7 Cara Membuat Survei Online Gratis tapi Profesional

8/27/2017
Dulu sebelum teknologi berkembang seperti sekarang survei biasanya dilakukan menggunakan selembaran kertas kemudian dibagikan kepada responden atau orang-orang yang dijadikan sebagai sampel penelitian, metode seperti ini tentunya sangat menyita banyak waktu untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang kita sajikan dan tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit apalagi jika jumlah responden sangat banyak.

Tetapi kini Anda bisa membuat survei secara online secara gratis dalam bentuk kuisioner dengan cara yang cukup mudah dan cepat hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja survei sudah bisa dibagikan bahkan bisa kita lihat langsung hasilnya.

Bagi Anda yang bekerja dalam bidang pemasaran tentu saja survei merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui pendapat konsumen tentang produk atau jasa yang Anda pasarkan, apakah mereka puas dengan barang atau jasa yang Anda jual atau malah sebaliknya.

Jika mereka merasa tidak puas tentu saja kita harus membenahi produk atau jasa yang kita jual untuk meningkatkan penjualan atau jika mereka merasa sangat puas kita juga bisa lebih meningkatkan kepuasan mereka dengan cara membenahi produk atau jasa yang kita jual.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat melakukan survei ada saja responden yang merasakan tidak nyaman apalagi pertanyaan yang kita buat sangatlah banyak biasanya mereka akan berhenti dan tidak menyelesaikan survei sampai akhir, alhasil data survei yang kita dapatkan menjadi tidak lengkap.

Salah satu cara agar responden merasa nyaman pada saat mengisi survei adalah menyajikan dengan kreatif setiap jawaban dan pertanyaan bisa Anda sertakan dengan gambar yang unik. Jangan menyajikan survei seperti soal ujian anak sekolah yang hanya terdiri dari pertanyaan dan jawab saja cobalah untuk menyertakan gambar agar mereka lebih nyaman pada saat mengisinya.

Itu semua sudah tersedia pada beberapa situs survei online yang akan saya bagikan ini, dimana Anda bisa menyisipkan gambar pada setiap jawaban ataupun pertanyaan yang disajikan.

Cara Membuat Survei Online

Bagaimana Cara Membuat Survei Online Gratis?

Sebetulnya ada banyak sekali aplikasi survei online berbasis situs yang bisa Anda gunakan secara gratis ataupun berbayar namun kali ini saya akan menyajikan beberapa situs yang menurut saya paling bagus untuk dicoba.

Tetapi setiap situs memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu saya akan mengulasnya secara lengkap agar Anda bisa memilih salah satu situs yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Typeform

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Typeform adalah kita dapat membuat lembar survei dengan desain yang tampak elegan kita dapat menambahkan foto pada masing-masing gambar atau jawaban survei sehingga ini juga bisa kita manfaatkan agar responden tidak bosan saat mengisi survei.

Berikut ini beberapa fitur gratis yang disediakan oleh Type Form:
  • Pertanyaan dan jawaban tidak terbatas.
  • Tersedia template berbagai macam template survei atau Anda juga bisa membuatnya sendiri.
  • Laporan hasil survei yang sederhana dan mudah dibaca.

Situs ini bisa Anda gunakan secara gratis dan ada juga beberapa fitur premium yang tidak bisa digunakan sebelum Anda membayarnya, tetapi untuk membuat survei yang sederhana saya rasa sangat bagus untuk Anda coba.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat survei online gratis di Typeform...

1. Silahkan buka situs Typeform kemudian pilih Get started free selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang tampak seperti gambar dibawah jika muncul pop up login abaikan saja dulu pilih tombol close.

Silahkan pilih Start from scratch jika Anda ingin membuat template survei sendiri atau pilih Use a template untuk menggunakan template yang sudah jadi. Sebagai contoh disini saya memilih untuk menggunakan template yang sudah jadi.

Cara Membuat Survei Online

2. Jika Anda memilih pengaturan untuk menggunakan template yang sudah jadi maka Anda akan dialihkan ke halaman untuk memilih template seperti gambar dibawah, silahkan urutkan sesuai kategori yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai contoh disini saya memilih kategori Surveys sehingga template yang muncul merupakan template yang bisa Anda gunakan untuk keperluan survei.

Silahkan pilih salah satu template yang ingin Anda gunakan disini saya menggunakan Demographic Survey, jika sudah pilih tombol Use this template.

Cara Membuat Survei Online

3. Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan pertanyaan-pertanyaan untuk responden, dibagian sebelah kiri tersedia jenis pertanyaan yang bisa Anda gunakan dengan cara drag dan drop. Untuk menyesuiakan pertanyaan silahkan pilih salah satu pertanyaan.

Cara Membuat Survei Online

4. Akan tampil halaman untuk mengatur pertanyaan, disana terdapat beberapa pengaturan pertanyaan silahkan Anda sesuaikan. Jika sudah pilih Save.

Cara Membuat Survei Online

5. Jika pertanyaan sudah dimasukkan semua pilih Save acoount di bagian pojok kanan atas halaman, untuk menyimpan form survei.

Cara Membuat Survei Online

6. Selanjutnya Anda akan dialihkan terlebih dahulu ke halaman pembuatan akun silahkan masukan nama, email, dan password lalu pilih Sign up for Typeform. Apabila setelah melakukan langkah ini muncul pertanyaan ikuti saja sampai selesai.

Cara Membuat Survei Online

7. Langkah terakhir yaitu membagikan form survei kepada responden silahkan pilih menu Share disana terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan mulai dari kode embed yang bisa ditampilak di website atau bisa juga menggunakan URL langsung.

Cara Membuat Survei Online

8. Untuk melihat hasilnya pilih menu Analyze maka akan tampil metrik perangkat yang digunakan oleh responden secara rinci, pada menu sebelah kiri pilih Results untuk melihat jawaban-jawaban yang telah diberikan oleh responden Anda juga bisa mengunduh jawaban tersebut ke dalam format CSV.

Cara Membuat Survei Online

Selebihnya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Anda, jika ingin melihat contoh form survei dari Typeform silahkan buka formulir survei yang telah saya buat: https://pantangmulangblog.typeform.com/to/Win3uu

2. SurveyMonkey

Ini merupakan situs yang cukup populer dalam dunia pemasaran terutama untuk kebutuhan riset atau penelitian, SurveyMonkey sudah bayak digunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa diantaranya adalah Paypal, Toyota, Huawei dan perusahaan besar lainnya.

Akan tetapi situs ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang siap menggunakan versi berbayar atau pro karena versi gratis hanya menyediakan sedikit fitur tidak seperti Typeform, jika Anda berminat membeli layanan premium ada beberapa paket yang tersedia yakni paket per bulan dan per tahun. Berikut ini beberapa fitur yang bisa Anda gunakan secara gratis:
  • Hanya bisa membuat 10 pertanyaan dan 100 tanggapan responden
  • Tersedia 12 jenis pertanyaan
  • Membuat dan menggunakan tema yang ada

Tetapi jika Anda ingin melakukan survei kecil-kecilan bisa juga dengan memanfaatkan fitur gratis tersebut. Untuk membuatnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka situs SurveyMonkey kemudian pilih SIGN UP FREE untuk menggunakan versi gratis, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun atau Anda juga bisa langsung login menggunakan akun Facebook atau Google.

Sebagai contoh disini saya melakukan login menggunakan akun Facebook. Selanjutnya Anda akan disuruh untuk melengkapi profile silahkan isi sampai selesai.

Cara Membuat Survei Online

2. Apabila sudah selesai maka Anda akan dialihkan ke halaman untuk memulai membuat survei pilih START FROM SCRATCH untuk memulai, kemudian akan muncul dialog untuk nama survei silahkan isi nama dan kategori

Centang My questions are already written jika pertanyaan sudah siap di masukkan pilih CREATE SURVEY.

Cara Membuat Survei Online

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan pertanyaan survei selain itu Anda juga bisa menggunakan beberapa menu yang ada di bagian sebelah kiri untuk menyesuaikannya. Jika sudah selesai pilih tombol NEXT yang berada di bagian pojok kanan atas.

Cara Membuat Survei Online

4. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman COLLECT RESPONSES untuk memilih salah satu cara untuk mengumpulkan hasil survei diantaranya melalui email, Facebook ataupun website. Silahkan pilih salah satu cara yang ingin Anda gunakan kemudian copy Link lalu berikan kepada responden.

Cara Membuat Survei Online

Anda juga bisa memilih lebih dari satu cara untuk mengumpulkan jawaban dari responden, Berikut ini contoh formulir survei yang telah saya buat silahkan lihat di https://www.surveymonkey.com/r/JSGZDTN. Untuk melihat jawaban responden pilih menu ANALYZE RESULTS.

3. Google Formulir

Jika Anda ingin menggunakan situs survei survei online gratis rasa premium Google Formulir jawabannya. Google Formulir memang tidak menyediakan versi berbayar sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis fitur menarik yang tersedia, biasanya produk Google yang satu ini lebih banyak digunakan untuk membuat formulir saja tetapi nyatanya juga bisa digunakan untuk membuat form survei.

Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di Google Formulir yang bisa Anda gunakan:
  • Survei dan jumlah responden tidak terbatas
  • Data hasil survei otomatis masuk ke Google Spreadsheet
  • Bisa menambahkan gambar atau video pada setiap pertanyaan dan jawaban.
  • Tersedia fitur logika lompatan pertanyaan

Fitur logika lompatan pertanyaan merupakan salah satu fitur yang saat ini hanya dimiliki oleh Google Formulir saja, fitur ini berfungsi untuk responden yang tidak setuju dengan pertanyaan Anda sehingga mereka bisa lompat ke bagian akhir survei.

Tetapi Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu Anda tidak bisa menggunakannya tanpa akun Google, jika belum memiliki akun silahkan buat akun Google terlebih dahulu. Jika akun sudah siap dan Anda tertarik untuk menggunakannya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka halaman Google Formulir kemudian pilih Buka Google Formulir jika Anda belum login ke salah satu produk Google maka Anda akan diarahkan ke halaman login, silahakan login terlebih dahulu.

Cara Membuat Survei Online

2. Jika sudah masuk pilih ikon plus di pojok kanan bawah halaman untuk membuat pertanyaan-pertanyaan survei.

Cara Membuat Survei Online

3. Selanjutnya silahkan masukkan semua pertanyaan disana juga tersedia berbagai macam jenis pertanyaan yang bisa Anda gunakan. Untuk melihat tanggapan responden pilih menu TANGGAPAN disana Anda bisa membuat Spreadsheet untuk menampuang semua tanggapan responden. Jika sudah selesai pilih tombol KIRIM.

Cara Membuat Survei Online

4. Maka akan muncul pengaturan untuk mengirim formulir disana ada tiga pilihan yang bisa Anda gunakan yaitu melalui Email, URL, dan kode untuk disematkan di halaman website. Sebagai contoh disini saya menggunakan URL centang bagian Perpendek URL kemudian pilih SALIN lalu bagikan URL tersebut kepada responden.

Cara Membuat Survei Online

Jika Anda ingin melihat contoh sederhana hasil dari Google Formulir silahkan lihat melalui URL berikut https://goo.gl/forms/NVt0oZHOsNi2PjWO2.

4. Zoho Survey

Zoho Survey merupakan situs yang menyediakan tool untuk keperluan survei situs ini juga sudah banyak dipercaya oleh perusahaan-perusahaan raksa seperti Samsung, Nike, Adidas, dan perusahaan lainnya yang bisa Anda lihat di halaman survei situs tersebut.

Cara Membuat Survei Online

Situs ini menyediakan versi premium dan gratis dengan fitur yang sangat terbatas, berikut ini beberapa fitur yang bisa digunakan secara gratis:
  • Jumlah survei tak terbatas
  • 15 pertanyaan dan 150 responden

Situs ini menyediakan beberapa paket berbayar yang berlaku per bulan diantaranya paket Standard ($19), Premium ($24), dan Enterprise ($41).

5. Survey Gizmo

Survey Gizmo juga telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan raksasa salah satunya adalah perusahaan teknologi Microsoft, situs ini menyediakan versi gratis dan berbayar untuk versi gratis fitur-fitur yang disediakan sangatlah terbatas.

Cara Membuat Survei Online

Berikut ini beberapa fitur gratis yang bisa Anda gunakan:
  • Pertanyaan survei tidak terbatas
  • Hanya untuk 50 responden
  • Laporan hasil survei yang bisa di unduh ke dalam CSV.

Meskipun demikian template yang disediakan pada situs ini terbilang cukup unik sehingga patut untuk Anda coba, apabila ingin tahu hasilnya silahkan lihat contoh survei yang telah saya buat menggunakan situs Survey Gizmo berikut http://www.surveygizmo.com/s3/3801061/Pantang-Mulang-Blog-survei.

6. Survey Planet

Survey Planet merupakan salah satu situs tools survei yang bisa Anda gunakan secara gratis dan berabayar dengan tampilan tatap muka yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk digunakan selain itu fitur yang disediakan juga cukup lengkap.

Cara Membuat Survei Online

Berikut ini beberapa fitur gratis yang disediakan oleh Survey Planet:
  • Pertanyaan survei tidak terbatas
  • Responden tidak terbatas
  • Tersedia tema gratis yang siap untuk digunakan

Untuk versi pro atau premium disediakan dua pilihan yaitu per bulan ($20) dan per 15 bulan ($180). Berikut ini contoh formulir survei yang telah saya buat menggunakan Survey Planet https://s.surveyplanet.com/SyT6y-lKW.

7. Clien Heartbeat

Berbeda dengan situs-situs sebelumnya alat survei yang disediakan di situs Clien Heartbeat tidak ada versi yang bisa digunakan secara terus menerus Anda hanya diberikan akun trial atau percobaan selama 21 hari jika lewat maka alat ini tidak bisa digunakan kembali sebelum Anda membeli versi premium.

Cara Membuat Survei Online

Ada beberapa jenis paket pembayaran yang disediakan mulai dari paket Basic, Gold, Platinum, atau Enterprise paket tersebut juga disediakan per bulan dan per tahun, harga yang dipatok juga cukup mahal Anda bisa melihat sendiri di situsnya langsung.

Tetapi jika kita lihat di halaman demo situs ini memang menyediakan beberapa fitur yang lebih canggih jadi tidak heran jika harga yang dipatok juga terbilang cukup mahal.

Dari ketujuh situs yang menyediakan alat survei diatas silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling cocok dengan kebutuhan Anda. Sekedar saran, jika ingin menggunakan yang gratis tapi tampak profesional gunakan saja Google Formulir atau Typeform karena versi gratis yang disediakan cukup lengkap.

Tetapi untuk yang berbayar Anda bisa menggunakan SurveyMonkey ataupun versi premium dari Typeform. Silahkan coba satu per satu karena ke tujuh situs diatas menyediakan versi gratis dan versi premium sehingga.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.