Cara Agar WhatsApp tidak Menyimpan Foto dan Video ke Galeri secara Otomatis

8/22/2017
Secara default ketika Anda menggunakan WhatsApp file media seperti foto, video, audio, dan dokumen akan tersimpan secara otomatis ke memory perangkat yang Anda gunakan oleh karena itu seringkali file-file tersebut muncul di galeri padahal kita tidak menyimpannya, tetapi dalam beberapa kasus ada juga yang hanya otomatis menyimpan gambar saja.

Meskipun masalah ini terdengar sepele tetapi tentu saja ini akan menjadi masalah besar jika perangkat smarphone yang Anda gunakan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup kecil, karena setiap kali lawan percakapan Anda mengirimkan file media seperti gambar file tersebut secara otomatis akan di download kemudian disimpan ke memory.

Jika satu atau dua gambar saja mungkin tidak terlalu menjadi masalah karena kita juga bisa menghapusnya satu per satu, tetapi bagaimana jadinya jika gambar yang dikirimkan begitu banyak tentu saja bisa membuat kita risih apalagi jika Anda menjadi salah satu anggota grup WhatsApp yang cukup aktif.

Selain dapat menghemat ruang penyimpanan ponsel, dengan mematikan fitur download media otomatis kita juga dapat menghemat kuota internet karena setiap kali WhatsApp mendownload gambar tentu saja itu membutuhkan kuota internet. Tetapi tidak banyak yang tau kalau file-file tersebut bisa kita atur agar tidak masuk ke dalam penyimpanan ponsel secara otomatis, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan caranya.

Cara Mematikan Download File Otomatis di WhatsApp

Cara ini juga bisa dilakukan pada perangkat Android dan IPhone, silahkan buka WhatsApp yang ingin Anda dimatikan fitur download otomatis-nya kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan masuk ke menu pengaturan dengan cara memilih ikon titik tiga di pojok kanan atas "" , kemudian pilih Setelan lalu pilih Penggunaan data.

Cara Agar WhatsApp tidak Menyimpan Foto dan Video ke Galeri secara Otomatis

2. Setelah masuk ke pengaturan penggunaan data selanjutnya perhatikan pada bagian unduh otomatis media, disana terdapat tiga pilihan yaitu saat menggunakan data seluler, saat tersambung ke Wi-Fi, dan saat roaming silahkan atur masing-masing kondisi pada saat Anda terhubung ke jaringan.

Sebagai contoh di sini saya akan mengatur saat saat ponsel menggunakan data seluler kemudian hilangkan semua centang pada foto, audio, video, dan dokumen kemudian OKE. Untuk Wi-Fi dan roaming Anda bisa juga menghilangkan semua centang pada foto, audio, video, dan dokumen agar tidak otomatis mengunduh file media tersebut pada saat ponsel terhubung ke Wi-Fi ataupun saat roaming.

Cara Agar WhatsApp tidak Menyimpan Foto dan Video ke Galeri secara Otomatis

Sampai disini anda sudah berhasil mematikan fitur download media otomatis pada WhatsApp jadi jika teman Anda mengirim gambar atau file media lainnya file tersebut tidak akan disimpan secara otomatis jika Anda tidak mendownloadnya.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir ruang penyimpanan penuh dengan media-media yang ada di aplikasi WhatsApp. Perlu diketahui, meskipun Anda menghilangkan centang pada audio pesan suara akan tetap di unduh secara otomatis kecuali file musik dan file audio yang lainnya. Demikain artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.