3 Cara Mudah Melihat IP Address di Laptop dan Android Sendiri

8/08/2017
Setiap perangkat komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan internet sudah pasti memiliki Internet Protocol Address alias IP Address, sama halnya dengan alamat rumah tetapi IP Address terdiri dari deret angka biner 32-bit sampai 128-bit.

Alamat IP bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah untuk melacak lokasi perangkat yang digunakan oleh IP tersebut, tidak hanya itu saja melalui IP Address kita juga bisa mengetahui ISP (internet service provide) atau penyedia layanan internet yang digunakan oleh perangkat tersebut.

Sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk melihat IP Address perangkat yang Anda gunakan, namun masih ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahuinya. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah untuk mengecek alamat IP Address pada perangkat yang Anda gunakan.

Cara Melihat IP Address dengan Mudah tanpa Ribet

Saya akan membagikan tiga cara yang paling mudah dipraktikkan karena semua cara yang saya bagikan ini tidak memerlukan aplikasi bantuan lainnya kita akan memanfaatkan tools yang telah tersedia di Windows.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Windows 8 apabila anda menggunakan jenis Windows yang berbeda, tidak perlu khawatir karena caranya sama saja.

1. Menggunakan CMD (Command Prompt)

Tools CMD bisa anda temui pada jenis Windows apa pun karena tools ini memang salah satu tools bawaan Windows.

1. Pada tampilan awal Windows pilih Start Menu kemudian pilih Run atau jika ingin lebih cepat tekan tombol Win + R pada keyboard, maka akan muncul dialog Run tulis cmd kemudian Enter atau pilih OK.

Cara Melihat IP Address

2. Apabila CMD sudah muncul tulis ipconfig kemudian Enter untuk menampilkan informasi mengenai jaringan yang anda gunakan termasuk IP Address.

Cara Melihat IP Address

3. Maka Command Prompt akan menampilkan informasi jaringan yang anda gunakan, lihat pada bagian IPv4 Address itu merupakan alamat IP perangkat yang Anda gunakan.

Cara Melihat IP Address


2. Cek Melalui Network Connection

1. Seperti biasa kita akan menggunakan Run agar lebih cepat untuk membuka pengaturan Network Connection, caranya pada tampilan awal Windows tekan tombol Win + R pada keyboard. Kemudian ketik ncpa.cpl lalu Enter.

Cara Melihat IP Address

2. Maka akan muncul beberapa profil jaringan yang tersedia di komputer Anda, pilih profil koneksi yang sedang digunakan kemudian klik kanan pilih Status.


3. Setelah muncul status profil koneksi yang Anda gunakan Pilih bagian Details kemudian lihat Client IPv address itu merupakan alamat IP Address perangkat Anda.

Cara Melihat IP Address

3. Secara Online melalui Situs Web

Jika anda ingin yang lebih praktis dan cepat gunakan saja situs web untk mengecek alamat IP perangkat Anda, ada banyak sekali situs yang bisa kita gunakan namun kali ini saya akan menggunakan salah satu situs saja.

Cara ini tidak hanya bisa digunakan pada perangkat komputer atau laptop saja tetapi bisa juga Anda gunakan untuk mengecek IP address di perangkat android menggunakan browser.

Cara Melihat IP Address

Buka alamat situs intip.net maka akan langsung muncul alamat IP perangkat yang anda gunakan, hanya satu langkah saja anda sudah mengetahui IP perangkat yang digunakan, mudah sekali bukan?

Itulah tiga cara yang bisa anda gunakan untuk mengecek alamat IP perangkat yang Anda gunakan, demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.