Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word

7/13/2017
Ruler atau penggaris pada aplikasi Microsoft Word sangat membantu kita dalam membuat surat terutama jika sobat membuat surat dinas atau skripsi tentunya surat harus disusun secara rapi agar dapat lebih nyaman ketika dibaca.

Pada saat pertama kali dipasang fitur ruler memang tidak secara otomatis muncul tetapi harus diaktifkan secara manual, fitur ini paling sering digunakan untuk mengatur paragraf supaya sejajar dengan paragraf yang lain.

Menampilkan Ruler di Microsoft Word

Bagi yang sudah mahir dalam mengoperasikan aplikasi pengolah kata ini tentu sangat mudah untuk menampilkan fitur ruler, tetapi bagi sobat yang masih pemula dan baru belajar tentu saja akan merasa kesulitan padahal hanya beberapa langkah saja fitur ini bisa langsung muncul dengan cepat. Lantas bagaimana caranya?

Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 tapi jika sobat menggunakan versi 2007, 2010, atau yang paling baru yaitu versi 2016 jangan khawatir karena sudah saya periksa dan caranya pun sama persis seperti versi yang saya gunakan.

Silahkan buka aplikasi Microsoft Word yang sobat miliki, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini perhatikan juga gambarnya agar lebih mudah dipahami.

Pada tampilan awal lembar kerja silahkan pilih menu View (panah no.1), kemudian pada bagian show centang Ruler (panah no.2). 

Menampilkan Ruler di Microsoft Word

Setelah di centang maka akan secara otomatis ruler akan secara otomatis muncul di bagian atas dan samping kiri lembar kerja, hanya beberapa langkah saja ruler pun siap digunakan. Bagi sobat yang sengaja ingin menyembunyikan fitur ini tinggal menghilangkan centang pada opsi tersebut.

Khusus bagi pengguna Microsot Word 2016 ada cara lain untuk menampilkan fitur ini, yaitu dengan cara memanfaatkan fitur yang hampir mirip dengan pencarian.

Caranya yaitu tulis Ruler pada bagian Tell me what you want to do... tepatnya di samping kanan menu Developer. Maka otomatis akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih Show Ruler.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk menampilkan penggaris atau ruler di Microsoft Word, penggaris tersebut biasanya akan muncul dalam ukuran Inches atau Inci jika sobat ingin mengubahnya menjadi Cm (Sentimeter) atau sebaliknya silahkan simak di panduan mengubah ukuran ruler dari inci ke sentimeter.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.