3 Cara Membuat Brosur Promosi yang Menarik dan Profesional

8/05/2017
Brosur merupakan salah satu alat promosi yang cukup efektif dan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan alat promosi lainnya, bagi Anda yang bekerja di bidang pemasaran atau pebisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya brosur.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan memperkenalkan produk kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan barang atau jasa yang kita tawarkan, namun pada saat membuat brosur orang seringkali lebih mementingkan desainnya padahal yang paling penting adalah informasi yang tertulis didalamnya.

Meskipun demikian desain juga penting untuk kita perhitungkan karena hal ini bisa membuat orang lain tertarik untuk membacanya. Oleh karena itu saya akan membagikan cara membuat brosur yang baik dan tampak profesional agar calon konsumen tertarik untuk membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Cara Membuat Brosur

Dibagian akhir saya akan memberikan beberapa tips untuk anda agar brosur yang Anda buat mampu menarik perhatian konsumen.

Cara Membuat Brosur Promosi yang Menarik dan Menjual

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat brosur, namun saya akan membagikan tiga cara yang menurut saya paling mudah yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Word, Publisher, dan situs online canva.

1. Menggunakan Microsoft Word

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi yang cukup populer dalam dunia perkantoran yakni Microsoft Word, aplikasi ini memang menyediakan berbagai macam fitur yang dapat mempermudah kita dalam membuat dokumen termasuk brosur.

Kita akan menggunakan desain brosur atau template yang sudah tersedia di Word tetapi komputer yang Anda gunakan harus terhubung ke internet. Sebetulnya Anda juga bisa mendesain sendiri, namun jika ingin lebih mudah dan cepat lebih baik gunakan saja template yang sudah tersedia.

Bagaimana caranya? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi Microsoft Word yang Anda miliki, pada tampilan awal akan muncul kolom pencarian tulis brochure kemudian Enter pada bagian kategori pilih Brochures.

Cara Membuat Brosur

2. Maka akan muncul berbagai macam desain brosur yang bisa Anda gunakan, silahkan pilih salah satu model brosur yang ingin digunakan sebagai contoh disini saya memilih model Company Brochure kemudian pilih Create. Tunggu proses download hingga selesai.

Cara Membuat Brosur

3. Apabila proses download selesai silahkan sesuai dengan informasi barang atau jasa yang ingin di promosikan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Brosur

4. Untuk mengganti gambar atau logo perusahaan yang sudah ada pilih gambar yang ingin diganti kemudian pilih Change Picture pilih Browse kemudian cari gambar yang ingin dimasukkan.

Cara Membuat Brosur

Selebihnya silahkan Anda sesuaikan sendiri seperti membuat dokumen biasa mulai dari mengubah jenis huruf, warna, hingga ukuran huruf. Jika sudah selesai simpan seperti biasa atau Anda juga bisa langsung mencetaknya.

2. Secara Online Menggunakan Situs Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi berbasis situs yang dapat digunakan untuk keperluan desain grafis termasuk membuat brosur. Disitus ini tersedia banyak model brosur yang bisa Anda gunakan secara gratis dan berbayar.

Bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi Microsoft Office dan ingin membuatnya secara online bisa menggunakan situs ini.

1. Buka alamat situsnya canva.com untuk menggunakannya Anda perlu login terlebih dahulu bisa langsung menggunakan akun Facebook atau bisa juga daftar menggunakan email. Jika sudah masuk tampilannya akan tampak seperti gambar dibawah ini, silahkan anda cari Brosur Lipat Tiga pada kategori Materi Pemasaran.

Cara Membuat Brosur

2. Secara otomatis Anda akan dialihkan ke halaman untuk mendesain, Disana akan muncul berbagai macam desain brosur yang bisa anda gunakan, pastikan Anda memilih model yang ada tanda logo gratis agar hasilnya bisa Anda unduh secara gratis.

Apabila Anda memilih desain yang tidak memiliki logo gratis pada saat mengunduh hasilnya terlebih dahulu Anda harus membayarnya. Untuk percobaan silahka pilih yang gratis terlebih dahulu, sebagai contoh disini saya memilih desain Blue Orange Photo Chruch Trifold Brochure.

Cara Membuat Brosur

3. Selanjutnya masukkan informasi produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Caranya pilih teks yang sudah ada kemudian ubah maka akan muncul beberapa menu di bagian atasnya, selain itu Anda juga bisa mengatur jenis font, ukuran, warna, atau menghapus teks tertentu menggunakan menu tersebut. Silahkan disesuaikan.

Cara Membuat Brosur

4. Untuk memasukkan gambar Anda bisa menggunakan menu UNGGAHAN yang ada disebelah kiri kemudian pilih tombol Unggah gambar Anda sendiri jika gambar berhasil di unggah maka akan muncul sendiri seperti gambar nasi goreng yang saya unggah.

Untuk menerapkannya pilih gambar kemudian atur posisi gambar pada brosur, contohnya seperti gambar nasi goreng yang telah saya masukkan ke dalam brosur seperti gambar dibawah. Selain menu unggah Anda juga bisa menggunakan menu lainnya yang ada disebelah kiri seperti teks, elemen, latar belakang, dan layout.

Cara Membuat Brosur

5. Jika brosur sudah selesai dan siap di unduh pilih tombol Unduh yang terletak di pojok kiri atas kemudian atur jenis file disana terdapat empat pilih yaitu JPG, PNG, PDF - Standar, dan PDF - Cetak. Pilih PDF - Cetak agar hasil cetak lebih bagus kemudian pilih Unduh.

Cara Membuat Brosur

Tunggu proses unduh sampai selesai, kemudian lihat hasilnya. Selebihnya silahkan Anda sesuaikan sendiri menggunakan fitur yang tersedia disana.

3. Menggunakan Microsoft Publisher

Caranya hampir sama dengan menggunakan Microsoft Word dimana kita akan menggunakan desain brosur yang sudah tersedia, tinggal menyesuaikan informasi didalamnya saja. Komputer yang Anda gunakan harus terhubung ke internet karena kita akan mengunduh desainnya terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memiliki Microsoft Word sudah pasti memiliki Microsoft Publisher karena kedua aplikasi ini memang bagian dari produk Microsoft Office.

1. Buka Microsoft Publisher di komputer yang Anda gunakan, pada tampilan awal ada kolom pencarian silahkan tulis brochure untuk mencari desain brosur kemudian pada bagian kategori pilih Brochures.

Cara Membuat Brosur

2. Silahkan pilih salah satu desain yang ingin Anda gunakan sebagai contoh disini saya memilih desain Businnes brochure (4 - panel, Civic design), kemudian pilih tombol Create.

Cara Membuat Brosur

3. Silahkan sesuaikan informasinya dengan produk yang ingin Anda jual, disana terdapat dua halaman. Jika dilipat, halaman pertama merupakan bagian luar brosur dan halaman kedua akan menjadi bagian dalam.

Cara Membuat Brosur

Itulah tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat brosur, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan karena semua cara diatas sangatlah mudah apalagi jika menggunakan cara yang kedua secara online.

Sukses atau tidaknya produk yang dipasarkan tergantung dari banyak faktor, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar brosur yang dibuat menjadi menarik, profesional, dan menjual.

1. Sertakan informasi secara singkat, padat, dan jelas

Sertakan informasi penting mengenai produk jangan terlalu panjang dan bertele-tele, apabila calon konsumen ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang dipromosikan ajaklah mereka untuk menghubungi langsung misalnya melalui email, nomor telepon, atau pun website.

2. Atur tulisan supaya nyaman saat dibaca

Ketebalan, ukuran, dan jenis font yang ada pada brosur harus disesuaikan jangan menulis seperti koran.

3. Buat judul yang menarik

Judul merupakan bagian yang pertama kali dibaca oleh calon konsumen, gunakan judul yang dapat menarik perhatian dan emosi calon konsumen.

4. Ajak calon konsumen mengambil tindakan

Jangan sampai calon konsumen Anda kebingungan karena tidak tau cara membeli produk yang Anda promosikan. Contohnya "Beli Sekarang Juga", "Hubungi Kami Sekarang", "Daftarkan Diri Anda", dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat brosur yang menarik dan menjual. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.