2 Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Ribet

8/23/2017
Salah satu cara yang sering kali saya gunakan ketika kuota di smartphone yang saya gunakan habis adalah membuat jaringan WiFi hotspot di perangkat laptop, meskipun laptop atau komputer yang kita gunakan terhubung ke internet tentu saja ada beberapa aktivitas yang tidak bisa kita lakukan di perangkat laptop misalnya saja untuk melakukan percakapan dengan teman menggunakan aplikasi pesan instan seperti BBM.

Meskipun kita bisa menggunakan BBM di laptop tentu saja prosesnya agak ribet karena kita perlu memasang emulator terlebih dahulu, oleh karena itu saya sering kali lebih memilih untuk menyalakan wifi hostpot di laptop yang saya gunakan untuk mengakses internet di smartphone.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat wifi hostspot di laptop, sebetulnya cara ini juga tidak hanya bisa digunakan pada perangkat laptop saja tetapi bisa juga bisa dijalankan pada perangkat komputer ataupun notebook yang terpenting sistem operasi yang digunakan pada perangkat tersebut menggunakan OS Windows ini juga berlaku untuk semua versi Windows mulai dari Windows XP, Vista, 7, 8, atau yang terbaru Windows 10.

Hanya saja masing-masing versi Windows mungkin ada letak-letak menu yang sedikit berbeda pada setiap versi, pada tutorial kali ini saya menggunakan Windows 8.1 untuk Anda yang menggunakan versi berbeda dengan yang saya gunakan tidak perlu khawatir karena caranya sama saja.

Biasanya untuk membuat WiFi hotspot sebagian besar orang menggunakan alat bantu bernama router, biasanya alat yang satu ini digunakan di warnet fungsinya untuk memancarkan suatu jaringan ke jaringan lainnya.

Nah kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah dan praktis untuk membuat wifi hotspot pada perangkat laptop yang Anda gunakan tanpa menggunakan alat router tentunya bisa Anda praktikkan langsung sekarang juga.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Seperti yang telah saya katakan diatas ada banyak cara yang bisa kita gunakan tetapi kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah dan praktis saja, meskipun Anda masih terbilang awam dalam mengoperasikan komputer Anda tak perlu khawatir karena saya akan menjelaskannya secara lengkap agar lebih mudah dipahami dan bisa langsung dipraktikkan yaitu menggunakan CMD dan aplikasi pihak ketiga.

1. Tanpa Software Menggunakan CMD

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows sudah pasti Anda memiliki CMD (Command Prompt) karena aplikasi ini memang salah satu aplikasi bawaan dari Windows yang bisa kita gunakan untuk membagikan jaringan internet dari perangkat laptop ke perangkat lain.

Sebelum mengikuti panduan ini pastikan laptop atau komputer yang Anda gunakan sudah terhubung ke jaringan internet, entah itu menggunakan modem atau yang lainnya. Disini saya menggunakan modem untuk mengakses jaringannya. Jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Klik kanan pada Start menu atau ikon Windows kemudian pilih Command Prompt (Admin). Atau Anda juga bisa dengan cara klik Start menu kemudian tulis di pencarian CMD lalu klik kanan pada CMD pilih Run as administrator.

Cara Membuat Wifi Hotspot di Laptop

2. Sebelum mengaktifkan hotspot kita akan mengatur terlebih dahulu nama dan password yang nantinya dijadikan sebagai password untuk perangkat yang ingin menggunakan wifi tersebut. Tulis perintah dibawah ini pada CMD.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_HOTSPOT key=PASSWORD_HOTSPOT

Ubah NAMA_HOTSPOT dan PASSWORD_HOTSPOT sesuai keinginan Anda, untuk password harus lebih dari 8 karakter bisa menggunakan huruf dan angka sebagai contoh silahkan lihat gambar dibawah, jika sudah tekan Enter.

Apabila muncul tulisan successfully seperti gambar dibawah berarti telah berhasil, jangan tutup CMD lanjut ke langkah 3.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

3. Pada langkah ini baru kita aktifkan hotspot-nya tulis kode dibawah ini pada CMD kemudian Enter.

netsh wlan start hostednetwork

Apabila muncul tulisan The hosted network started berarti hotspot sudah aktif Anda bisa mencobanya menggunakan smartphone meskipun terhubung biasanya smartphone yang dihubungkan tidak bisa menggunakan akses internet alias tidak bisa digunakan. Oleh karena itu Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu pada langkah ke 4.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

4. CMD jangan ditutup abaikan saja dulu. Pada bagian task bar yang terletak di pojok kanan bawah desktop klik kanan pada ikon komputer kemudian pilih Open Network and Sharing Center.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

5. Setelah itu maka akan muncul dialog Network and Sharing Center seperti gambar dibawah sebelah kiri, silahkan pilih jaringan yang Anda gunakan sebagai contoh disini saya menggunakan jaringan dari USB Modem, lalu pilih Properties.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

6. Setelah memilih Properties maka akan muncul pengaturan USB Modem Properties masuk ke bagian Sharing lalu centang Allow other network users to connect through this computer's internet connection kemudian atur Home networking connection sesuai dengan yang ada pada Netwok and Sharing Center apabila muncul dialog pilih saja OK, jika pengaturan sudah selesai pilih OK.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Sampai disini wifi hotspot sudah bisa Anda gunakan untuk mengakses internet close saja CMD-nya, selain bisa digunakan di smarphone hotspot ini juga bisa digunakan pada komputer atau perangkat lain yang memiliki jaringan Wifi.

Apabila perangkat yang dihubungkan masih belum bisa mengkases internet hapus terlebih dahulu jaringan wifi yang ada di perangkat tersebut kemudian login lagi menggunakan password yang telah Anda masukkan sebelumnya.

Bagaimana jika saya ingin menonaktifkan hotspot?

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Untuk menonaktifkan hotspot tulis perintah dibawah ini pada CMD kemudian tekan Enter.

netsh wlan stop hostednetwork

Apabila muncul tulisan The hosted network stopped berarti hotspot sudah berhasil dinonaktifkan seperti gambar diatas contohnya.

Bagaimana jika saya lupa password?

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Apabila Anda lupa password yang telah dimasukkan silahkan buka CMD kemudian tulis kode perintah dibawah ini di CMD kemudian tekan Enter.

netsh wlan show hostednetwork setting=security

Maka akan muncul beberapa pengaturan jaringan, untuk password hotspot bisa dilihat di bagian User security key.

Bagaimana caranya agar semua perangkat bisa menggunakannya tanpa password?

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Bagi Anda yang ingin mengatur hotspot agar ketika perangkat lain ingin masuk bisa menggunakannya tanpa password alias bisa digunakan oleh siapa saja. Bisa dengan cara mengosongkan password "key=" atau silahkan tulis kode perintah dibawah ini pada CMD ubah NAMA_HOTSPOT dengan nama yang ingin digunakan kemudian Enter.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_HOTSPOT key=

Apabila muncul tulisan successfully seperti gambar diatas berarti Anda sudah berhasil mengaturnya menjadi tanpa password.

2. Menggunakan Software mHotspot

Sebetulnya ada banyak sekali software yang bisa membantu Anda untuk membuat wifi hotspot di laptop diantaranya adalah Connectify, MyPublicWifi, My Wifi Router, dan mHotspot.

Tetapi dari sekian banyak aplikasi saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan mHotspot karena software ini bisa Anda gunakan secara gratis dan tampilan aplikasinya juga tidak membingungkan.

Cara kerjanya sama saja seperti kita membuatnya menggunakan cara pertama, akan tetapi ini di jalankan sendiri oleh aplikasi tersebut kita hanya perlu mengatur beberapa pengaturan saja hotspot bisa langsung digunakan.

Silahkan download mHotspot terlebih dahulu kemudian lakukan instalasi seperti biasa. Apabila sudah terpasang silahkan simak langkah-langkah untuk mengaktifkan berikut ini.

1. Pastikan pada saat menjalankannya Anda memberikan hak admin, caranya klik kanan pada mHotspot kemudian pilih Run as administrator.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

2. Setelah aplikasinya terbuka atur Hostpot Name dan Password sesuai keinginan, untuk password harus lebih dari 8 karakter. Kemudian atur Internet Source sesuai dengan sumber internet yang Anda gunakan di laptop sebagai karena saya menggunakan modem pilih USB Modem.

Untuk Max Clients adalah jumlah perangkat yang bisa mengakses hotspot tersebut, jika semua sudah selesai pilih Start Hotspot.

Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop

Apabila bagian Hotspot sudah ON anda sudah bisa memulai menggunakan hotspot dengan perangkat lain dan mulai berinternet ria.

Pada bagian bawah aplikasi mHotspot disana terdapat beberapa parameter yang mungkin bisa membantu Anda mulai dari jumlah perangkat yang sedang menggunakan (Client connected) hingga kecepatan download dan upload.

Itulah dua cara yang paling mudah yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan laptop sebagai wifi hotspot. Dari kedua cara diatas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, apabila Anda tidak mau ribet lebih baik gunakan saja aplikasi mHotspot karena hanya dengan beberapa langkah saja hotspot sudah bisa digunakan.

Tetapi untuk Anda yang ingin membuatnya tanpa aplikasi, Anda bisa menggunakan cara pertama untuk melakukan konfigurasi secara manual dengan menuliskan beberapa perintah pada CMD.

Silahkan pilih saja salah satu cara diatas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, saya rasa kedua cara diatas sudah cukup jelas dan mudah untuk dipraktikkan langsung. Tetapi jika Anda mengalami permasalahan atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.