Cara Menampilkan Tab Developer di Microsoft Excel dan Word

8/13/2017
Secara default menu Develpoer (pengembangan) tidak ditampilkan pada Microsoft Excel ataupun Word karena menu ini mungkin jarang sekali digunakan terutama untuk pengguna tingkat pemula, mungkin beberapa fitur yang tersedia dalam tab pengembangan ini memang disajikan untuk pengguna tingkat lanjut yang sudah menguasai Microsoft Excel.

Beberapa fitur yang tersedia pada tab Developer diantaranya adalah untuk menulis dan menjalankan Macros, menggunakan XML, menggunakan ActiveX Control, membuat aplikasi sederhana untuk mempermudah pengolahan data di Microsoft Office, menulis kode Microsoft Visual Basic atau VBA (Visual Basic for Applications), dan masih banyak lagi beberapa manfaat yang dapat mempermudah pengolahan data.

Dari beberapa fitur yang tersedia fitu Macros merupakan yang paling sering digunakan fitur ini dapat mempercepat suatu perintah yang berulang-ulang secara otomatis, perintah ini disimpan dalam modul VBA.

Bagi Anda yang ingin belajar ke tingkat yang lebih lanjut tentunya harus mengaktifkan terlebih dahulu tab Developer, tab ini tidak hanya tersedia di Excel saja tetapi di Word juga sebetulnya tersedia hanya saja perlu diaktifkan terlebih dahulu dan prosesnya pun hampir sama dengan menampilkan tab Developer di Excel.

Cara Menampilkan Tab Developer di Microsof Excel dan Word

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Excel 2013 bagi Anda yang menggunakan Excel 2010 atau 2016 langkah-langkahnya hampir sama, tetapi bagi Anda pengguna 2007 ada beberapa perbedaan pada letak menu nya silahkan menyesuaikan saja.

1. Pilih menu FILE kemudian pilih Options atau Anda juga bisa dengan cara klik kanan pada menu FILE kemudian pilih Costumize Ribbon.

Cara Menampilkan Tab Developer

2. Maka akan muncul dialog Excel Options seperti gambar dibawah pilih kategori Costumize Ribbon pada bagian Main Tabs nyalakan centang pada Developer kemudian pilih OK.

Cara Menampilkan Tab Developer

Sampai disini tab Developer sudah muncul pada menu ribbon, bagi Anda yang ingin mengaktifkannya di Microsoft Word caranya sama saja seperti diatas.

Untuk Anda yang menggunakan Microsoft Excel 2007 ke bawah caranya agak sedikit berbeda, langkah-langkahnya yaitu pilih Office Button pilih Excel Options pada kategori Popular centang Show Developer tab in the Ribbon, selesai.

Silahkan manfaatkan menu Developer ini agar pengolahan data bisa berjalan secara cepat dan efektif. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.