Cara Praktis Membuat Struktur Organisasi Unik di Microsoft Word

8/05/2017
Struktur organisasi adalah kelengkapan penting yang harus disediakan pada setiap organisasi masyarakat, sekolah, atau pun perusahaan. Dengan adanya bagan organisasi kita dapat mengetahui secara jelas mengenai tanggung jawab masing-masing orang yang memiliki jabatan pada suatu organisasi tersebut.

Selain itu struktur organisasi juga dapat memperjelas kedudukan masing-masing anggota sehingga pada saat melakukan koordinasi anggota dapat melaksanakannya dengan mudah dan efektif, banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika kita membuat bagan organisasi.

Meskipun demikian masih banyak orang yang belum mengetahui cara pembuatan struktur organisasi, padahal ada banyak sekali software komputer yang bisa digunakan dengan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft Word.

Software ini lah yang sering digunakan untuk membuatnya karena lebih mudah digunakan meskipun Anda tidak mengetahui sebelumnya didalam Microsoft Word juga telah tersedia berbagai macam model bagan yang unik dan menarik.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Oleh karena itu saya akan membagikan panduan ini secara lengkap dan gamblang agar lebih mudah dipahami dan bisa dipraktikkan secara langsung.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsot Word 2013 apabila Anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010 atau pun yang terbaru 2016 tidak perlu khawatir karena caranya sama saja hanya ada beberapa menu yang letaknya berbeda. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka software Microsoft Word yang anda miliki, pada tampilan lembar kerja pilih menu INSERT lalu pilih SmartArt maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah, pilih model Hierarchy. Maka akan muncul beberapa model bagan yang bisa Anda gunakan.

Sebagai contoh disini saya menggunakan model Organization Chart, jika sudah pilih OK.

Cara Membuat Struktur Organisasi

2. Secara otomatis kerangka struktur organisasi akan muncul pada lembar kerja seperti gambar dibawah, ubah terlebih dahulu bagian [Text] yang ada didalam kolom dengan nama-nama anggota dan jabatannya.

Cara Membuat Struktur Organisasi

3. Jika Anda ingin menghapus kolom tertentu caranya klik dibagian garis pinggir kolom yang ingin dihapus kemudian tekan tombol Del atau Delete pada keyboard.

Cara Membuat Struktur Organisasi

4. Apabila ingin menambahkan kolom klik pada kolom sebelum atau sesudah kolom yang ingin dibuat, perhatikan gambar dibawah. Misalnya saya akan menambahkan kolom di samping kolom Ketua Kelas maka saya pilih kolom tersebut.

Kemudian pilih menu Add Shape kemudian pilih Add Shape After karena saya ingin menambahkan kolom tersebut setelah kolom Ketua Kelas, secara otomatis akan muncul kolom baru sejajar dengan kolom Ketua Kelas.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Pada menu Add Shape terdapat empat pilihan yang bisa Anda gunakan, dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  • Add Shape After: untuk membuat kolom baru setelah kolom yang Anda pilih, posisi kolom baru sejajar dengan kolom yang dipilih.
  • Add Shape Before: untuk membuat kolom baru sebelum kolom yang Anda pilih, posisi kolom baru sejajar dengan kolom yang dipilih.
  • Add Shape Above: untuk membuat kolom baru tepat diatas kolom yang Anda pilih.
  • Add Shape Below: untuk membuat kolom baru tepat dibawah kolom yang Anda pilih.

Jika semua struktur sudah terususun dengan rapi seperti gambar dibawah selanjutnya kita akan mendesainnya agar terlihat lebih unik.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Anda juga bisa menambahkan foto masing-masing anggota didalam kolom, caranya pilih menu DESIGN lalu pada bagian layouts pilih layout bernama Picture Organization Chart secara otomatis setiap kolom akan muncul tempat foto anggota.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Untuk memasukkan foto anggota, Anda hanya tinggal memilih klik gambar foto pada kolom anggota yang ingin dimasukkan fotonya kemudian cari foto anggota tersebut.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Untuk mendesain tampilan kolom anda bisa menggunakan beberapa pilih yang terdapat pada bagian SmartArt Style, gambar diatas merupakan struktur organisasi yang telah saya buat menggunakan cara ini.

Selebihnya silahkan Anda sesuaikan sendiri dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan, silahkan coba satu per satu menu pilihan kemudian lihat hasilnya jika sudah sesuai simpan seperti biasa. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.