Cara Mudah Membuat Kop Surat di Microsoft Word

7/12/2017
Kop surat atau kepala surat merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuat surat resmi, jika surat resmi tidak memiliki kop surat maka surat tersebut tidak bisa disebut surat resmi.

Umumnya pada bagian kop surat terdiri dari nama lembaga, logo, email, alamat, nomor telepon, dan elemen penting lainnya yang berhubungan dengan isi surat.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai cara membuat kop surat di Microsoft Word padahal ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk membuat surat resmi.

Bagi sobat yang bekerja di salah satu lembaga atau pemerintahan biasanya ini akan sangat dibutuhkan karena memang surat resmi sudah menjadi alat komunikasi yang sering digunakan antar lembaga untuk menyampaikan sesuatu.

Membuat Kop Surat

Sebetulnya ada banyak cara untuk membuat kop surat akan tetapi kali ini saya akan membagikan tutorial yang paling mudah sehingga bisa dipraktekkan langsung meskipun sobat masih pemula dalam hal membuat surat.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Perlu diketahui disini saya menggunakan Microsoft Word 2013 tetapi apabila sobat menggunakan versi 2007, 2010 atau yang paling baru yaitu versi 2016 panduan ini masih bisa sobat ikuti karena tidak ada perbedaan yang cukup signifikan hanya pada beberapa menu saja yang mungkin mengalami perubahan.

Lantas bagaimana caranya? Silahkan buka dulu Microsoft Word nya kemudian simak baik-baik dan perhatikan juga gambar pada setiap langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama: klik dua kali pada bagian header atau kepala halaman (panah no.1) kemudian centang Different First Page (panah no.2) agar kop surat hanya ada pada halaman pertama saja namun jika sobat sengaja ingin membuat kop surat di semua halaman jangan di centang.

Membuat Kop Surat

2. Langkah kedua: geser batas margin kiri agar tulisan kop surat tepat berada ditengah (panah no.1) kemudian silahkan tulis kata-katanya sesuai dengan yang diinginkan sebagai contoh saya membuat kata-kata seperti gambar dibawah (panah no.2) pada akhir kata-kata berikan jarak 1 kali enter (panah no.3)

Membuat Kop Surat

3. Langkah ketiga: pada langkah ini kita akan memasukkan logo, caranya pilih menu INSERT (panah no.1) kemudian pilih Pictures (panah no.2), lalu cari logo yang ingin dimasukkan ke dalam kop surat kemudian pilih (panah no.3) jika sudah pilih Insert (panah no.4).

Membuat Kop Surat

4. Langkah keempat: mengatur logo agar tidak berantakan, caranya klik logo kemudian pilih menu Format (panah no.1), kemudian pilih Wrap Text lalu pilih In Front of Text (panah no.2). Apabila gambar logo terlalu besar silahkan atur dengan cara menggeser titik-titik bagian sisi yang ada pada logo.

Membuat Kop Surat

5. Langkah kelima: disini kita akan memberikan garis diakhir kop surat. Caranya pastikan kursor berada di bagian akhir paragraf teks kop surat (panah no.1), pilih menu HOME (panah no.2), pilih Border atau ikon yang seperti jendela (panah no.3), selanjutnya pilih Border and Shading... (panah no.4).

Maka akan muncul kotak pengaturan Border and Shading silahkan pilih model garis pada bagian style (panah no.5), kemudian pada bagian Preview matikan semua garis pada ikon jendela kecuali garis atas (panah no.6), jika sudah pilih OK (panah no.7).

Membuat Kop Surat

6. Langkah keenam: jika anda sudah melakukan langkah sebelumnya maka garis tidak akan sampai ke batas margin sebelah kiri, oleh karena itu silahkan tarik batas margin kiri ke posisi semula (panah no.1), maka garis akan mengikuti batas tersebut (panah no.2).

Jika menurut anda pembuatan garisnya terlalu rumit silahkan baca dua cara membuat garis kop surat dengan mudah. Tetapi jika dirasa cara ini cukup gampang silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

Membuat Kop Surat

7. Langkah ketujuh: terakhir silahkan keluar dari bagian header surat yaitu klik dua kali pada halaman tengah dokumen sehingga akan tampak seperti gambar dibawah.

Membuat Kop Surat

Perlu setelah sobat keluar dari kepala surat maka tampilan kop surat akan berubah menjadi abu-abu atau tampak agak samar warnanya, tapi sobat tidak perlu khawatir karena hal ini menandakan bahwa kop surat tersebut berada dibagian kepala surat.

Bagaimana jika surat tersebut dicetak atau di print apakah masih berwarna abu-abu?

Tidak, jika sobat mencetak surat tersebut warnanya akan normal seperti pada umumnya itu hanya tanda saja bahwa kop surat berada di bagian header.

Selanjutnya silahkan tulis bagian isi surat sesuai dengan keinginan, sampai disini sobat telah berhasil membuat kop surat. Demikian artikel kali ini mengenai pembuatan kop surat nantikan artikel mengenai panduan lainnya.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.