3 Cara Cepat Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

7/17/2017
Simbol merupakan salah satu bagian terpenting dalam penulisan terutama dalam ilmu matematika, fisika, dan kimia simbol derajat ini akan sering digunakan untuk berbagai keperluan misalnya mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen untuk membuat makalah.

Jika menulis secara manual di kertas memang sangat mudah namun beda ceritanya jika kita membuat simbol derajat di Micsoroft Word, kita tidak bisa membuatnya secara langsung menggunakan tombol karena simbol tersebut tidak tersedia pada papan ketik alias keyboard perangkat komputer atau laptop.

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

Meskipun demikian sobat tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali cara yang bisa sobat gunakan untuk membuat simbol derajat, tapi kali ini saya akan membagikan tiga cara yang paling mudah dan cepat saja.

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word yang telah sobat miliki, disini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila sobat menggunakan versi 2007 atau yang terbaru 2016 jangan khawatir karena caranya sama saja. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Fungsi Superscript

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

Superscript merupakan fitur yang tersedia di Microsoft Word fitur ini berfungsi untuk memperkecil tulisan dan mengubah letak tulisan menjadi diatas paragraf.

1. Langkah pertama: silahkan tulis simbol derajat menggunakan huruf vokal "o" (bukan nol) sesuaikan dengan letak simbol yang sobat inginkan di dalam paragraf (panah no.1).

Kemudian blok huruf tersebut lalu pada menu HOME pilih fitur Superscript atau simbol atau jika ingin lebih cepat tekan Ctrl + Shift+ pada keyboard (panah no.2). Maka huruf "o" yang sobat ketik tadi akan berubah menjadi simbol derajat (panah no.3).

2. Menggunakan Fungsi Symbol

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

Sebetulnya ada banyak sekali simbol yang telah disediakan secara otomatis tidak hanya simbol derajat saja, fitur ini ada pada menu INSERT.

1. Langkah pertama: letakkan kursor ditempat yang ingin sobat sisipkan simbol derajat perhatikan gambar diatas (panah no.1) lalu pilih menu INSERT (panah no.2) maka akan muncul fitur Symbol di ujung sebelah kanan silahkan pilih fitur tersebut (panah no.3) pilih More Symbols... (panah no.4).

2. Langkah kedua: setelah memilih More Symbol maka akan muncul tab Symbol silahkan ubah Font: menjadi Times New Roman (panah no.5) cari simbol derajat kemudian pilih (panah no.6).

3. Langkah ketiga: pilih Insert maka simbol derajat akan muncul di tempat kursor yang anda letakkan pada langkah pertama, terakhir pilih Close (panah no.8).

3. Menggunakan Fungsi Equation

Sama seperti fitur Symbol, fitur Equation juga berada di menu INSERT tetapi fitur ini tidak hanya berfungsi untuk membuat simbol derajat saja tapi fitur ini juga bisa digunakan untuk untuk mempermudah penulisan berbagai macam jenis rumus matematika.

1. Langkah pertama: silahkan letakkan kursor di tempat yang ingin anda sisipkan simbol sebagai contoh lihat gambar dibawah (panah no.1), kemudian pilih menu INSERT (panah no.2), lalu pilih Equation (panah no.3).

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

2. Langkah kedua: setelah langkah pertama selesai maka secara otomatis sobat dialihkan ke menu DESIGN (panah no.1), silahkan pilih simbol sesuai dengan kebutuhan tidak hanya derajat Celcius (ºC) saja tetapi sobat juga bisa memilih hanya simbol derajat atau ada juga derajat Fahrenheit (ºF) (panah no.2).

Jika sudah maka secara otomatis akan muncul simbol yang sobat pilih sesuai dengan letak kursor pada langkah pertama (panah no.3).

Cara Membuat Simbol Derajat di Microsoft Word

Kesimpulan

Dari ketiga cara diatas yang paling cepat dalam pembuatan simbol derajat di Microsoft Word adalah cara yang pertama tetapi itu bukan merupakan simbol derajat sesungguhnya tetapi huruf "o" yang dikecilkan dan dipindahkan posisinya menjadi diatas.

Dengan menggunakan fitur Superscript sobat juga tidak hanya bisa membuat derajat saja tetapi fitur tersebut juga bisa digunakan untuk membuat kuadrat, pangkat, dan lainnya.

Tetapi apabila sobat ingin sesuai dengan penulisan derajat yang sesungguhnya gunakan cara yang ke tiga, namun tidak cocok jika digunakan untuk keperluan yang membutuhkan kecepatan karena prosesnya lebih rumit. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.