Cara Membuat File Rar dan Zip di Windows dengan Mudah dan Cepat

8/14/2017
Jika Anda sering mengunduh file di internet mungkin Anda pernah menemukan file yang memiliki format Rar atau Zip, kedua format ini memang sering digunakan untuk membungkus banyak file yang berbeda-beda menjadi satu file terlebih jika berkas-berkas yang ingin dimasukkan memiliki ukuran yang cukup besar.

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan jika kita memasukkan berkas-berkas tertentu ke dalam salah satu format ini, sebelum saya menjelaskan cara membuat file Rar dan Zip ada baiknya kita mengenal lebih dekat terlebih dahulu agar Anda bisa menggunakan salah satu jenis format yang pas untuk Anda gunakan karena kedua file ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk membuat file Zip kita bisa membuatnya tanpa menggunakan aplikasi apapun karena windows sudah menyediakan fitur tersebut secara default dengan kata lain Anda bisa membuat dan membuka file Zip tanpa aplikasi tambahan, proses pembuatan file ini juga lebih cepat dari file Rar.

Sedangkan jika Anda ingin membuat file Rar Anda harus menggunakan batuan aplikasi WinRAR karena format jenis ini tidak bisa kita buat secara langsung tanpa aplikasi, banyak kelebihan yang Anda dapatkan jika mengubahnya sebuah file ke dalam format Rar diantaranya dapat melindungi berkas dari pengeditan yang tak disengaja, mengunci file dengan password, dan memperkecil (kompres) ukuran berkas.

Untuk file yang bisa Anda masukkan kedalam format Zip yaitu hanya 2GB saja, sedangkan Rar tak terbatas. Oleh karena itu file-file di internet yang berukuran besar biasanya menggunakan format Rar.

Cara Membuat File Rar dan Zip di Windows

Bagaimana Cara Membuat File Rar dan Zip ?

Untuk membuat file Rar pastikan Anda telah menginstal aplikasi WinRAR yang bisa Anda cari di internet, sedangkan untuk Zip Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Untuk mengunduh software WinRAR silahkan buka alamat situs resminya di win-rar.com/download.html disana terdapat bahasa, bit, dan platform silahkan pilih yang sesuai dengan komputer yang Anda gunakan kemudian instal seperti biasa. Jika WinRAR sudah terpasang dengan sempurna silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat file Rar.

1. Pastikan semua berkas yang ingin Anda masukkan ke dalam file Rar telah disatukan ke dalam folder sebagai contoh disini saya memiliki folder berkas yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis file, jika sudah klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Add to archive.

Cara Membuat File Rar dan Zip di Windows

2. Setelah itu akan muncul dialog Archive name and parameters silahkan sesuaikan, perhatikan pada bagian Archive format jika ingin membuatnya menjadi format Rar pilih RAR jika ingin membuatnya menjadi Zip pilih ZIP untuk pengaturan lainnya Anda bisa menyesuaikan seperti gambar dibawah, untuk menambahkan password pilih set password.

Cara Membuat File Rar dan Zip di Windows

3. Jika semuanya sudah selesai pilih OK. Maka ikon file akan berubah menjadi buku, tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat File Rar dan Zip di Windows

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat file Rar dan Zip, seperti yang telah saya sebutkan diatas jika Anda ingin membuat file Zip Anda tidak perlu menggunakan WinRAR bisa langsung dengan cara klik kanan pada folder kemudian pilih Send to lalu pilih Compressed (zipped) folder secara otomatis folder akan berubah menjadi Zip. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.