Cara Daftar Akun Instagram Baru di HP dan Laptop

7/22/2017
Instagram merupakan salah satu sosial media yang cukup populer di Indonesia berdasarkan data yang saya dapatkan pada awal tahun 2016 lalu pengguna aktif instagram di Indonesia mencapai 22 juta, bagaimana dengan sekarang? dapat dipastikan jumlah penggunanya akan terus meningkat setiap harinya.

Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat akun instagram padahal caranya sangat mudah sekali dan bisa dilakukan melalui HP atau pun laptop hanya beberapa langkah saja akun pun siap untuk digunakan.

Meskipun instagram memiliki peringkat dibawah Facebook dan Twitter tetapi jika bicara soal sosial media tempat berbagi foto dan video instagram merupakan rajanya karena sosial media ini memang dikhususkan sebagai tempat berbagi foto dan video, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa sekarang ini instagram lebih populer dibandingkan dengan Twitter.

Berbeda dengan Facebook dan Twitter di kedua sosial media ini anda bisa memposting teks maupun foto tetapi jika di instagram anda tidak akan bisa memposting hanya teks saja melainkan harus disertai dengan foto ataupun video.

Meski sosial media ini hanya tempat berbagi foto dan video saja tetapi fitur yang di suguhkan cukup memanjakan penggunanya, baru-baru ini instagram telah meluncurkan fitur Live Streaming dimana anda bisa membuat siaran langsung yang dapat ditonton oleh pengguna instagram diseluruh dunia dan satu lagi fitur yang bisa digunakan untuk mengupload banyak foto atau video sekaligus dalam sekali posting.

Jadi tidak heran jika anda khususnya anak muda tertarik dan ingin sekali membuat akun instagram karena hampir sebagian besar pengguna aktif yang mencapai 22 juta tersebut didominasi oleh anak muda, tetapi orang tua zaman sekarang ini juga banyak yang tidak mau ketinggalan zaman lho mereka juga biasa memajang foto selfi layaknya anak muda di timeline nya.

Nah oleh karena itu saya akan membagikan kepada anda panduan lengkap mengenai cara mendaftar akun instagram mulai dari HP atau pun melalui PC atau komputer (laptop).

Cara Daftar Akun Instagram Lewat HP Android

Apabila anda ingin membuat akun instagram melalui ponsel Android silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore bagi anda pengguna IOS silahkan download di App Store, karena disini saya akan membuat tutorialnya melalui aplikasi instagram tidak melalui website instagram langsung.

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan:
#1. Pertama menggunakan akun facebook.
#2. Kedua menggunakan nomor HP.

1. Menggunakan Akun Facebook

Jika tidak mau ribet anda bisa menggunakan cara ini karena hanya dengan beberapa langkah saja akun instagram sudah dapat digunakan, tetapi jika anda tidak memiliki akun facebook mau tidak mau harus menggunakan cara ke dua. Untuk anda yang sudah siap untuk mendaftar menggunakan akun facebook silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka aplikasi instagram di ponsel anda pada tampilan awal instagram silahkan pilih Masuk dengan Facebook karena kita akan daftar menggunakan akun facebook. 
Maka akan muncul halaman login ke facebook isi silahkan masukkan email dan kata sandi facebook anda jika sudah pilih Masuk. Selanjutnya akan tampil halaman persetujuan untuk melanjutkan sebagai akun facebook yang telah anda gunakan untuk mendaftar silahkan pilih Lanjutkan.

Cara Daftar Akun Instagram

2. Jika muncul halaman konfirmasi silahkan pilih saja OK. Selanjutnya anda akan disuruh membuat nama pengguna silahkan tulis nama pengguna yang ingin anda gunakan nama ini harus berbeda dengan pengguna instagram lain jika sudah pilih Selanjutnya.

Kemudian akan tampil daftar teman-teman facebook anda yang menggunakan instagram silahkan pilih Ikuti Semua untuk mengikuti mereka atau lewati dengan cara pilih SELANJUTNYA.

Cara Daftar Akun Instagram

3. Langkah terakhir anda akan dibawa ke halaman untuk menambahkan foto profil silahkan pilih Tambahkan Foto jika anda ingin menambahakannya langsung atau pilih Lewati jika ingin menambahkan foto profil nanti.

Cara Daftar Akun Instagram

Sampai disini anda sudah berhasil membuat akun instagram menggunakan akun facebook, jika pendaftaran sukses maka tampilan instagram akan seperti gambar diatas sebelah kanan.

#2. Menggunakan Nomor HP

Cara kedua ini kita akan menggunakan nomor HP sebetulnya anda juga bisa mendaftar menggunakan email. Mengapa saya memilih menggunakan nomor HP dibandingkan dengan email?

Sebagian besar orang ketika mendaftar ke sosial media menggunakan email seringkali email tersebut jarang dibuka sehingga lupa alamat emailnya atau pun passwordnya jadi apabila suatu saat anda lupa kata sandi instagram maka email konfirmasi penggantian kata sandi baru akan dikirim ke email yang anda gunakan ketika mendaftar, jika email yang anda daftarkan lupa dan tidak bisa dibuka maka akun instagram pun tidak akan bisa dipulihkan.

Oleh karena itu saya memilih menggunakan nomor HP daripada email, berbeda dengan menggunakan email apabila anda menggunakan nomor HP ketika anda lupa kata sandi instagram maka kode konfirmasi akan dikirim melalui sms ke nomor HP yang anda daftarkan. Jangan lupa gunakan nomor HP kamu yang aktif dan sering digunakan.

Sudah paham kan? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama silahkan buka aplikasi instagram di ponsel anda pada tampilan awal silahkan pilih Buat Akun dengan Email atau Nomor Telepon kemudian atur terlebih dahulu kode negara menjadi ID +62 selanjutnya tulis nomor HP anda tidak perlu menulis 0 pada awal nomor HP karena sudah diganti dengan +62 jika sudah pilih Selanjutnya. Tidak lama anda akan menerima SMS kode konfirmasi silahkan masukkan lalu pilih Selanjutnya.

Cara Daftar Akun Instagram

2. Selajutnya anda akan dibawa ke halaman untuk mengatur Nama dan Kata Sandi silahkan tulis sesuai keinginan jika sudah pilih Selanjutnya, kemudian pada halaman selanjutnya silahkan Buat nama pengguna nama ini harus berbeda dengan orang lain supaya mudah tambahkan angka dibelakang nama pengguna jika sudah pilih Selanjutnya, pada halaman selanjutnya anda akan diminta apakah ingin menghubungkan ke facebook atau tidak jika iya silahkan pilih Hubungkan ke Facebook jika tidak pilih Lewati.

Cara Daftar Akun Instagram

3. Langkah terakhir pada halaman selanjutnya anda akan diminta menambahkan foto profil jika ingin menambahkan langsung pilih Tambahkan Foto jika tidak atau ingin menambahkannya nanti pilih Lewati.

Cara Daftar Akun Instagram

Apabila tampilan halaman selanjutnya seperti gambar diatas sebelah kanan, berarti anda telah berhasil membuatnya. Selamat!

Cara Daftar Akun Instagram melalui PC atau Komputer (Laptop)

Selanjutnya saya akan membagikan panduan untuk pengguna komputer atau laptop sebetulnya cara ini bisa juga di gunakan di android karena kita akan mendaftar melalui websitenya langsung bukan melalui aplikasi.

Meskipun demikian anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan seperti emulator android yang dibutuhkan hanyalah browser saja,

Seperti panduan sebelumnya, disini saya akan membaginya menjadi 2 cara:
#1. Menggunakan Akun Facebook
#2. Menggunakan Nomor HP

1. Menggunakan Akun Facebook

Sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah silahkan login terlebih dahulu ke facebook menggunakan akun yang anda miliki.

1. Silahkan kunjungi situs resmi Instagram, maka pada tampilan awal situs nya kurang lebih seperti gambar dibawah silahkan pilih Log in with Facebook.

Cara Daftar Akun Instagram

2. Selanjutnya anda akan dibawah ke halaman facebook untuk menyetujui penghubungan akun silahkan pilih OK.

Cara Daftar Akun Instagram

3. Pada halaman selanjutnya silahkan isi nama pengguna dan kata sandi untuk nama biasanya otomatis akan menyesuaikan nama di akun facebook tetapi anda juga bisa mengubahnya nanti, jika sudah pilih Sign Up.

Cara Daftar Akun Instagram

4. Terakhir, jika tampilan halaman nya seperti gambar dibawah berarti anda telah sukses membuatnya.

Cara Daftar Akun Instagram

#2. Menggunakan Nomor HP

Seperti yang telah saya tulis diatas selain menggunakan nomor Hp anda juga bisa menggunakan email, tetapi lebih baik gunakan nomor Hp jika anda tidak aktif mengecek email. Mengapa demikian? Tak perlu saya tulis lagi ya, silahkan baca alasannya diatas sudah saya tulis kok.

Persiapkan nomor HP yang akan digunakan pastikan nomor tersebut belum pernah digunakan akun instagram lain sebelumnya ya. Silakan simak langkah-langkahnya berikut.

1. Langkah pertama silahkan buka instagram.com menggunakan browser, lalu isi form.
Mobile Number or Email: (silahkan masukkan nomor HP anda ganti nomor awal "0" dengan "62" seperti gambar dibawah)
Full Name: (nama lengkap)
Username: (nama pengguna harus berbeda dengan orang lain)
Password: (isi kata sandi yang kuat tetapi mudah di ingat)
Jika semua sudah di isi silahkan pilih Sign up.

Cara Daftar Akun Instagram

2. Selanjutnya pihak instagram akan menerima kode konfirmasi ke nomor yang anda daftarkan pada langkah pertama, silahkan masukkan kode konfirmasi tersebut dihalaman pendaftaran selanjutnya seperti gambar dibawah ini, jika sudah pilih Confirm.

Cara Daftar Akun Instagram

3. Setelah menekan tombol Confirm maka tampilan halaman selanjutnya seperti gambar dibawah ini, jika seperti ini berarti anda telah berhasil membuatnya.

Cara Daftar Akun Instagram

Ternyata mudah sekali kan? Jangan lupa catat username dan password yang anda masukkan pada saat pendaftaran supaya tidak lupa. Sekarang anda dapat mulai memposting foto terbaik milik anda dan berinteraksi dengan orang lain di instagram.

Apabila masih belum berhasil atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar dan bagi anda yang sudah berhasil menggunakan cara ini silahkan tulis username anda 😀.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.