4 Cara Mudah Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

7/15/2017
Salah satu keuntungan yang didapatkan jika sobat mengubah file atau dokumen Microsoft Word (.doc, .docx) ke Portable Document Format atau yang biasa disingkat dengan PDF (.pdf) adalah dokumen menjadi lebih aman terhadap serangan virus komputer.

Meskipun demikian kedua format tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bagi sobat terutama para mahasiswa file PDF ini akan sangat berguna sekali misalnya dalam pembuatan proposal atau laporan.

Tentu saja proposal atau laporan tersebut harus kita cetak namun tak jarang seringkali kita merasa khawatir pada saat mencetak dokumen di tempat fotokopi atau warnet karena sebagian besar komputer mereka seringkali banyak dihinggapi virus.

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika dokumen yang telah kita buat cape-cape malah rusak karena ulah virus tentu sangat menjengkelkan bukan? Oleh karena itu agar lebih aman ada baiknya sebelum mencetak sobat mengubahnya terlebih dahulu menjadi format pdf.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Ada banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk mengubah dokumen Microsoft Word menjadi PDF, namun kali ini saya hanya akan membagikan beberapa cara saja yang menurut saya cukup efektif dan mudah.

Cara Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Saya akan membaginya menjadi dua kategori yang pertama dengan cara offline dan yang kedua dengan cara online. Kedua cara ini kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan jadi sobat tidak perlu ribet mendownload aplikasi pihak ke-3.

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 namun jika sobat menggunakan versi 2007 atau 2016 sobat tidak perlu khawatir karena caranya hampir sama saja dengan versi yang saya gunakan.

1. Offline

Cara ini sangat cocok bagi sobat yang tidak memiliki akses internet, karena kita akan memanfaatkan fitur yang telah disediakan pada Microsoft Word. Silahkan buka dokumen yang telah sobat buat kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama: pada tampilan awal lembar kerja pilih menu FILE (panah no.1) maka akan muncul beberapa menu disebelah kiri pilih Save As (panah no.2), kemudian pilih Browse untuk menentukan lokasi dokumen tersebut disimpan (panah no.3).

Bagi sobat yang menggunakan Microsoft Word 2006 pilih ikon Office Button lalu pilih Save As.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

2. Langkah kedua: setelah sobat pilih menu Browse silahkan tentukan dilokasi mana file tersebut akan disimpan, jika sudah pada bagian File name: silahkan beri nama sesuai dengan keinginan nah ini merupakan bagian paling penting Save as type: ubah menjadi PDF (panah no.1), terakhir pilih Save (panah no.2).

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Silahkan lihat hasilnya, secara otomatis file yang tadinya memiliki format .doc atau .docx maka akan berubah menjadi .pdf. Sampai di sini sobat telah berhasil mengubahnya.

2. Online

Yang kedua ini menggunakan cara online tentunya membutuhkan akses internet untuk melakukan konversi format dokumen menjadi pdf. Yang pertama menggunakan Google Drive dan yang kedua menggunakan situs khusus Konversi. Kita mulai dari yang pertama!

1. Menggunakan Google Drive

Disini kita akan menggunakan Google Drive, selain dapat menyimpan data secara online penyimpanan cloud milik Google ini juga bisa kita gunakan untuk mengubah format dokumen. Tidak hanya itu saja, sobat juga bisa mengubah isi dokumen secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Untuk menggunakan cara ini kita membutuhkan akun Google karena kita perlu login terlebih dahulu ke Google Drive. Jika sudah siap dengan akunnya silahkan simak langsung langkah-langkahnya berikut ini, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu.

1. Langkah pertama: silahkan buka halaman Google Drive kemudian pilih tombol Kunjungi Google Drive yang berwarna biru maka sobat akan dibawa ke halaman login, silahkan login menggunakan akun yang sobat miliki.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

2. Langkah kedua: setelah login maka tampilannya kurang lebih tampak seperti gambar dibawah silahkan klik kanan dibagian tengah halaman maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Upload file... kemudian pilih dokumen yang ingin di konversi ke pdf lalu tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

3. Langkah ketiga: setelah proses upload selesai kemudian klik kanan pada dokumen sebagai contoh disini saya memilih dokumen proposal sponsor (panah no.1) maka akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih menu Buka dengan (panah no.2) kemudian pilih Google Dokumen (panah no.3).

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

4. Langkah keempat: setelah memilih Google Dokumen maka akan muncul dokumen yang tadi dipilih pada editor Google Dokumen kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah.

Selain itu sobat bisa juga mengeditnya terlebih dahulu sebelum di download kedalam format pdf, jika dirasa sudah sesuai dengan yang diharapkan silahkan pilih menu File (panah no.1) maka akan muncul beberapa menu pilihan silahkan pilih Download sebagai (panah no.2), kemudian pilih Dokumen PDF (.pdf) maka akan muncul persetujuan untuk mendownload dokumen silahkan pilih Oke.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Tunggu sampai proses download selesai lalu lihat hasilnya, dokumen Word pun berubah menjadi pdf. Memang cara ini agak sedikit ribet tapi ada satu cara lagi yang bisa sobat gunakan tentunya lebih mudah dan cepat, silahkan simak cara selanjutnya.

2. Menggunakan Situs PDF Online

Cara terakhir ini kita akan menggunakan situs converter yang cukup populer yakni PDF Online, sebetulnya banyak sekali situs yang bisa sobat gunakan namun situs inilah yang paling sering saya gunakan karena hasilnya sangat bagus.

Tidak hanya itu saja situs ini juga sudah berdiri sejak tahun 1993 sampai sekarang masih aktif tentunya sudah tidak diragukan lagi dong. Yuk! langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama: silahkan buka situs PDF Online (http://www.pdfonline.com/convert-pdf/) kemudian pilih Upload a File to Convert...(panah no.1) selanjutnya silahkan pilih dokumen yang ingin di konversi tunggu prosesnya hingga selesai.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

2. Langkah kedua: apabila prosesnya telah selesai maka secara otomatis sobat akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah, silahkan pilih Download (panah no.1).

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

3. Langkah ketiga: setelah langkah kedua sobat lakukan maka sobat akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah, silahkan pilih Download PDF file (panah no.1), maka akan muncul persetujuan untuk mendownload pilih saja Oke.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Tunggu sampai proses download selesai kemudian lihat hasilnya, dokumen Word pun akan berubah menjadi pdf.

3. Menggunakan Situs Smallpdf

Satu lagi cara yang lebih mudah dari cara sebelumnya yaitu menggunakan situs Smallpdf dengan situs ini sobat tidak pusing lagi untuk dialihkan ke halaman-halaman lain cukup pada satu halaman saja langsung bisa sobat download.

Namun sayangnya, situs ini hanya bisa sobat gunakan 2 kali konversi saja agar bisa menggunakannya kembali sobat harus membayar atau menunggu selama 50 menit setelah itu baru bisa lagi digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak caranya berikut ini.

1. Langkah pertama: silahkan buka situs link https://smallpdf.com/word-to-pdf kemudian pilih Choose File lalu pilih dokumen yang ingin diubah, selanjutnya tunggu proses konversi hingga selesai.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

2. Langkah kedua: setelah proses konversi selesai maka akan muncul tombol Download File seperti gambar dibawah silahkan pilih tombol tersebut, tak lama maka akan muncul persetujuan untuk mendownload silahkan pilih Oke.

Mengubah Dokumen Microsoft Word ke PDF

Sebetulnya masih banyak cara untuk mengubah dokumen Microsoft Word ke PDF tetapi empat cara di atas menurut saya sudah cukup dan paling sering saya gunakan.

Kesimpulan

Jadi jika dihitung ada empat cara yang bisa sobat gunakan dari keempat cara diatas silahkan pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan jika sobat tak memiliki akses internet (offline) gunakanlah cara yang paling awal.

Namun apabila sobat ingin menggunakan cara online gunakan cara online yang ketiga yaitu menggunakan situs Smallpdf, akan tetapi seperti yang telah saya sebutkan diatas jika sobat menggunakan situs tersebut sobat hanya diberi dua kali kesempatan untuk mengkonversi dokumen, apabila tidak ingin dibatasi gunakan PDF Online.

Sekian dan terimakasih, semoga artikel ini bisa membantu.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.