertinggi dan terendah, silahkan tulis dikolom komentar. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.