Cara Praktis Membuat Tabel di Microsoft Excel

8/12/2017
Salah satu hal mendasar jika Anda ingin membuat data entah itu data keuangan perusahaan ataupun data keuangan pribadi di Microsoft Excel tentu saja Anda harus bisa membuat tabel karena dengan adanya tabel data yang dibuat bisa berurutan sesuai kategori yang telah ditentukan, selain lebih mudah untuk dibaca data juga akan terlihat lebih rapi.

Bagi Anda yang baru belajar Microsoft Excel mungkin akan bertanya-tanya mengapa kita membuat tabel lagi padahal pada lembar kerja Excel sudah dipenuhi dengan susunan tabel. Ya, memang tampilan kerja Excel seperti itu tetapi apabila kita mencetaknya susunan tabel tersebut tidak akan ikut tercetak.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan panduan cara membuat tabel pada halaman lembar kerja Microsoft Excel secara lengkap, sebagai tambahan Anda juga akan belajar mendesain tampilan tabel mulai dari memberikan warna pada garis-garis tabel hingga memberikan warna pada masing-masing baris menggunakan desain yang sudah tersedia di Excel sehingga cara prosesnya sangat mudah untuk dilakukan.

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Excel 2013 apabila Anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010, atau yang terbaru 2016 silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda hanya letak menunya saja yang berbeda.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Silahkan buat terlebih dahulu data yang ingin dimasukkan ke dalam tabel, sebetulnya Anda juga bisa langsung membuatnya di lembar kerja excel yang kosong tetapi agar lebih mudah menentukannya lebih baik buat terlebih dahulu susunan datanya. Jika sudah silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Sebagai contoh disini saya akan memberikan tabel pada data gaji. Caranya blok semua sel yang ingin dimasukkan ke dalam tabel kemudian pada menu HOME pilih tombol border maka akan muncul beberapa pilihan masing-masing pilihan memiliki fungsi yang berbeda-beda tetapi yang paling sering digunakan adalah All Borders.

Membuat Tabel di Microsoft Excel

2. Maka hasilnya akan tampak garis hitam pada setiap sel data yang telah diblok tadi, seperti gambar dibawah ini.

Membuat Tabel di Microsoft Excel

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat tabel, tetapi jika ingin mendesain tabel menggunakan warna agar terlihat lebih profesional kita bisa menggunakan menu Format As Table pada menu ini terdapat beberapa desain yang bisa Anda gunakan langsung dengan mudah.

Caranya blok tabel kemudian pada menu HOME pilih Format as Table maka akan muncul beberapa desain tabel dalam berbagai warna silahkan pilih salah satu desain yang ingin Anda gunakan, secara otomatis desain tabel akan berubah.

Membuat Tabel di Microsoft Excel

Selebihnya silahkan dikreasikan sendiri pada bagian samping menu Format as Table terdapat menu Cell Style nah menu ini juga bisa Anda gunakan untuk mendesain sel yang ada didalam tabel bisa Anda coba sendiri satu persatu. Demikian artikel mengenai cara membuat tabel di Excel ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.